resolusi parenting 2019
Balita Bayi Mom's Corner Parenting Remaja Tips Usia Sekolah

Bingung Buat Resolusi Parenting 2019? Yuk Nyontek di Sini

Pergantian tahun memang sering digunakan sebagian besar orang untuk memperbaiki diri di berbagai macam aspek kehidupan. Mulai dari aspek kesehatan, keuangan, karir, keluarga termasuk aspek parenting. Ya, bagi para orang tua dan calon orang tua, mungkin telah mempersiapkan berbagai macam resolusi di tahun baru. Lalu, apa saja resolusi parenting Anda di tahun 2019 nanti? Sudahkah Anda mempersiapkannya? Nah, jika belum, kami memiliki beberapa rangkuman ide yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi tahun 2019 mendatang berikut ini!

Resolusi Parenting Tahun 2019

? Ingin Lebih Sabar dengan Si Kecil

Nah bagi Anda yang banyak atau cukup sering marah-marah ke anak di tahun 2018, sebaiknya mulailah belajar untuk sabar, Parents. Marah-marah bahkan dengan berteriak pada si kecil sungguh tidak memiliki manfaat. Orang tua yang sering berteriak justru membuat anak memiliki masalah perilaku yang lebih serius.Tak hanya itu Parents, teriakan pada anak juga bisa memicu stress. Untuk itu, sebaiknya Anda mulai lebih sabar pada anak dan melakukan berbagai macam cara sederhana untuk berhenti berteriak pada anak.

Nah, jika Anda ingin mendisiplinkan anak, lakukan cara yang lebih bijak daripada marah-marah dan berteriak. Salah satu cara yang mulai banyak digunakan oleh orang tua saat ini untuk mendisiplinkan anak adalah dengan metode Time-in. Melalui cara ini Anda bisa mendisiplinkan anak bahkan tanpa marah-marah ataupun berteriak.

? Lebih Banyak Waktu Bersama dengan Anak

Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu bersama dengan anak karena urusan pekerjaan, yuk mulai berikan waktu berkualitas bersama anak. Lakukan berbagai macam aktivitas menyenangkan bersama anak. Anda bisa menemani anak bermain, bersepeda di taman bahkan mengantar atau menjemput anak sekolah. Aktivitas sederhana ini tentunya bisa membuat anak lebih dekat dengan Parents dan mendapat lebih banyak perhatian. Sebaiknya mulailah mengatur prioritas waktu antara pekerjaan dan keluarga.

? Kurangi Bermain Gadget

Penggunaan gadget berlebih memang berdampak negatif untuk anak dan orang tua. Dengan menggunakan gadget berlebihan maka kualitas hubungan Anda dengan anak bahkan dengan pasangan juga bisa menurun. Untuk itu, buatlah resolusi untuk mulai mengurangi waktu bermain dengan gadget dan beralihkan pada aktivitas yang bisa mendukung kualitas hubungan dengan anak dan pasangan. Bagaimanapun juga, kehidupan dunia nyata lebih penting daripada kehidupan dunia maya. Jangan lupa untuk melakukan berbagai macam strategi mengurangi penggunaan gadget jika anak sudah terlanjur kecanduan gadget.

? Lebih Santai pada Perkembangan Anak

Jika tahun ini Anda sering berpatokan pada tumbuh kembang anak lain dan memicu anak memiliki tumbuh kembang yang sama, sebaiknya kurangi pemikiran seperti ini. Bagaimanapun juga perkembangan anak satu dengan lainnya berbeda. Misalnya saja jika anak lain sudah bisa berjalan, sedangkan anak Anda belum, maka jangan terlalu memaksa anak untuk berjalan. Pahami dulu tahapan stimulasi perkembangan anak sesuai usia. Lakukan observasi mandiri terkait perkembangan anak dan catatlah jika ada sesuatu yang dianggap kurang tepat. Anda bisa berkonsultasi dengan para ahli terkait perkembangan anak sesuai usia.

? Perhatikan Diri Sendiri

Jika Anda sangat fokus pada anak di tahun 2018 hingga kerap kali tidak menghiraukan penampilan ataupun kesehatan diri sendiri, sebaiknya mulailah memperhatikan diri di tahun baru ini. Perhatian pada diri sendiri bukan berarti mengurangi perhatian kita pada anak, kok. Anda masih bisa selalu memperhatikan anak, namun jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri. Me time untuk mama juga penting kok agar Mama memiliki lebih banyak energi untuk memperhatikan anak-anak nantinya.

? Mulai Tradisi Baru dalam Keluarga

Kebanyakan keluarga mungkin sudah memiliki tradisi tertentu, namun Anda masih bisa menambah beberapa tradisi baru dalam keluarga. Tentunya tradisi baru ini memiliki banyak manfaat positif bagi anggota keluarga kita. Semisal mulai mengadakan makan malam bersama 1 minggu sekali atau melakukan olahraga bersama setiap akhir pekan. Tradisi baru yang Anda buat tentunya bisa mempererat kedekatan dengan anak dan pasangan.

? Mulai Lebih Irit

Jika Anda merasa keuangan di tahun 2018 menurun drastis, sebaiknya mulai lakukan trik jitu agar lebih irit di tahun baru ini. Kurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting. Misalnya berbelanja baju, tas, makan di luar, bahkan membelikan banyak mainan untuk anak. Buatlah rencana belanja yang tepat untuk pengeluaran Anda. batasi pembelian tas, baju dan mainan untuk anak. Kurangi juga makan di luar dan gunakan waktu luang Anda untuk menyediakan makanan rumahan yang lebih sehat. Ajak juga pasangan dan anak untuk memasak makanan tersebut. Cara ini akan mengajarkan anak untuk hidup lebih sederhana.

? Stop Bertengkar dengan Pasangan di Depan Anak

Perselisihan bahkan pertengkaran dengan pasangan memang sering terjadi dalam kehidupan berumah tangga. Namun, Anda perlu memahami bahwa, pertengkaran tersebut tidak seharusnya dilakukan di depan anak. Anak-anak tentu merasa sedih jika melihat orang tuanya bertengkar. Karenanya, segera selesaikan setiap masalah dengan cepat. Hindari menunda menyelesaikan masalah sehingga masalah justru semakin besar dan memicu pertengkaran lebih besar.

Banyak resolusi atau rencana yang bisa Anda lakukan di tahun 2019. Untuk itu, evaluasi berbagai macam aspek kehidupan yang kurang tepat di tahun 2018. Lakukan beberapa hal untuk memperbaiki kekurangan Anda di tahun lalu. Namun, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Lakukan segala sesuatu sesuai dengan kemampuan. Selamat menyongsong tahun baru dengan semangat positif!

Baca juga:

  1. Hal-hal yang Kita Pelajari Ketika Menjadi Seorang Ibu
  2. Yuk, Cocokan Pola Asuh dengan Temperamen Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *