Banner Header Promo Oktober

Browse By

Category Archives: Remaja

kenapa anak tidak mau sekolah?

Apa yang Salah: Kenapa Anakku Menolak Sekolah?

“Mama, aku ndak mau sekolah ah hari ini!” “Loh, memangnya kenapa? Adek sakit? Apa tidak enak badan?” “Aku capek Mah sekolah terus.” ——————————————————————————- Bayangkan jika Anda mengalami situasi di atas. Kira-kira apa sih yang akan Anda lakukan? Tetap memaksa anak untuk berangkat sekolah meskipun dengan

Bahayanya anak membentuk geng

Apa Sih Bahayanya Anak Membentuk “Geng Bawang” di Sekolah?

“Mama, aku gak mau temenan sama Reta lagi ah!” “Loh kenapa? Bukannya adek suka main sama Reta kemarin?” “Iya Mah, tapi sekarang ndak dibolehin main sama “Bos Jenny” “Loh, siapa sih “Bos Jenny?” ———————————————————————————- Pernahkah mengalami situasi di atas? Situasi di atas adalah gambaran bahwa

apa pentingnya belajar berbagi bagi anak-anak?

Apa Sih Pentingnya Berbagi?

Sudahkah Anda mengajarkan anak untuk berbagi? Apa saja yang Anda lakukan agar anak mau berbagi? Apa saja kesulitan yang Anda alami? Dan, sebenarnya apa sih pentingnya berbagi? Pertanyaan terakhir mungkin terdengar sedikit lucu di telinga. Banyak dari Anda yang menjawab “tentu saja penting”. Nah, kalau

Apa itu pola asuh Tiger Parenting?

Pahami Lebih Jauh Tentang “Tiger” Parenting

Setelah mempelajari pola asuh layaknya “Ibu Gajah”, kita bisa menilik lebih jauh tentang pola asuh layaknya Ibu Macan atau sering disebut sebagai “Tiger Mom”. “Tiger Mom” ini pertama kali diperkenalkan oleh Amy Chua, seorang profesor hukum dari Universitas Yale, yang juga merupakan penulis buku berjudul

Pola asuh elephant mom

Belajar Mengasuh Anak Seperti “Ibu Gajah”

“Setidaknya punya tujuh puluh tahun Tak bisa melompat kumahir berenang Bahagia melihat kawanan betina Berkumpul bersama sampai ajal” Itu adalah penggalan lirik lagu Gajah yang dipopulerkan oleh penyanyi Indonesia, Tulus. Seperti yang digambarkan di lirik lagu tersebut, menilik dari cara hidupnya, gajah adalah hewan yang

pahami dampak buruk memanjakan anak

Biasa Memanjakan Anak? Pahami Dampak Buruknya

“Anak-anak tidak membutuhkan orang tua yang membuat mereka bahagia. Mereka membutuhkan orang tua yang bisa membuat  mereka memiliki kemampuan.” Jill Rigby penulis buku Raising Unselfish Children in a Self-Absorbed World. Anda memang bisa memberikan kebahagian atau membuat anak-anak bahagia kapan saja, namun untuk membentuk anak-anak

Pola asuh yang tepat berdasarkan temperamen anak

Yuk, Cocokan Pola Asuh dengan Temperamen Anak

Pola asuh antara orang tua satu dengan lainnya pasti berbeda. Ada orang tua yang lebih longgar dalam hal menerapkan aturan pada anak-anak, namun ada juga yang sangat ketat dalam mendisiplinkan anak. Tak jarang nih beberapa orang tua yang cukup ketat mendisiplinkan anak terkesan “cerewet” dalam

mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini

Cara Mulai Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini

Menganggap tabu pendidikan seks pada anak usia dini dianggap sudah tidak sesuai zaman. Ya, di era milenial di mana kejahatan seksual seperti pedofilia semakin tinggi, seharusnya cukup membuka mata para orang tua untuk mulai mengajarkan pendidikan seks sejak dini. Orang tua milenial harus mulai memberikan

Cara mengurangi marah-marah pada anak

Yuk, Kurangi “Marah-Marah” Pada Anak

“Jangan dibuang-buang makanannya, Dek!” “Adek kalau mau pipis tuh bilang, jangan ngompol aja bisanya!” “Ayo Cepat! Mama udah terlambat kerja nih!” Berdua dengan anak di rumah bisa terasa seperti di medan perang ya Parents? Teriak sana, teriak sini, bentak-bentak, marah-marah, semua emosi diluapkan pada anak.