cara memilih tas
School Life

Jangan Asal Beli! Ini Cara Memilih Tas yang Baik untuk Si Kecil

Kelihatannya memang sepele dan sangat sederhana. Kebanyakan orang tua memang tidak begitu memperhatikan kriteria tas anak yang dipilih. Sebagian besar orang tua hanya memilih tas berdasarkan suka atau tidak suka. Padahal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih tas. Menurut penelitian, beban yang dibawa sehari-hari oleh si kecil juga memengaruhi perkembangannya. Asal-asalan dalam memilih tas bisa menyebabkan pegal-pegal, sakit punggung dan bahu, serta bisa berpengaruh pada postur tubuh anak.

Oleh karena itu, Parents harus lebih jeli dalam memilihkan tas untuk anak. Jangan hanya memilih berdasarkan motif, warna, atau ukurannya saja. Lebih dari itu, tas sekolah yang dibawa anak sehari-hari harus nyaman dan sesuai dengan postur tubuhnya. Ingat, kesalahan dalam memilih tas bisa berpengaruh pada postur tubuh anak. Ini dia cara memilis tas sekolah anak yang baik.

  • Jenis Tas

Jenis tas terbaik untuk anak adalah tas ransel, bukan tas selempang. Penggunaan tas ransel yang tepat bisa lebih ideal untuk anak karena mampu mendistribusikan berat tas secara merata pada kedua bahu. Lain halnya ketika menggunakan tas selempang, beban tas bertumpu hanya pada satu bahu.

  • Bahan Tas

Pilihlah tas dengan bahan yang ringan dan kuat sehingga tidak menambah beban yang harus dibawa anak. Masalah kualitas, pastikan tas yang Anda pilih punya kualitas bagus dan tahan lama.

  • Tali Tas

Pilih tas dengan tali punggung yang lebar dan juga empuk supaya bahu anak tidak sakit saat membawa beban.

  • Ukuran Tas

Ukuran tas sekolah juga harus pas dengan ukuran anak. Sebaiknya, ukuran tas tidak boleh lebih dari 4 inci di bawah punggung anak. Lalu, saat dibawa, tas sekolah juga harus nyaman di punggung anak.

  • Tali Pinggang

Tas dengan tali pinggang bisa membantu meringankan beban punggung. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih tas ransel yang dilengkapi dengan tali pinggang.

  • Punya Banyak Ruang Penyimpanan

Perlengkapan sekolah biasanya cukup banyak. Oleh karena itu, ia membutuhkan tas dengan ruang penyimpanan yang banyak supaya barang-barangnya bisa terorganisasi dengan baik. Hal ini juga bisa berpengaruh pada pendistribusian berat tas supaya lebih merata.

  • Tas Alternatif

Jika anak enggan menggunakan tas jenis ransel, Parents bisa memilihkan tas troli untuk buah hati Anda. Tas jenis ini juga lebih mudah dibawa. Anak tidak perlu menahan beban yang berat. Cukup menariknya saja.

Itu dia kriteria memilih tas sekolah yang baik untuk anak. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Parents. Ikuti terus informasi terbaru dari kami hanya dengan subcribe website School of Parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *