Banner Header Promo OVO SOP

Minta Maaf Ke Pasangan: Mudah Tapi Gengsi ?

Browse By

Kerap kali bertengkar dengan pasangan, tapi berapa banyak yang diselesaikan dengan permintaan maaf selain saat Idul Fitri ? 

Minta maaf itu bisa dilakukan kapan saja, bahkan jika tidak ada hari spesial sekalipun. Mengingat, setiap hari kita seringkali berbeda pendapat dan bersitegang dengan pasangan. Maka, sudah seharusnya kita saling minta maaf dan memaafkan agar hubungan tetap berjalan dengan baik sebagai suami istri. 

Sayangnya, tak banyak pasangan yang pandai minta maaf. Seringkali, baik suami atau istri merasa gengsi untuk minta maaf. Beberapa, merasa pasangan lah yang terlebih dahulu berbuat salah, sedangkan yang lain merasa bahwa kesalahan yang dilakukan akibat dari kesalahan pasangan.

Jika begini terus, masalah yang terjadi di antara pasangan bisa semakin besar dong. Padahal, minta maaf diperlukan dalam komunikasi antar pasangan.

Untuk itu, yuk minta maaf dengan tepat, agar masalah segera selesai dan komunikasi kembali hangat. 

Beberapa langkah di bawah ini perlu diperhatikan saat ingin minta maaf pada pasangan

  1. Akui Kesalahan 

Mengakui kesalahan adalah langkah pertama yang perlu ditempuh saat ingin minta maaf pada pasangan. Tak hanya mengakui kesalahan, sebagai pihak yang bersalah, kita juga perlu bertanggung jawab dan belajar dari kesalahan tersebut. Dengan demikian, permintaan maaf kita akan terlihat tulus di mata pasangan. 

  1. Hindari Kalimat Pembelaan Diri

Minta maaf memang harus dengan sepenuh hati agar pasangan memaafkan kita. Sebaiknya, hindari kalimat pembelaan diri seperti “Aku minta maaf, tapi kan semua ini karena Ayah/Mamah…” atau “Aku tau aku salah  tapi semua ini karena kamu juga…”.

Daripada menggunakan kalimat pembelaan, lebih baik gunakan kalimat seperti “Aku minta maaf karena (sebutkan kesalahan kita) dan aku sangat menyesal membuatmu merasa (kecewa/sedih/marah, dsb)”

  1. Hindari Menyalahkan Pasangan di Tengah Permintaan Maaf

Hal ini seringkali kita lakukan saat minta maaf, yaitu menyelipkan kesalahan pasangan di tengah permintaan maaf. Sebaiknya, fokus pada diri sendiri terlebih dahulu saat minta maaf. Jika ada hal yang mengganjal di hati karena pasangan tak sepenuhnya benar, maka bisa didiskusikan di lain kesempatan.

cara mudah minta maaf ke pasangan

  1. Bersiap Jika Tidak Dimaafkan

Meskipun kita sudah bersungguh-sungguh minta maaf, kadang-kadang pasangan tidak mudah memaafkan kita. Sebaiknya bersiaplah dengan  jawaban “tidak” dari pasangan. Terlebih jika kesalahan yang dilakukan cukup berat. 

  1. Beri Pasangan Waktu untuk Memproses Permintaan Maaf

Langkah ini sangat berkaitan dengan poin sebelumnya. Sebaiknya, berikan pasangan waktu untuk memaafkan kita dan hindari memaksanya untuk memaafkan. Dalam tahap ini, kita memang harus menunggu dan bersabar.

  1. Hindari Melakukan Kesalahan yang Sama

Minta maaf dengan tulus saja tidak cukup. Kita wajib menghindari melakukan kesalahan yang sama. Jika kita terus saja melakukan kesalahan yang sama dan kemudian meminta maaf setelahnya, pasangan  akan berpikir bahwa semua permintaan maaf tersebut tak ada gunanya. Jadi, jangan salahkan pasangan jika dia tak menerima permintaan maaf kita di lain kesempatan. 

  1. Maafkan Diri Sendiri 

Seringkali kita merasa sangat bersalah, tapi memaafkan diri sendiri juga sangatlah penting. Ingatlah, bahwa setiap orang pernah melakukan kesalahan, jadi berusaha untuk memaafkan diri sendiri adalah langkah yang bijak.

Minta maaf memang tak hanya dilakukan di hari-hari spesial. Minta maaf kepada pasangan bisa kita lakukan segera setelah kita melakukan kesalahan. Tak hanya minta maaf di mulut saja, sebaiknya ucapan maaf juga diimbangi dengan keinginan untuk berubah dan berusaha tidak melakukan kesalahan yang sama. 

Jadi, sudahkah Anda minta maaf pada pasangan hari ini?

Baca juga:

  1. Jangan Lakukan Hal Ini Ketika Bertengkar dengan Pasangan!
  2. Pernikahan “Hambar” Setelah Ada Anak?

Rekomendasi Kelas Online Bersama Ahli : Reynitta Poerwitto, Bach of Psych.,M.Psi.,Psikolog

Stress Management for Mom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *