Banner Header Promo Oktober

Tips Harian Untuk Mencegah Flu

Browse By

Flu dan batuk adalah penyakit yang paling sering menyerang manusia di umur berapapun, terlebih anak-anak. Anak-anak di usia sekolah sangat mudah terkena flu karena penularannya yang cepat dan mudah.

Tetapi, Parents dapat mengajarkan anak tips harian yang mudah berikut ini agar anak dapat terhindar dari flu:

 

  • MENCUCI TANGAN

Hal sepele yang sering terlupa oleh anak-anak adalah mencuci tangan. Cuci tangan dengan cara yang tepat dapat membersihkan kuman yang menempel di tangan. Cuci tanganlah sebelum makan, setelah membersihkan hidung atau bersin, dan setelah membuang tisu bekas ingus. Ada peraturan untuk cuci tangan yang tepat, termasuk waktu mencuci tangan yang efektif. Cuci tangan dengan air sabun hangat selama 20 detik–waktu yang dibutuhkan untuk menyanyikan lagu Happy Birthday dua kali– untuk membersihkan kuman.

 

  • MENDAPATKAN VAKSIN INFLUENZA

Setiap tahun banyak anak dan orang dewasa yang meninggal karena virus flu, termasuk yang pernah jadi wabah besar di banyak negara, yaitu virus flu burung dan flu babi. Untungnya sudah ada vaksin untuk virus-virus flu tersebut. Jangan lupa untuk cek ke dokter anak atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan vaksin influenza.

 

  • HINDARI BERBAGI CANGKIR

 

Cobalah untuk melakukan ini bahkan di dalam keluarga Anda sendiri. Ketika anak minum dari cangkir yang sama dengan anggota keluarga yang sakit, virus akan dengan mudah menular ke seluruh anggota keluarga. Saat menyajikan makanan untuk anak-anak dan teman-teman pun, hindari mangkuk/piring bersama. Jangan menaruh semua popcorn ke dalam satu mangkuk untuk berbagi. Sebagai gantinya, buat mangkuk popcorn untuk tiap individu. Hal ini menurunkan kemungkinan penyebaran kuman.

 

  • MENUTUP MULUT SAAT BATUK

Ajari anak-anak Anda untuk melakukan hal yang sama. Saat Batuk (dan bersin) tutup mulut dengan tangan bila tidak menemukan tisu.

 

  • HINDARI TEMPAT RAMAI

Terutama hindari area yang memiliki banyak kemungkinan untuk menyentuh dan terkena air liur / ingus anak,  seperti  kolam bola, taman bermain indoor,atau rumah balon. Jika Anda dan anak harus pergi ke tempat-tempat ini, pastikan Anda dan anak-anak Anda mencuci tangan sesudahnya.

 

  • OLAHRAGA

Olahraga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bermain di luar. Bermain di udara musim dingin tidak menyebabkan pilek. Hanya kuman yang menyebabkan pilek dan flu.

 

  • MAKAN TERATUR DAN BERNUTRISI

Daripada meminum banyak sirup dan tablet suplemen, lebih baik berikan makanan yang bernutrisi dan makan teratur. Makanan yang bernutrisi memberikan lebih banyak manfaat daripada suplemen maupun vitamin.

  • TIDUR YANG CUKUP DAN BERKUALITAS

Pastikan Anda dan anak-anak Anda mendapat waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Istrirahat sangat penting  untuk meningkatkan system kekebalan tubuh.

 

Referensi: https://www.mom365.com/toddler/toddler-health/how-to-prevent-cold-and-flu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *