Banner Header Promo Oktober

7 Hal yang Perlu Diajarkan Ibu Pada Anak Perempuannya

Browse By

Memiliki anak perempuan memang berbeda dengan memiliki anak laki-laki. 

Banyak yang beranggapan bahwa memiliki anak perempuan itu lebih repot dan membutuhkan tanggung jawab lebih besar.

Pendapat ini bisa jadi cukup benar, karena secara mental anak perempuan memang cenderung lebih sensitif daripada anak laki-laki, meskipun tak selalu semuanya demikian. Kondisi ini seringkali membuat anak perempuan memiliki “masalah” yang lebih rumit dengan teman perempuannya di sekolah. 

Terlebih jika banyak teman-teman perempuannya yang membentuk geng bawang di sekolah. Bisa jadi anak perempuan Anda juga terlibat di salah satu geng sekolah. 

Nah, perbedaan antara satu geng anak perempuan dengan geng yang lain tentu membuat anak-anak ini  saling bully dan menghasilkan perilaku negatif lainnya. Sebagai orangtua khususnya sebagai seorang Ibu, tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi pada putri-putri Anda bukan?

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya ajarkan beberapa hal berikut ini pada anak perempuan Anda!

7 Hal yang Perlu Diajarkan Ibu Pada Anak Perempuan

  • Punya Rasa Percaya Diri

Salah satu hal yang sering kita temui dari anak perempuan adalah mereka tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup.

Sebagai seorang Ibu tentu Anda paham, karena mungkin Anda juga merasakan hal yang sama dahulu.

Beberapa anak mungkin merasa tidak percaya diri karena membandingkan penampilan mereka dengan teman sebaya. Mulai dari bentuk tubuh,tinggi badan, hingga membandingkan warna kulit. 

Nah, salah satu hal yang perlu Anda lakukan sebagai seorang Ibu pada anak perempuan adalah mengajarkan ia untuk mengembangkan rasa percaya diri. Katakan padanya bahwa dirinya berharga. Yakinkan anak perempuan Anda bahwa kecantikan yang sebenarnya bukan hanya berasal dari penampilan melainkan dari pribadi seseorang.

Sebagai Ibu, ajaklah anak perempuan Anda untuk mencoba hal baru. Misalnya, mencoba mengenakan model pakaian yang berbeda, mencoba gaya potongan rambut baru atau hal lainnya. Hal-hal baru yang Anda coba bersama anak, sedikit banyak akan menumbuhkan rasa percaya dirinya. 

  • Jadilah Diri Sendiri

Tekanan teman di sekolah semakin lama tentunya akan semakin meningkat. Kondisi ini membuat anak perempuan Anda merasa kesulitan dalam “menyesuaikan diri” dengan teman-teman sebayanya. Tak jarang, karena kesulitannya dalam menyesuaikan diri tersebut putri kecil Anda sering dibully oleh teman-teman perempuan lainnya. 

Sebagai contoh saat anak perempuan Anda tidak mengenakan dress code tertentu di acara ulang tahun teman, maka beberapa teman perempuannya mungkin akan menjauhi putri Anda atau menjadikan itu bahan olok-olok.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya ajarkan pada anak perempuan Anda untuk menjadi dirinya sendiri tanpa perlu mengikuti orang lain. Bantu anak perempuan Anda merasa cukup percaya diri untuk membuat keputusan sendiri tanpa terpengaruh pihak lain.   

  • Hargai Diri Sendiri dan Oranglain

Penting bagi Ibu untuk mengajarkan anak perempuan menghargai diri sendiri dan orang lain dalam kesehariannya. Beri anak pemahaman bahwa tidak semua orang harus mengikuti langkahnya atau keputusannya. Hal yang sama juga berlaku padanya. 

Sebagai contoh, apabila anak-anak perempuan sebayanya memiliki sepatu sekolah bermerk, maka ia tidak perlu ikut-ikutan memilikinya. 

Ajarkanlah anak untuk menghargai apa yang sudah ia miliki sebelumnya. Atau, jika anak perempuan Anda memiliki sepatu sekolah branded, ia tidak perlu menjelek-jelekan sepatu anak perempuan lainnya di sekolah. Ajarkan pada anak perempuan Anda untuk tetap menghargai apa yang dimiliki orang lain.

  • Tanamkan Disiplin Diri dan Mandiri

Hal lain yang perlu Ibu ajarkan pada anak perempuan adalah kemampuan untuk mandiri dan memiliki sikap disiplin.

Salah satu cara untuk menanamkan kemandirian dan sikap disiplin pada anak perempuan adalah dengan mendorong mereka mengerjakan PR sendiri, merapikan tempat tidur dan meja belajar sendiri, membantu pekerjaan rumah Ibu serta bertanggung jawab atas pemahaman tentang mata pelajaran di sekolah. 

7 hal yang ibu

 

  • Dorong Anak Berbicara Jujur dan Terbuka

Anak perempuan seringkali merasa enggan dan tidak terbuka pada orangtua tentang hal pribadi. Padahal orangtua perlu tahu segala hal di masa perkembangan anak dan mengawasi anak dalam perjalanannya menuju dewasa. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk mendorong anak perempuan berbicara jujur dan terbuka. Tujuannya agar saat anak perempuan memiliki masalah dengan teman sebayanya di sekolah, Ibu bisa membantu anak mencari solusi dari masalah tersebut. 

  • Jadilah Teman yang Menyenangkan

Setiap anak perempuan sangat ingin memiliki teman yang menyenangkan, membutuhkan sahabat yang dapat dipercaya, teman untuk berbagi pengalaman hidup, bahkan teman untuk berbelanja. Untuk mendapatkan semua itu, anak perempuan juga perlu menjadi teman yang menyenangkan pula bagi orang lain. 

Sebaiknya ajarkan anak untuk memiliki sikap tidak egois, selalu ingin berbagi dengan orang lain dan mudah menyimpan rahasia. Dengan begitu, anak perempuan Anda bisa memiliki banyak teman. 

  • Jangan Malu Ucapkan Terima kasih

Sebagai seorang Ibu Anda perlu mengajarkan pada anak perempuan untuk tidak malu mengucapkan terima kasih, khususnya pada orang-orang yang telah membantu anak. 

Mengajarkan anak tentang keterampilan hidup memang gampang-gampang susah,apalagi jika menghadapi tantangan dari luar seperti peer pressure. Yuk, kita coba mengajarkan hal-hal ini ke putri kita! 

Baca juga:

  1. Pendidikan Seks Menjelang Anak Remaja
  2. Anak-Anak Jatuh Cinta! Aduh, Harus Bagaimana??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *