Banner Header Komunitas SOP

Pendidikan Seks Menjelang Anak Remaja

Browse By

Ketika anak mulai beranjak remaja, ketertarikannya pada dunia seksualitas bukan lagi tentang tentang perbedaan antara laki-laki dengan perempuan. Mereka mulai tertarik dengan aktivitas seksual yang sering diasosiasikan sebagai lambang cinta. Kita, sebagai orangtua, kadang bingung bagaimana cara memberikan penjelasan terkait hal ini. Kebingungan tersebut akan semakin parah jika sebelumnya Anda tidak pernah memberikan pendidikan seks sama sekali kepada mereka. Inilah alasan mengapa pendidikan seks harus diberikan kepada anak sejak usianya masih dini.

Akan tetapi, banyak orangtua yang masih menyepelekan pendidikan seks untuk anak, khususnya anak-anak praremaja yang berumur 9 – 10 tahun. Padahal, pada usia tersebut anak harus sudah mendapatkan pendidikan seks untuk menjaganya agar tidak terjerumus ke pengertian yang salah. Seperti yang telah disinggung di atas, anak-anak pada usia ini mulai tertarik dengan hubungan dengan lawan jenis. Tanpa bekal pendidikan seks, anak bisa saja mengeksplorasi ketertarikannya secara berebihan sehingga terjerumus ke hubungan intim yang tidak seharusnya.

Pada fase ini, anak-anak harus sudah diberi pelajaran tentang bagaimana seharusnya berhubungan dengan lawan jenis. Pendidikan seks yang diberikan juga bisa menyangkut sistem reproduksi antara pria dan wanita. Jangan sampai anak mendapatkan informasi yang salah.

Apa yang Perlu Dibahas?

Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa dibahas berkaitan dengan pendidikan seks praremaja. Pada usia ini, anak-anak sering merasa cemar dengan perubahan fisik yang mereka alami. Selain menjelaskan perubahan fisik yang terjadi kepada mereka, Anda juga harus menjelaskan tentang hal berikut.

  1. Pengertian pubertas dan perubahan fisik apa saja yang akan mereka alami.
  2. Panduan merawat diri selama masa pubertas.
  3. Arti mimpi basah, ejakulasi, ereksi, dan masturbasi.
  4. Jelaskan sistem reproduksi, hubungan seksual, dan aktivitas seksual, seperti pelukan dan ciuman.
  5. Cara menjalin hubungan dengan lawan jenis, misalnya pacaran. Jelaskan juga batasan-batasan yang harus anak patuhi.

pendidikan seks anak remaja

Cara Memulai Pendidikan Seks Praremaja

Beberapa orangtua mungkin masih merasa cangguh membicarakan persoalan seks kepada anak-anak. Anda harus tahu bahwa kesehatan anak, perkembangan diri, dan pertumbuhan anak kelas jauh lebih penting daripada sekedar perasaan canggung. Anda bisa memulai pendidikan seks dengan cara-cara berikut ini.

  •       Dengan Buku

Anda bisa mulai pendidikan seks dengan memberikan mereka buku tentang pendidikan seksual sesuai usianya. Sekarang ini, ada banyak sekali buku ensiklopedi mini yang menjelaskan seputar seks kepada anak. Anda bisa memulai pendidikan seks praremaja dengan buku-buku ini. Dampingi anak-anak ketika membaca buku tersebut. Minta anak untuk bertanya apabila ada hal-hal yang tidak mereka pahami.

  •       Berdiskusi dengan Nyaman

Ketika berbicara tentang seksualitas, tidak hanya Anda yang merasa canggung. Anak-anak mungkin juga merasakan hal yang sama. Untuk itu, buatlah diskusi berjalan dengan nyaman. Supaya tidak terlalu canggung, Anda bisa memulainya dengan pengantar, misalnya “Kakak belajar apa tadi di sekolah? Sudah sampai materi reproduksi belum?”. Selanjutnya, biarkan percakapan mengalir dan buat anak merasa nyaman dengan Anda.

  •       Berikan Jawaban yang Lugas

Ketika anak bertanya sesuatu seputar seksualitas, berikan jawaban yang lugas. Memberikan jawaban dengan berbelit-belit hanya akan menimbulkan salah tafsir. Anak-anak pun akan menganggap bahwa seks adalah hal yang tabu dan tidak pantas dibicarakan dengan orang tua.

  •       Jangan berlebihan

Tanggapan yang berlebihan juga bisa berdampak negatif. Menjelaskan sesuatu secara berlebihan bisa membuat anak segan untuk bertanya kepada Anda.

  •       Berikan pendidikan seks secara berkala

Pendidikan seks tidak bisa diberikan dalam sekali diskusi. Anak-anak tidak mampu mengingat banyak hal. Dalam satu diskusi, berikan satu topik tertentu yang bisa diserap anak. Lalu, bahas topik lainnya di lain kesempatan. Berikan pendidikan seks secara berkala dan sesuai dengan usianya.

Baca juga:

  1. Cara Mulai Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini
  2. Kapan Memulai Pendidikan Seks?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *