Banner Header Komunitas SOP

Manfaat Mengenalkan Musik Pada Anak

Browse By

Apakah Anda menyukai musik atau lihai bermain salah satu alat musik dan menginginkan anak memiliki bakat yang sama? Jika memang demikian, maka keinginan Anda harus segera diwujudkan karena banyak sekali manfaat mengenalkan sekaligus mengajarkan anak bermain musik.

Mempelajari musik, dipercaya bisa meningkatkan keterampilan kognitif siswa di sekolah dan membantu para siswa unggul dalam berbagai mata pelajaran di sekolah. Tak hanya itu, banyak penelitian yang membuktikan bahwa musik sangat bermanfaat bagi anak-anak. Salah satu penelitian di Belanda mengungkapkan bahwa instruksi kuat dalam ritme musik, melodi, dan harmoni memberikan efek positif dalam pengembangan otak.

Pada penelitian tersebut, sejumlah anak yang bersekolah di Belanda diminta untuk mengikuti pelajaran musik selama lebih dari 2 tahun, sejak mereka berusia 6 tahun. Sedangkan sebagian lainnya tidak mengambil pelajaran musik.  

Berdasarkan penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa, anak-anak yang mengambil pelajaran musik menunjukkan peningkatan penalaran berbasis bahasa, kemampuan untuk merencanakan, mengatur, dan menyelesaikan tugas, serta peningkatan prestasi akademik.

Melihat banyak sekali manfaat yang diperoleh setelah anak mengenal musik, lalu apakah Anda sudah mengenalkan anak pada musik?

Sebenarnya, secara tidak sadar Anda sudah mengenalkan musik pada anak sejak kecil, bahkan sejak ia dalam kandungan. Misalnya, dengan mendengarkan musik saat Anda sedang mengandung, atau sekedar menyanyikan lagu “nina bobo” agar anak cepat terlelap. Semua kebiasaan ini secara tidak sengaja mendekatkan anak dengan musik itu sendiri.

Nah, menurut Dr. Carol Loy, dilansir dari theasiaparent.com, terdapat manfaat lain yang bisa diperoleh dari mengenalkan dan mengajarkan musik pada anak. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

Manfaat Mengenalkan Musik Pada Anak

🎵 Membantu Meningkatkan Kemampuan Berbahasa, Literasi dan Komunikasi

Sejalan dengan penelitian yang dilakukan di Belanda, musik memang bisa meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Dengan mengenalkan dan mempelajari musik, maka kemampuan mendengarkan, membaca dan kemampuan berkomunikasi anak juga semakin meningkat.

Sebagai contoh, saat Anda mengajak anak bernyanyi lagu “Lihat kebunku”, maka anak akan mengikuti Anda bernyanyi. Meskipun anak masih berusia dini dan belum memahami kosa kata yang diucapkan, namun semakin lama anak akan memahaminya melalui musik (lagu) tersebut. Kondisi ini wajar terjadi, karena pada awalnya, bayi memang hanya mendengar suara atau bunyi-bunyi, kemudian baru secara bertahap memahami makna dari bunyi atau suara tersebut.

🎵  Musik Membantu Mengembangkan Keterampilan Kognitif

Manfaat lain dari mengenalkan musik dan mengajarkan musik pada anak adalah membantu anak mengembangkan keterampilan kognitifnya. Dengan bernyanyi bersama anak lagu-lagu tertentu, maka Anda sudah ikut membantu merangsang berbagai pola perkembangan otak anak.

Tak hanya itu loh, dengan mengenalkan musik pada anak maka kekuatan daya ingat, konsentrasi, kecerdasan spasial dan keterampilan berpikir anak juga meningkat.

🎵 Musik Meningkatkan Perkembangan Fisik

Sebaiknya tidak perlu ragu dalam mengenalkan anak tentang musik, karena dengan mengenalkan anak pada musik maka perkembangan fisik anak juga meningkat. Misalnya melalui permainan instrumen musik seperti drum, gitar, piano atau instrumen musik lainnya, anak-anak mulai belajar mengkoordinasi gerakan tangan dan mata. Melalui permainan alat musik, maka keterampilan motorik kasar anak juga semakin meningkat.

Tapi, jangan terlalu khawatir jika anak tidak terlalu suka memainkan instrumen musik, karena anak masih bisa meningkatkan perkembangan fisik melalui menari. Ya, menari sambil diiringi musik modern atau tradisional juga sangat baik dalam meningkatkan perkembangan fisik anak.

🎵 Musik Mampu Meningkatkan Perkembangan Individu

Manfaat lain dari mengenalkan musik pada anak adalah meningkatkan perkembangan individu berupa keterampilan sosial, emosional, kontrol diri, dan tentu saja kepercayaan diri. Melalui permainan musik dalam kelompok, maka anak belajar memberi, menerima, menunggu giliran dan belajar berjuang untuk bersaing dalam kelompok tersebut. Semua pengalaman berharga ini, tentu saja mampu membantu kesiapannya masuk ke sekolah nanti.

Manfaat mengenalkan musik pada anak

🎵 Musik Membantu Anak untuk Merasa Tenang

Dengan mengenalkan musik pada anak, maka Anda sedikit banyak membantu anak untuk menjadi lebih tertib dan merasa tenang.

Misalnya, musik yang didengarkan anak saat siang hari, bisa membuatnya merasa mengantuk dan tidur lebih tenang. Tak hanya itu, musik yang bertempo lambat juga mampu menurunkan denyut nadi, detak jantung dan menurunkan tekanan darah. Semua kondisi ini tentu saja mampu menenangkan anak.

🎵 Musik Mendorong Perkembangan Otak Sejak Dini

Manfaat selanjutnya yang bisa diperoleh dari mengenalkan anak pada musik adalah membantu perkembangan otak anak. Para peneliti percaya bahwa semakin dini anak mendengarkan musik, maka semakin efektif otak anak dalam merespon stimulasi tertentu.

Bagaimana Mengenalkan Musik Pada Anak?

Setelah mengetahui banyak sekali manfaat yang diperoleh dari mengenalkan musik pada anak, tentu saja Anda ingin segera mengenalkan musik pada keseharian anak. Tapi, bagaimana ya caranya?

Sebenarnya banyak sekali cara mengenalkan musik pada anak, seperti:

  • Ajak anak mengikuti les musik
  • Biasakan anak mendengarkan irama dan harmoni alami seperti kicauan burung, suara aliran sungai, atau irama rintik hujan.
  • Ajak anak menciptakan musik dari alat sederhana yang ada di rumah. Anda juga bisa meminta anak menirukan suara-suara serangga, suara bel pintu atau suara lain yang sangat dekat dengan anak sehari-hari.
  • Kenalkan anak dengan berbagai genre musik, dari pop, jazz, folk, atau klasik.

Mengenalkan anak pada musik memang sangat bermanfaat bagi perkembangan kognitif dan kemampuan bahasanya. Itulah mengapa, sebaiknya segera kenalkan anak pada musik, dan lihatlah perkembangannya di kemudian hari.

Baca juga:

  1. Buku Cerita Bergambar: Stimulasi Awal Untuk Kecerdasan Anak
  2. Mengenal Jenis Kecerdasan Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *