Banner Header Komunitas SOP

Buku Cerita Bergambar: Stimulasi Awal Untuk Kecerdasan Anak

Browse By

Pada masa golden age perkembangan anak, orangtua berusaha menstimulasinya dengan berbagai pengetahuan umum. Bagaimana mengenalkan anak pada ragam dunia yang tanpa batas? Proses stimulasi tersebut tentunya harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan, salah satunya adalah dengan menggunakan buku cerita bergambar.

Bagi anak-anak yang belum tahu bagaimana cara membaca, buku cerita bergambar jelas lebih bermakna daripada kata-kata. Melalui gambar tersebut, anak belajar menafsirkan cerita dan memahaminya. Tak hanya itu, anak-anak juga bisa belajar mengenal hal-hal yang selama ini belum pernah dilihatnya di dunia nyata. Inilah salah satu alasan mengapa buku cerita bergambar sangat penting dikenalkan pada anak sedini mungkin.

Artikel Penting:
  1. Membaca 15 menit, Manfaatnya Luar Biasa
  2. Alasan Penting Mengapa Ayah harus Membacakan Cerita pada Anak
  3. Anak Telat Membaca? Atasi dengan Cara Ini

Supaya Anda tahu apa pentingnya buku bergambar bagi anak, berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat buku cerita bergambar pada anak usia dini.

1. Sebagai Langkah Awal yang Menyenangkan untuk Mengenalkan Dunia Buku pada Anak

Kita tahu,buku adalah sesuatu yang sangat penting yang perlu dikenalkan kepada anak-anak. Banyak penelitian membuktikan bahwa buku mempunyai manfaat besar,karenanya harus dikenalkan sedini mungkin pada anak.

Untuk menciptakan persepsi bahwa buku adalah sesuatu yang menyenangkan, dapat dimulai dengan mengenalkan buku bergambar.

2. Menumbuhkan Minat Baca

Pada awalnya, anak-anak mungkin hanya bisa mendengarkan Anda bercerita. Karena terbiasa mendengar cerita dari Anda, anak mulai penasaran dan ingin membaca sendiri cerita-cerita dari buku cerita. Mungkin tahapan hingga anak bisa membaca sendiri bukunya masih sangat panjang. Tapi, justru inilah proses penanaman bibit gemar membaca dalam diri anak.

Kebiasaan gemar membaca yang tumbuh dari kecil ini akan dibawa hingga anak dewasa kelak. Nantinya, anak akan tumbuh menjadi seseorang yang berwawasan yang luas, cerdas, dan memiliki nilai pondasi yang kuat.

Satu lagi, anak yang gemar membaca juga akan mempunyai perbendaharaan kata yang lebih luas. Kemampuan berbahasa anak pun akan lebih baik daripada anak-anak lain yang tidak dikenalkan dengan buku bacaan sejak dini.

3. Mengasah Rasa Ingin Tahu Anak

Melalui buku bergambar, Anda akan mengenalkan banyak hal baru pada anak. Anda bisa mulai merangsang anak-anak untuk bertanya tentang hal-hal apa saja yang belum mereka ketahui. Pada dasarnya, tanpa disuruh pun, anak-anak pasti akan bertanya jika mereka tertarik dengan sesuatu.

Hal ini sangat baik untuk mengasah kemampuan anak dan mengembangkan rasa ingin tahunya. Anak yang memiliki rasa ingin tahu yang baik, akan tumbuh menjadi anak yang kritis dan logis,tentu jika kita memberikannya “asupan” pengetahuan yang tepat.

4. Membantu anak Mengekspresikan Diri

Melalui cerita atau konflik-konflik yang ada pada buku cerita bergambar, anak-anak akan belajar tentang bagaimana cara bersikap ketika menghadapi sesuatu yang baru. Anak-anak akan mencoba mengekspresikan diri dan pikirannya. Hal ini sangat baik untuk mengajarinya berani bersikap atas sesuatu.

Itulah beberapa manfaat buku cerita bergambar pada anak usia dini.

Jangan lupa untuk selalu menemani anak memilih buku bacaanya agar kita juga paham apa yang dibaca anak-anak kita, dan tidak asal memilih buku. Lalu, sudahkah Anda menemani anak membaca buku hari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *