ayah membacakan cerita
Balita Parenting Remaja Usia Sekolah

Ayah, Ini Alasan Penting Mengapa Anda Harus Membacakan Dongeng untuk Anak

Mendidik anak bukan hanya tugas ibu semata. Seorang ayah juga bertanggung jawab atas pendidikan anak-anaknya. Memang jarang ditemui ayah yang suka membacakan dongeng untuk anak-anaknya. Padahal, kegiatan ini punya banyak manfaat untuk anak dan juga buah hati Anda. Rob Kemp menjelaskan setidaknya ada lima manfaat yang akan Anda peroleh ketika membacakan dongeng untuk anak.

  • Meningkatkan kemampuan berbahasa

Teknik ayah membacakan dongeng untuk anaknya tentu berbeda dengan Bunda. Ketika Bunda yang membacakan cerita, Bunda akan lebih fokus pada bagimana perasaan si tokoh. Bunda juga cenderung bersikap seperti guru. Sedangkan pada saat ayah yang membacakan cerita, ia sering menghubungkan cerita dengan hal-hal lain di luar cerita yang dibacakan. Ayah akan memberikan analogi lain berdasarkan peristiwa nyata yang mudah dipahami si anak. Dua pendekatan yang dipakai oleh orang tua dalam membacakan dongeng untuk Anda akan berdampak pada kemampuan berbahasa yang baik.

  • Memberi Pengertian kepada Anak bahwa Membaca itu Menyenangkan

Ayah yang suka membaca, entah itu koran, majalah, buku, dan lain-lain akan memberikan contoh positif bagi anaknya. Anak-anak biasanya akan meniru kebiasaan orang tua. Lalu, ketika ayah membacakan dongeng untuk anaknya, si kecil pun akan semakin paham bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan.

  • Membentuk pribadi anak yang lebih baik

Penelitian dari Fatherhood Institude menyebutkn bahwa anak-anak yang sering dibacakan dongeng oleh ayahnya akan membunyai pribadi dan konsentrasi yang baik. Bahkan, dalam kondisi keluarga yang broken pun, kehadiran ayah untuk terus memberikan perhatian kepada anaknya akan menambah semangat mereka dalam belajar di sekolah, terutama pada anak laki-laki.

  • Mempererat ikatan emosional antara anak dan ayah

Ayah yang sering berinteraksi dengan anak-anaknya, terutama membacakan mereka dongeng, akan mempunyai ikatan emosi yang kuat. Kedekatan orang tua dan anak yang baik akan mampu membentuk perilaku yang positif dan meningkatkan rasa percaya diri anak.

  • Mengurangi stress

Setelah lelah bekerja seharian, ayah bisa mengurangi lelah dan stressnya dengan membacakan dongeng untuk anaknya. Faktanya, membacakan dongeng memang tidak hanya bisa menyenangkan anak, tetapi juga bisa mengusir rasa jenuh sang ayah.

Ayah, jika Anda ingin memiliki anak yang gemar membaca dan berperilaku baik, jangan pernah ragu untuk membacakan dongeng pada si kecil. Luangkan waktu sekitar 10 – 15 menit per hari untuk membacakan dongeng. Rasakan sendiri manfaatnya. Kegiatan ini pun akan memberikan manfaat yang baik untuk anak di masa depannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *