× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Ayah, Ini Alasan Penting Mengapa Anda Harus Membacakan Dongeng untuk Anak

Mendidik anak bukan hanya tugas ibu semata. Seorang ayah juga bertanggung jawab atas pendidikan anak-anaknya. Memang jarang ditemui ayah yang suka membacakan dongeng untuk anak-anaknya. Padahal, kegiatan ini punya banyak manfaat untuk anak dan juga buah hati Anda. Rob Kemp menjelaskan setidaknya ada lima manfaat yang akan Anda peroleh ketika membacakan dongeng untuk anak.

  • Meningkatkan kemampuan berbahasa

Teknik ayah membacakan dongeng untuk anaknya tentu berbeda dengan Bunda. Ketika Bunda yang membacakan cerita, Bunda akan lebih fokus pada bagimana perasaan si tokoh. Bunda juga cenderung bersikap seperti guru. Sedangkan pada saat ayah yang membacakan cerita, ia sering menghubungkan cerita dengan hal-hal lain di luar cerita yang dibacakan. Ayah akan memberikan analogi lain berdasarkan peristiwa nyata yang mudah dipahami si anak. Dua pendekatan yang dipakai oleh orang tua dalam membacakan dongeng untuk Anda akan berdampak pada kemampuan berbahasa yang baik.

  • Memberi Pengertian kepada Anak bahwa Membaca itu Menyenangkan

Ayah yang suka membaca, entah itu koran, majalah, buku, dan lain-lain akan memberikan contoh positif bagi anaknya. Anak-anak biasanya akan meniru kebiasaan orang tua. Lalu, ketika ayah membacakan dongeng untuk anaknya, si kecil pun akan semakin paham bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan.

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket