Banner Header Promo OVO SOP

Kapan Waktu Tepat Mengenalkan Skincare Pada Anak?

Browse By

Siapa sih yang tidak paham tentang perubahan kulit wajah yang terjadi di masa puber? Sebagian besar dari kita tentu memahaminya dengan baik karena memiliki pengalaman yang hampir sama di masa puber. Misalnya, kulit wajah yang berminyak dan cenderung berjerawat. Nah, hal yang sama juga akan dialami oleh anak-anak kita yang memasuki masa puber loh!

Apabila kulit wajah pada anak-anak di masa puber tidak ditangani dengan baik maka bisa jadi banyak masalah kulit yang akan muncul dan mengganggu penampilannya. Tentunya, kita tidak mau dong melihat anak-anak merasa minder menghadapi masa puber hanya karena berjerawat?

Lalu, apa yang perlu dilakukan orang tua? 

Saat anak memasuki masa puber, orang tua perlu mengenalkan anak dengan produk-produk skin care atau perawatan kulit yang tepat. Pengenalan produk skin care bisa dilakukan saat anak memasuki usia 12 atau 13 tahun, yaitu saat anak mulai masuk SMP. Sebaiknya, mulailah dengan skin care ringan pada anak pra remaja.

Skin care apa yang perlu dikenalkan pada anak pertama kali?

Saat mengenalkan skin care pertama kali pada anak, penting bagi orang tua memperkenalkan produk pembersih wajah. Sebaiknya kenalkan anak pada pembersih wajah yang bebas detergen (tidak banyak memiliki busa, khusus untuk sabun wajah) dan tidak berbau harum (non parfume). 

Tak hanya memperkenalkan produk pembersih wajah, anak juga perlu dikenalkan dengan moisturizer (pelembab wajah). Fungsinya, agar kulit wajah anak tetap terjaga kelembabannya selama menjalani aktivitas di luar rumah. Khususnya saat anak sedang mengikuti pelajaran olahraga di luar ruangan.  

Selain pelembab, tabir surya juga sangat penting orang tua perkenalkan pada anak. Sebaiknya, gunakan tabir surya dengan SPF 30% saat di dalam ruangan, namun gunakan kadar SPF yang lebih tinggi saat anak berada di luar ruangan. Nah, sebagai tambahan informasi, kadar SPF  dapat dilihat dari kepadatan tabir surya. Semakin padat dan terasa lengket, maka semakin tinggi SPF nya. 

kapan mengenalkan skin care pada anak?

Apa yang perlu dilakukan saat anak berjerawat?

Kebanyakan anak akan mengalami jerawat di masa pubernya. Meskipun hanya berjumlah satu, selalu ingatkan anak untuk tidak memencet jerawat tersebut karena hanya akan menimbulkan peradangan. 

Tak hanya itu, tangan anak yang belum tentu bersih dan digunakan untuk memencet jerawat, justru akan memperparah keadaan jerawat tersebut. Salah-salah, bukannya hilang, justru jerawat semakin banyak menghiasi wajah cantik dan tampan anak Anda. 

Oleh karena itu, gunakan gel khusus untuk jerawat. Mintalah anak menggunakan gel tersebut hanya di bagian wajah yang berjerawat. Tentunya, lakukan hal ini setelah anak membersihkan wajah. Gunakan gel tersebut selama 2-3 hari, maka jerawat akan segera kempes dan mengering. 

Membantu anak merawat perubahan fisik yang dialami saat masa puber memang sudah menjadi kewajiban sebagai orang tua. Bukan hanya perubahan pada bentuk tubuh saja yang perlu orang tua perhatikan, namun perubahan pada kondisi kulit wajah juga perlu diperhatikan oleh orang tua. 

Maka dari itu, segera kenalkan anak pada produk-produk skin care segera setelah anak memasuki masa pubernya. Jangan sampai, anak baru melakukan perawatan wajah baru setelah timbul banyak masalah kulit wajah seperti jerawat.

Baca juga:

  1. “Skin Care” Ringan yang Perlu Diajarkan pada Remaja
  2. 10 Kebersihan Diri yang Perlu Diajarkan Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *