× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Nyeri Saat Haid, Normalkah?

06 Februari 2019

Kondisi tidak nyaman ketika memasuki masa haid memang seringkali terjadi di kalangan perempuan. Mulai dari nyeri perut, nyeri punggung, hingga sakit di bagian payudara pun pernah dialami oleh sebagian besar perempuan yang sedang memasuki masa haid. Karena hampir dirasakan oleh semua perempuan, nyeri saat haid ini sering dianggap normal. Benarkah demikian?

Nyeri Saat Haid, Normalkah?

Normal atau tidak nyeri haid ditandai dengan parah tidaknya rasa nyeri yang dirasakan. Beberapa perempuan mungkin merasakan nyeri tersebut secara wajar. Artinya, nyeri haid yang dialami masih bisa ditahan. Namun, bagi sebagian perempuan lainnya nyeri haid ini terjadi cukup parah hingga tidak tertahankan. Lalu, apa saja tanda nyeri haid normal dan tidak normal?

Pertama, nyeri haid yang normal biasanya hanya berlangsung sebentar, yaitu maksimal 2-3 hari. Rasa nyeri haid yang dialami ini disebabkan oleh zat prostaglandin yang dilepaskan, bersamaan dengan luruhnya jaringan endometrium dan darah, sehingga menyebabkan peradangan. Nah, kondisi inilah yang akhirnya memicu kontraksi otot atau kram perut.

Contact Us School of Parenting