Pentingnya Seni dalam Proses Tumbuh Kembang Anak

09 September 2021

Sebagian besar parents tentu menyadari bahwa seni itu penting bagi anak-anak. Menciptakan seni, mampu memperluas kemampuan anak untuk berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka, dan memberikan seperangkat keterampilan baru untuk ekspresi diri dan komunikasi.

Seni tidak hanya membantu mengembangkan sisi otak kanan, tetapi juga menumbuhkan keterampilan penting yang bermanfaat bagi perkembangan anak.

Belajar seni sama pentingnya dengan belajar bahasa. Dengan belajar seni, anak akan memperoleh berbagai keterampilan hidup yang berguna untuk menjadikan mereka lebih kreatif, seperti:

  • Keterampilan komunikasi

Ketika seorang anak menggambar, melukis, atau memotret, anak akan mulai belajar berkomunikasi secara visual. Seorang anak dapat menggambar untuk mendokumentasikan pengalaman nyata seperti bermain di taman, melepaskan perasaan gembira dengan melukis warna-warni yang berputar-putar, atau berbagi pengalaman bermuatan emosional seperti meninggalnya orang yang dicintai melalui seni. Seni melampaui bahasa verbal untuk mengkomunikasikan perasaan yang mungkin tidak diungkapkan dengan cara lain.

  • Keterampilan menyelesaikan masalah

Ketika anak-anak mengeksplorasi ide-ide seni, mereka menguji kemungkinan dan bekerja melalui tantangan, seperti seorang ilmuwan yang bereksperimen dan menemukan solusi. Seni memungkinkan anak-anak untuk membuat penilaian mereka sendiri, sementara juga mengajari mereka bahwa suatu masalah mungkin memiliki lebih dari satu jawaban. Alih-alih mengikuti aturan atau arahan tertentu, otak anak terlibat dalam penemuan “bagaimana” dan “mengapa”. 

  • Keterampilan motorik halus

Memegang kuas, menggunting kertas dengan gunting menjadi bentuk tertentu, menggambar dengan krayon, dan berbagai aktivitas lainnya akan membantu anak  mengembangkan keterampilan motorik halus mereka.

Meskipun seni itu penting, perlu disadari bahwa seorang anak tidak harus menciptakan sebuah mahakarya untuk memiliki pengalaman artistik yang bermakna. Dalam hal seni, proses menciptakan, menjelajahi, menemukan, hingga bereksperimen memiliki nilai yang terbesar.

Maka dari itu, mari dorong anak untuk menciptakan sebuah karya seni, salah satunya melalui workshop online berikut ini. Klik poster berikut untuk pendaftaran. 

 

Bagaimana Menurut Anda?
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Share with love
Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket