× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Bom Waktu itu Bernama Emosi Remaja

21 September 2021

Memiliki anak remaja sama seperti menyimpan bom waktu di dalam rumah. Emosi remaja yang bisa meledak setiap saat tentu membuat orang tua merasa kewalahan. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi situasi ini. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah memahami alasan anak mengalami ledakan emosi agar Anda bisa mengelola respon dengan lebih bijak. Ini bisa membantu anak dalam mengelola ledakan emosi tersebut.

Namun sebelum itu, sebaiknya pastikan juga bahwa anak dan orang lain di sekitarnya dalam keadaan aman. Artinya, tidak terdampak perilaku kasar anak yang membahayakan.  

Ubah Pola Pikir Anda Terhadap Anak Remaja

Saat anak remaja mengalami ledakan emosi, Anda mungkin terpancing dan kehilangan kesabaran hingga membentak, menghukum atau memarahi anak. Nah, alih-alih merespon dengan perilaku negatif, mari kita ubah pola pikir terhadap anak remaja.  Mengubah cara Anda melihat perilaku anak remaja dapat membantu Anda mengelola respons dari diri sendiri. Mengubah pola pikir juga akan membantu Anda untuk mengingat bahwa anak remaja sedang tidak berdaya dan membutuhkan dukungan Anda sebagai orang tua. Saat Anda mampu melihat ledakan emosi anak sebagai respon terhadap suatu masalah, dan bukan masalah itu sendiri, maka Anda mampu mengelola perasaan dan respon Anda untuk kemudian membantu anak dalam menghadapi masalah yang menyebabkan ledakan emosinya.  

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket