Banner Header Komunitas SOP

“Ngidam” Saat Datang Bulan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Browse By

Ibu-Ibu hamil pasti pernah ngidam kan? Tapi bagaimana jika ngidam bahkan dialami menjelang masa-masa datang bulan atau saat menstruasi sedang terjadi? Bisa jadi ini yang sedang anda alami sekarang. Lalu apakah hal ini wajar?

Ya, ngidam saat atau menjelang masa menstruasi memang wajar terjadi. Tak jarang Anda seringkali menginginkan makanan manis seperti coklat, kue-kue manis, dan ice cream. Ada juga nih yang justru ingin makanan-makanan pedas, asin dan berkuah, seperti bakso, soto atau makanan lainnya.

Menurut Justine Roth, R.D.,seorang ahli nutrisi mengatakan bahwa, ngidam biasa terjadi karena tubuh wanita mengalami perubahan fisiologis saat menstruasi tiba. Beberapa hormon pada tubuh wanita mengalami kerusakan, sehingga tubuh membutuhkan nutrisi tertentu.

Suzzane Fenske, MD, asisten profesor kebidanan, ginekologi, menambahkan, timbulnya ngidam pada wanita menstruasi dan wanita hamil karena EOP (Endogenous Opioid Peptides), sejenis ikatan asam amino yang ada dalam tubuh lebih aktif. EOP ini berperan dalam terciptanya berbagai macam keinginan. Salah satunya adalah ngidam makanan atau minuman tertentu.

Ngidam saat datang bulan penjelasan ilmiah

Jadi, jangan heran jika Anda menginginkan makanan atau minuman tertentu (ngidam) saat menstruasi atau saat hamil. Fenske bahkan mengatakan bahwa ngidam yang paling umum saat menstruasi adalah makanan asin dan manis seperti keripik kentang atau coklat.

Tak hanya itu, ngidam juga disebabkan karena adanya peningkatan pada hormon kortisol dan penurunan hormon serotinin. Hormon kortisol adalah hormon yang bertanggung jawab pada stres, sedangkan serotonin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk menciptakan perasaan bahagia.

Ngidam saat menstruasi sih boleh saja ya, tapi jangan sampai ngidam justru membuat jarum timbangan Anda semakin ke kanan. Nah untuk menyiasatinya, pilihlah beberapa makanan yang rendah kalori dan lemak. Misalnya saat ingin makan manis seperti coklat, usahakan pilihlah dark chocolate yang rendah gula.

Ngidam makanan manis juga bisa disiasati dengan mengkonsumsi buah-buahan yang manis. Dengan begitu keinginan Anda untuk makan makanan manis tidak akan membahayakan timbangan Anda, alias tidak akan membuat gemuk. Jenis makanan manis lainnya yang masih tergolong aman bagi kenaikan berat badan adalah, selai kacang, yogurt dengan granola, kacang-kacangan dan buah kering.

Bagi Anda yang menginginkan makanan asin, hati-hati dengan masalah kembung yang bisa dialami saat menstruasi. Menurut Dr. Caudle, makan makanan asin pada saat menstruasi akan memicu perut kembung dan menstruasi yang cukup buruk. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa kok menyantap makanan asin. Cukup dengan membuat kentang goreng sendiri di rumah atau mencoba makan popcorn tanpa garam.

Ngidam saat menstruasi memang wajar dan ada penjelasan ilmiahnya, tapi kesehatan dan berat badan juga perlu dijaga. Sebaiknya hindari makanan atau minuman yang banyak mengandung gula terlebih jika mengandung pemanis buatan. Tingginya konsumsi gula juga meningkatkan resiko penyakit diabetes. Nah, bagi Anda dengan anak perempuan yang sudah mengalami menstruasi, jangan lupa kontrol makanan atau minuman yang dikonsumsi. Hati-hati diabetes bisa mengincar anak kita.

Baca Juga :

  1. Makanan yang Dilarang Konsumsi Saat Hamil: Mitos atau Fakta
  2. Kenapa Ibu Hamil Cepat Lelah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2 thoughts on ““Ngidam” Saat Datang Bulan? Ini Penjelasan Ilmiahnya”

  1. Golda Zetina says:

    That is the fitting weblog for anybody who wants to find out about this topic. You understand a lot its almost exhausting to argue with you (not that I really would need…HaHa). You positively put a new spin on a subject thats been written about for years. Great stuff, just great!

    1. School of Parenting says:

      thanks a lot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *