Banner Header Komunitas SOP

“Top Problems” Para Ibu Saat Menyusui

Browse By

Bagi Anda para Ibu yang sedang menyusui anak, pasti tahu betul dong apa saja sih problem yang dihadapi saat menyusui. Mulai dari produksi ASI yang masih sedikit, rasa sakit yang dirasakan di payudara, hingga problem saat bayi Anda tidak mau menyusu. Duh, kalau sudah begini, langsung berpikir apa ya yang salah dengan ASI saya?

Kondisi seperti ini, sebenarnya wajar dan cukup sering dialami oleh para Ibu di luar sana. Khususnya bagi new-mom yang baru saja melahirkan, dan belum memiliki banyak pengalaman dalam hal menyusui. Untuk itu, yuk pahami dulu, kira-kira kenapa ya si kecil enggan menyusu?

Kenapa Bayi Tidak Mau Menyusu?

Bayi sebenarnya butuh menyusu setidaknya 8-12 kali dalam satu hari, namun kebutuhan ini akan berkurang seiring bertambahnya usia bayi. Nah, saat bayi menolak untuk menyusu, maka pasti ada sesuatu yang membuatnya tidak nyaman. Perlu diingat, bahwa rasa tidak nyaman ini bukan hanya soal kualitas ASI. Terdapat banyak faktor lainnya yang mempengaruhi bayi tidak mau menyusu. Beberapa faktor tersebut adalah

  • Sakit di Area Mulut

Rasa sakit di area mulut, seperti karena tumbuh gigi, sakit gusi, dan sariawan bisa menjadi salah satu penyebab bayi enggan menyusu.

  • Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat mungkin karena flu, membuat si kecil merasa kesulitan bernafas saat menyusu. Hal inilah yang mengakibatkan ia tidak mau menyusu.

  • Rasa ASI Berubah

Ya, rasa ASI juga bisa berubah lho akibat dari makanan yang Anda makan. Namun, tak hanya itu, perubahan rasa ASI ini juga bisa dipengaruhi karena perubahan hormon atau pengaruh obat-obatan atau vitamin yang sedang dikonsumsi.

  • Perubahan Aroma Tubuh Ibu

Bayi memang masih sangat sensitif ya, sehingga perubahan sedikit saja dari Anda bisa mempengaruhi dirinya. Misalnya, perubahan aroma tubuh yang membuat si kecil enggan menyusu. Perubahan aroma ini bisa terjadi karena Anda menggunakan sabun mandi yang berbeda, menggunakan parfum dengan aroma yang terlalu kuat, bahkan tidak sengaja menggunakan balsem.

  • Karena Stres

Bukan hanya Anda nih yang bisa stres, tapi bayi Anda juga bisa mengalaminya. Misalnya stres karena perubahan lingkungan yang sangat berisik, saat bayi berada di perjalanan jauh, bahkan saat bayi merasa takut melihat Anda bereaksi berlebihan saat bayi menggigit puting.

problem ibu saat menyusui

Jika Anda salah satu Ibu yang mengalami kesulitan menyusui bayi, maka lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya:

๐Ÿผ Cobalah untuk menyusui bayi saat bayi sedang mengantuk.

๐Ÿผ Ubahlah posisi Anda ketika menyusui. Bayi Anda mungkin merasa nyaman jika menyusu dengan posisi tertentu, misalnya dengan tidur, atau memangkunya. Anda juga bisa sambil mengajak bayi berjalan saat proses menyusui. Lakukan observasi sebelumnya untuk mengetahui posisi menyusui yang paling disukai bayi Anda.

๐Ÿผ Cobalah untuk menyusui bayi di tempat yang paling disukai. Misalnya jika bayi suka ketenangan, maka hindari situasi yang ramai agar ia mau menyusu. Anda juga bisa menyusui bayi sesaat setelah ia mandi dan merasa hangat dan tenang.

๐Ÿผ Berusahalah untuk tenang dan hindari stres sehingga bayi merasa nyaman saat menyusu.

๐Ÿผ Konsultasi dengan dokter apabila bayi secara berkala menolak untuk menyusu.

Nah, top problems lainnya saat Ibu menyusui adalah saat bayi menggigit puting Ibu. Duh, pasti sakit sekali ya. Lalu, apa sih yang sebenarnya terjadi, dan apa yang harus Anda lakukan?

Saat Bayi Menggigit Puting

Salah satu hal yang sering dialami oleh Mama adalah kondisi saat bayi menggigit puting. Tentu saja hal ini dilakukan oleh bayi saat sudah tumbuh semakin besar dan sudah hampir memiliki gigi. Biasanya bayi mulai menggigit ketika ia sudah selesai menyusu dan buka saat ia sedang menyusu. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka katakan โ€œtidakโ€ dengan tenang, dan segera tarik payudara Anda secara perlahan. Hindari untuk bereaksi berlebihan apalagi sambil berteriak karena bisa membuat bayi takut dan menolak untuk menyusu.

Beberapa bayi mungkin akan mulai menggigit karena ia tidak mendapat cukup perhatian dari Anda ketika sudah selesai menyusu. Alasan lainnya juga karena bayi sedang tumbuh gigi sehingga ingin menggigit apa saja yang masuk ke dalam mulut kecilnya.

Nah, jika memang bayi sedang tumbuh gigi, Anda bisa memberinya mainan gigi untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan bayi saat tumbuh gigi.

Banyak sekali problem yang dihadapi oleh Ibu saat proses menyusui. Apalagi jika Anda adalah seorang new-mom yang belum memiliki banyak pengalaman. Untuk itu, tidak perlu panik, perkaya diri Anda dengan berbagai macam literasi agar proses menyusui Anda lancar dan lebih mudah.

Baca Juga:

  1. Apakah Ibu Menyusui Boleh Berpuasa?
  2. Cegah Payudara Kendor Setelah Menyusui dengan Cara Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *