Banner Header Komunitas SOP

Cegah Payudara Kendor Setelah Menyusui dengan Cara Ini

Browse By

Menjadi ibu belum lengkap rasanya jika belum menyusui buah hati. Bagi bayi baru lahir, ASI menjadi satu-satunya makanan untuk si buah hati. Akan tetapi, keinginan yang kuat tersebut terkadang terbentur dengan masalah penampilan. Beberapa ibu merasa resah karena penampilannya mulai berubah. Saat menyusui si kecil, payudara pun bisa kendor dan jadi tidak menarik lagi.

 

Semua wanita ingin memiliki tubuh ideal dengan kulit yang kencang. Inilah yang membuat beberapa wanita merasa enggan untuk menyusui buah hatinya. Sebenarnya, ada banyak cara mengembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan dan menyusui. Khusus untuk menjaga payudara agar tetap kencang, Anda bisa melakukan perawatan berikut ini.

 

  • Pilih bra dengan ukuran yang tepat

Beberapa wanita tidak sadar bahwa mereka telah menggunakan bra yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh. Menurut penelitian, ada 8 dari 10 wanita yang memakai bra dengan ukuran tidak tepat. Padahal, menggunakan ukuran bra yang tepat bisa membantu mengencangkan payudara. Apabila Anda merasa punggung Anda sakit setelah memakai bra seharian, itu tandanya Anda menggunakan bra dengan ukuran yang tidak tepat. Anda butuh bra dengan ukuran satu tingkat di atasnya. Lalu, jika bra yang Anda gunakan gagal memberikan posisi ideal dada, itu juga menjadi penanda bahwa bra tersebut tidak bisa menunjang berat payudara.

 

Mulailah mencari ukuran bra yang tepat untuk mengembalikan kekencangan payudara pasca menyusui si buah hati.

 

  • Menjaga Posisi Tubuh Ketika Menyusui

Salah satu penyebab payudara kendor saat menyusui adalah posisi menyusui yang kurang tepat. Akibat kelelahan menjalani rutinitas sebagai ibu rumah tangga baru, para Ibu biasanya menyusui anak sambil berbaring. Padahal, posisi ini kurang bagus untuk payudara karena bisa membuatnya kendor. Posisi terbaik untuk menyusui anak dalah dengan posisi duduk. Pangku bayi dengan menggunakan bantal khusus, posisikan mulut bayi setara dengan puting. Ini adalah posisi terbaik menyusui anak.

 

  • Olahraga

Salah satu cara terbaik untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar adalah dengan berolahraga secara rutin. Olahraga ini tidak hanya bisa melangsingkan tubuh. Beberapa jenis latihan tertentu juga bisa membantu mengencangkan otot payudara. Oleh karena itu, jika Anda punya waktu luang, sempatkanlah untuk jalan kaki atau berenang.

 

  • Menu makanan sehat

Makanan yang masuk ke dalam tubuh juga punya peran penting usaha melangsingkan tubuh. Anda perlu mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Jangan lupa mengonsumsi banyak air putih. Makanan tersebut bisa membantu meremajakan kulit dan mencegah payudara kendor.

 

Untuk mengembalikan bentuk payudara agar kembali kencang, disarankan untuk menggunakan cara-cara alami. Cara-cara instan cenderung tidak sehat dan punya efek negatif untuk tubuh Anda.

 

 

Referensi: id.theasianparent.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *