Banner Header Komunitas SOP

10 Kebersihan Diri yang Perlu Diajarkan pada Anak

Browse By

Menjaga kebersihan memang sangat penting dilakukan oleh semua orang, khususnya anak-anak. Dengan menjaga kebersihan diri, maka resiko anak-anak terserang penyakit tertentu juga akan semakin rendah. 

Nah, kebiasaan menjaga kebersihan diri juga wajib Parents ajarkan pada anak sejak dini loh. Beberapa kebiasaan menjaga kebersihan diri berikut ini bisa Anda ajarkan pada anak sejak dini di rumah!

10 Kebersihan Diri yang Perlu Diajarkan Pada Anak

  • Kebersihan Mulut

Kebersihan diri pertama yang perlu diajarkan pada anak adalah kebersihan mulut, terutama area dalam mulutnya. 

Misalnya anak perlu menggosok gigi dengan teratur sebelum tidur, membersihkan pangkal-pangkal lidah, dan mau diajak ke dokter gigi untuk memeriksa gigi dan membersihkan karang gigi. 

  • Kebersihan Kuku

Seberapa sering sih Anda mengingatkan anak untuk memotong kuku saat panjang? Mengingatkan anak untuk memotong kuku saat telah panjang memang sangat baik dilakukan Parents. Pasalnya, kuku adalah salah satu sarang kuman dan bakteri yang bisa membuatnya terserang penyakit tertentu. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda mengajarkan anak menjaga kebersihan kuku. Ingatkan anak untuk menyikat bagian dalam kuku-kuku jari tangan dan kaki yang terlihat hitam karena pasir atau hal lainnya. 

  • Kebersihan saat Mandi

Kebanyakan anak memang sangat senang bermain air khususnya saat mandi. Nah, sebaiknya ajarkan pada anak beberapa tips kebersihan diri saat mandi. Misalnya menggosok bagian belakang telinga, menggosok sela-sela jari kaki dan bagian-bagian lain pada tubuh yang perlu perhatian khusus agar tetap bersih. Bila perlu, beri anak bathing scrub untuk membantunya membersihkan bagian-bagian yang sukar dibersihkan dengan sabun saja. 

  • Kebersihan Tangan

Selain kebersihan diri  saat mandi, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang cukup penting. Selalu ingatkan anak untuk mencuci tangan setelah pergi bermain, sebelum makan, setelah ke toilet, dan setelah memegang hewan peliharaan. Pasalnya, tangan adalah salah satu tempat bagi bakteri, dan kuman yang sangat mudah berpindah ke makanan yang dipegang anak jika ia tidak mencuci tangan sebelum makan. 

Sebaiknya, ajarkan anak untuk mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri, karena mencuci tangan menggunakan air saja tidak cukup membunuh kuman yang bersarang di tangan. Ajarkan kebiasaan ini sejak dini agar ia terus bisa mengingatnya hingga dewasa nanti.

  • Kebersihan Kaki

Kebersihan diri lainnya yang perlu dijaga adalah kebersihan kaki. Kebersihan kaki yang tepat juga akan mengurangi bau kaki yang mungkin sering dialami oleh anak-anak. Bau kaki tersebut biasanya dari kutu air,jamur kulit atau infeksi kaki lainnya. 

Nah, sebaiknya ajarkan anak untuk mencuci kaki setidaknya 2x sehari dan segera mengeringkan kaki segera setelah mencucinya. Pasalnya, air yang tertinggal di sela-sela jari kaki adalah alasan munculnya jamur di kaki anak-anak. Jamur kaki ini cukup membuat kesal mereka karena biasanya menimbulkan gatal. 

Perlu diingat, sebaiknya jangan biarkan anak memakai alas kaki sepanjang hari. Khususnya kaus kaki. Akan lebih baik membiarkan kaki anak telanjang agar kulit kakinya bisa bernapas. 

Kebersihan diri wajib diajarkan anak

  • Kebersihan setelah Menggunakan Toilet

Siapa nih yang jarang cuci tangan setelah ke toilet? Nah, mulai sekarang sebaiknya ajarkan anak untuk cuci tangan setelah pergi ke toilet. Jangan lupa ingatkan anak untuk menyiram toilet setelah ia menggunakan. Kebersihan menggunakan toilet adalah salah satu kebersihan diri yang penting diajarkan pada anak sejak dini.

  • Kebersihan saat Batuk dan Bersin

Saat anak batuk atau bersin, maka penting bagi Anda untuk mengajarkan pada anak menutup mulutnya. Akan lebih baik menutup mulutnya menggunakan tisu atau saputangan, namun jika tidak ada maka cukup menggunakan tangan. Baru kemudian, anak perlu mencuci tangannya. Kebiasaan ini akan menghindarkan anak dan teman-teman anak dari terserang dan tertular virus flu. 

  • Kebersihan dalam Rumah

Kebersihan diri lain yang perlu diajarkan pada anak adalah kebersihan saat berada di dalam rumah. Ajarkan anak untuk selalu membersihkan dan membereskan mainannya, membuang sampah pada tempatnya saat di dalam rumah, menjaga kebersihan saat sedang makan, meletakkan baju kotor di keranjang cuci baju, dan mengingatkan anak untuk tidak makan di lantai khususnya jika memiliki hewan piaraan. Tak hanya itu, ajarkan juga pada anak untuk menggunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan bukan tempat bermain atau makan.

  • Kebersihan Makanan dan Minuman

Kebersihan diri yang perlu diajarkan pada anak adalah kebersihan makanan dan minuman yang ia konsumsi, khususnya saat anak tidak berada di rumah. Selalu ingatkan anak untuk tidak jajan di sembarang tempat. Pastikan bahwa anak jajan di tempat yang bersih dan makanan yang tidak memiliki warna mencolok. 

  • Kebersihan Rambut

Kebersihan diri lain yang perlu Anda ajarkan pada anak sejak dini adalah kebersihan rambut. Ajarkan pada anak untuk mencuci rambut setidaknya 2 hari sekali. Pilihkan shampo yang cocok untuk jenis rambut anak. Misalnya, pilihkan shampo anti ketombe jika rambut anak cenderung berketombe atau pilihkan shampo yang mengurangi kerontokan rambut anak. 

Menjaga kebersihan diri sangatlah penting bagi anak-anak. Untuk itu, orangtua perlu mengajarkan anak tentang menjaga kebersihan diri sejak dini. Beberapa kebersihan diri di atas bisa Anda ajarkan pada anak sejak dini loh!

Baca juga:

  1. 10 Keterampilan Hidup Penting yang Harus Dipelajari Anak
  2. 7 Hal yang Perlu Diajarkan Ibu Pada Anak Perempuannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *