Banner Header Komunitas SOP

“Skin Care” Ringan yang Perlu Diajarkan pada Remaja

Browse By

Sebagai orangtua yang memiliki anak remaja tentunya perlu memberikan perhatian lebih. Khususnya terkait perubahan secara fisik yang terjadi pada remaja kita. Salah satu perubahan yang sering dialami oleh remaja adalah mulai timbulnya masalah kulit wajah seperti jerawat. 

Munculnya jerawat, atau masalah kulit wajah lainnya ini tentu akan menjadi hal yang cukup mengganggu bagi remaja apabila tidak ditangani dengan baik. Untuk itu, Parents perlu mengenalkan perawatan wajah sederhana pada anak yang baru saja beranjak remaja.

Tidak perlu produk dari merk terkenal, yang terpenting produk skin care tersebut cocok dengan kulit wajah anak. Nah, perawatan wajah seperti apa saja sih yang perlu diajarkan pada anak di awal masa remajanya tersebut? 

Beberapa perawatan wajah (Skin Care) berikut ini rasanya perlu Parents perkenalkan pada remaja:

  • Bersihkan Wajah 

Perawatan kulit wajah pada remaja pertama kali yang perlu Parents perkenalkan adalah membersihkan wajah dengan pembersih. Anak-anak yang baru saja memasuki masa remaja sebenarnya tidak perlu pembersih wajah (cleansing) yang berat seperti yang Anda gunakan. 

Sebaiknya pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit anak remaja Anda. jika kulit remaja anak cenderung kering dan sensitif, maka pilihkan produk pembersih wajah yang tidak membuat wajah semakin terasa kering dan ketat. 

Sebaliknya, jika wajah anak remaja Anda cenderung berminyak, maka pilihkan pembersih yang mengurangi produksi minyak pada wajah dan hindari produk yang justru membuat wajahnya semakin terasa berminyak.

  • Melembabkan Wajah 

Setelah membersihkan wajah, ajari anak remaja Anda untuk menggunakan pelembab atau moisturizer. Ada banyak sekali jenis pelembab di pasaran saat ini, adi pandai-pandailah memilih pelembab bersama anak remaja Anda. Hal yang terpenting adalah sesuaikan pelembab tersebut dengan jenis kulit anak. 

Misalnya bagi anak yang cenderung memiliki masalah pada kulit wajah seperti berjerawat, maka gunakan pelembab wajah yang mengandung bahan untuk mengurangi jerawat tersebut. Pun demikian bagi anak yang memiliki wajah kering, maka bantulah anak memilih pelembab yang menjaga kelembaban kulit wajahnya. 

Tak hanya pelembab untuk kulit wajah, pelembab untuk kulit tangan dan kaki juga sangat penting loh Parents. Sebaiknya, selalu ingatkan anak untuk menggunakan body lotion setelah mandi untuk menjaga kelembapan kulit tubuhnya. 

skin care ringan untuk remaja

  • Lindungi Wajah dari Paparan Sinar UV dengan Sunblock

Perawatan kulit lainnya yang perlu Parents perkenalkan pada anak adalah penggunaan sunblock atau tabir surya. Sunblock ini sangat penting bagi anak remaja Anda untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar UV yang berbahaya. Apalagi bagi Parents dan anak-anak yang tinggal di negara tropis, penggunaan sunblock ini perlu dilakukan setiap hari.

Perawatan kulit wajah dan kulit tubuh sangatlah penting, terlebih bagi anak remaja yang sedang mengalami berbagai perubahan dan masalah pada kulitnya. Nah, beberapa self skin care  di atas perlu Parents perkenalkan pada anak remaja agar kulitnya lebih sehat dan membantu kepercayaan dirinya. 

Baca juga:

  1. 10 Kebersihan Diri yang Perlu Diajarkan Pada Anak
  2. Anak Remaja Memberontak, Wajar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *