Banner Header Komunitas SOP

“Aku Butuh Ayah”…Ini Catatan Kecil Untukmu!

Browse By

Tak hanya Ibu yang ingin menjadi orang tua hebat, Ayah pun tentu ingin sekali menjadi orang tua hebat yang selalu ada untuk anak-anaknya.

Sayangnya, kesibukan Ayah seringkali membuatnya tidak tahu apa yang dibutuhkan anak-anak dari Ayah sehari-hari. Banyak sekali usaha Ayah untuk lebih dekat dengan anak-anak agar Ayah tahu kebutuhan dan keinginan mereka.

Contohnya, Ayah sering nih mengantar anak-anak ke sekolah hanya demi bisa ngobrol banyak dan secara diam-diam mencari tahu hal-hal yang sedang dialami oleh mereka.

Walaupun kadang-kadang usaha ini tidak berhasil karena banyak kendala, Ayah tidak kehabisan ide. Ayah sering bertanya pada Ibu tentang anak-anaknya sepulang dari kerja.

Tapi, kira-kira apa sih yang dibutuhkan anak dari ayahnya? Jangan khawatir Yah, kami sudah merangkumnya untuk Ayah berikut ini.

Apa yang Dibutuhkan Anak-Anak Dari Ayah?

  • Anak Butuh Contoh Baik dari Ayah

Hal apa sih yang dibutuhkan anak-anak dari Ayah? Ya, salah satunya adalah contoh atau teladan yang baik. Pada awal tumbuh kembangnya anak-anak akan mencontoh apa saja yang orang tua lakukan, termasuk hal yang Ayah lakukan. Jadi, jangan heran jika suatu saat anak mencontoh gaya bicara Ayahnya, karena inilah cara anak-anak meniru orang tua mereka.

Itulah mengapa, anak-anak butuh contoh atau teladan yang baik dari Ayah Agar tumbuh menjadi anak yang bermoral baik. Terlebih bagi anak-laki-laki. Anak laki-laki sangat memerlukan teladan yang baik dari Ayah agar tumbuh menjadi laki-laki yang memiliki jiwa baik, sama seperti sosok Ayah.

  • Anak Butuh Ayah untuk Berkomunikasi

Kemampuan bahasa anak bukan hanya tanggung jawab Ibu, karena Ayah juga sangat berperan di dalamnya. Ayah dan Ibu memiliki cara berkomunikasi yang berbeda dengan anak-anak, khususnya saat anak-anak masih kecil.

Ibu biasanya berkomunikasi dengan cara memikirkan terlebih dahulu apa yang bisa dipahami anak-anak. Cara ini berbeda sekali dengan Ayah. Ayah cenderung berkomunikasi dengan bahasa yang lebih kompleks, cenderung meminta klarifikasi lebih banyak, serta memberi arahan dan referensi yang lebih banyak daripada Ibu.

Menurut penelitian, cara komunikasi yang digunakan oleh Ayah cukup penting, karena cara inilah yang akan digunakan oleh orang lain di luar sana kepada anak Anda. Sehingga, butuh peran Ayah dan Ibu untuk membuat anak siap menghadapi dunia.

  • Anak-Anak Butuh Latihan dari Ayah untuk Jadi Tangguh

Dunia memang keras, sehingga apa yang dibutuhkan anak-anak dari Ayah adalah latihan supaya menjadi tangguh. Menurut penelitian, semakin banyak waktu yang dihabiskan Ayah dengan anak-anaknya, semakin tinggi kepercayaan diri anak-anak.

Tak hanya itu, saat Ayah menghabiskan banyak waktu dengan anak, maka anak akan lebih mampu menghadapi stres karena hal tertentu. Anak-anak juga cenderung lebih bisa menghadapi ketakutan karena merasa aman dan terlindungi.

Lalu, bagaimana melatih anak agar menjadi anak tanggu? Cukup luangkan waktu berkualitas bersama anak-anak, sehingga anak-anak bisa belajar banyak hal dari Ayah.

  • Anak-Anak Butuh Ayah untuk Melengkapi Ibu

Sosok Ibu memang sangat berperan dalam tumbuh kembang anak. Tapi, sosok Ibu tentu tak bisa menggantikan kehadiran sosok Ayah. Itulah mengapa anak-anak membutuhkan sosok Ayah untuk menyempurnakan peran Ibu dalam keseharian.

Misalnya, Ayah yang banyak membantu Ibu dalam pekerjaan rumah, termasuk juga mengurus anak akan mengurangi stres yang dirasakan oleh Ibu. Sehingga tenaga Ibu akan kembali lagi di keesokan harinya untuk merawat anak-anak lebih baik.

Sosok Ayah yang membantu Ibu, membuat Ibu merasa lebih baik tentang semua hal, sehingga Ibu dan Ayah bersama-sama akan menjadi orang tua yang lebih baik.

Beberapa hal yang bisa Ayah bantu adalah ikut membacakan dongeng sebelum tidur untuk anak-anak, mengantar anak ke sekolah, atau ikut membantu menyuapi anak saat Ibu sedang sibuk di dapur.

  • Anak-anak Butuh Didengar oleh Ayah

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga butuh didengar. Tidak hanya oleh Ibu, tapi juga oleh Ayah. Ketika Ayah mendengarkan, anak-anak merasa Ayah sangat mencintai dan perduli pada mereka.

Selain itu, Ayah yang mendengarkan anak-anak dan terjun langsung pada masalah yang dihadapi akan membuat ruang penting bagi perasaan anak-anak. Pada kondisi seperti ini Ayah bisa mengajarkan pada anak bahwa merasa sedih, marah, kecewa, atau kalah adalah hal wajar dan hal yang tidak akan dihakimi oleh Ayah. Mendengarkan anak-anak sebenarnya jauh lebih penting dari memberikan apapun yang mereka inginkan.

  • Anak Butuh Ayah untuk Menenangkan

Apa yang dibutuhkan anak-anak dari Ayah selanjutnya adalah ketenangan yang dimiliki oleh Ayah. Ya, Ayah memang sosok yang dianggap cukup menenangkan selain Ibu. Sehingga, saat Ayah mengatakan “Semuanya akan baik-baik saja”, itulah saat yang paling menenangkan bagi anak. Karena anak-anak tahu betul bahwa Ayah bisa memperbaiki situasi sulit yang sedang dialami oleh anak.

  • Anak Butuh Ayah Sebagai Sumber Kebijaksanaan

Ayah adalah sosok yang tahu apa yang tepat bagi anak-anak, termasuk saat anak memilih teman. Ayah akan menyaring mana yang baik dan mana yang memiliki pengaruh buruk bagi anak-anak. Ayah melakukan ini semua tanpa pamrih dan mengesampingkan keinginan mereka sendiri. Inilah yang dibutuhkan oleh anak-anak dari sosok Ayah.

Sosok Ayah memang sangat berperan dalam kehidupan anak-anak. Untuk itu, sebagai Ayah harus tahu benar apa yang dibutuhkan anak-anak dari Ayah. Beberapa daftar di atas bisa digunakan sebagai referensi agar para Ayah bisa memberikan apa yang paling dibutuhkan oleh anak-anak.

Baca Juga:

  1. Jadi “Ibu Peri” untuk para Ibu Baru, Para Ayah Juga Bisa, Loh!
  2. Menjadi Ayah Idola Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *