Banner Header Komunitas SOP

Hobi Untuk Meredakan Stress

Browse By

Masa pandemi yang panjang ini tentunya membuat siapa saja merasa lelah, khususnya kelelahan secara mental. Stres hingga depresi sangat mungkin dialami oleh kebanyakan orang. Bagaimana tidak, penerapan PSBB dan social distancing membuat siapa saja seakan terkurung sendirian.

Meskipun, banyak yang menyarankan untuk tetap berkomunikasi melalui berbagai media virtual, namun karena pada dasarnya kita makhluk sosial yang sangat bergantung pada orang lain, komunikasi virtual saja dirasa kurang cukup. Alhasil, banyak yang mulai stres selama berada di rumah.

Bagaimana cara mengatasi stres akibat pandemi ini?

Dulu, sebelum ada pandemi kita bisa saja jalan ke mall, atau pergi ke luar kota untuk mengurangi stres akibat pekerjaan. Namun,kegiatan ini tentu sudah tidak bisa kita lakukan di masa pandemi. Nah untuk mengakalinya, ada satu cara jitu, yaitu dengan melakukan hobi.

Ya, hobi yang sebelumnya mungkin anda tinggalkan karena kesibukan , kini bisa anda lakukan kembali dengan lebih leluasa, dan tentu saja dengan manfaat yang lebih di masa pandemi ini.

Benarkah melakukan hobi dapat membantu mengurangi stres?

Ya, penelitian di Inggris membuktikan bahwa depresi dan stres dapat dikurangi dengan melakukan hobi tertentu.Adalah para peneliti dari Universitas College London, yang menemukan fakta tersebut.

Peneliti mengungkapkan bahwa dengan melakukan hobi tertentu, maka dapat menurunkan tingkat depresi sebesar 30%, serta menurunkan gejala depresi yang dialami oleh pria dan wanita. Tak hanya itu, bagi seseorang yang sebelumnya belum memiliki hobi dan kemudian mengambil hobi tertentu, maka tingkat depresi bisa berkurang hingga 32%.

Benarkah hobi bisa menghilangkan stres?

Hobi apa saja yang membantu mengurangi stres dan depresi?

Menurut peneliti, hobi yang menawarkan kesempatan untuk menjadi kreatif, mengekspresikan diri dan bersantai sangat baik untuk mengurangi tingkat stres dan depresi. Misalnya saja hobi bermusik, menjahit, menggambar, membuatbuilding blocks atau berkebun.

Apakah hobi harus dilakukan bersama orang lain?

Menyenangkan memang jika bisa melakukan hobi berkebun atau bermusik bersama dengan teman satu geng. Namun, di masa pandemik saat ini tentunya tidak mungkin. Nah, para peneliti menyebutkan bahwa temuan sementara menunjukkan bahwa melakukan hobi untuk mengurangi stres dan depresi sebenarnya tidak bergantung pada interaksi sosial. Namun tentunya diperlukan penelitian selanjutnya terkait hal ini.

Jadi, hobi apa nih yang kira-kira ingin Anda lakukan di masa pandemik ini untuk mengurangi stres? Mungkinkah Anda ingin melakukan hobi baru yang dirasa lebih menarik?

Apapun hobi yang Anda pilih, yuk kita lakukan hobi dengan senang hati agar stres dan depresi berkurang.

Baca Juga:

  1. Depresi Pada Orangtua akan Berdampak Buruk Pada Anak
  2. Cabin Fever Tidak akan Menyerang, Ini Syaratnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *