Banner Header Komunitas SOP

Meditasi, Pentingnya Apa Sih?

Browse By

Mendengar kata meditasi mungkin kita berpikir tentang kegiatan menyendiri sambil memejamkan mata dalam waktu beberapa lama. Benarkah pemahaman ini?

Apa itu Meditasi?

Meditasi sendiri merupakan aktivitas mengistirahatkan pikiran dan mengalihkan kesadaran ke tingkat kesadaran yang berbeda. Melalui meditasi, kita akan melampaui pikiran kritis dan mengalami rasa damai, kebahagiaan, atau mencari kejelasan dari kebijaksanaan batin. 

Apa sih Pentingnya Meditasi?

Selama ini mungkin kita sempat berpikir bahwa meditasi hanya bagi mereka yang memiliki banyak waktu luang, sehingga bisa berdiam diri cukup lama untuk bermeditasi. Namun sebenarnya, meditasi cukup penting bagi kita semua, terutama bagi kita yang sangat sibuk menjalani kegiatan sehari-hari. Beberapa hal penting terkait meditasi yaitu:

  • Mengurangi stres atau menurunkan tekanan darah

Inilah fungsi utama dalam meditasi yang perlu kita ketahui bersama.

  • Menurunkan tingkat kecemasan.

Jika kita belakangan ini merasakan kecemasan, maka tak ada salahnya melakukan meditasi untuk mengurangi kecemasan yang ada.

apa itu meditasi?

  • Meningkatkan kesadaran diri

Meditasi juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran diri dan sedikit menekan ego seseorang.

  • Meningkatkan kesabaran dan toleransi

Terlalu emosi menghadapi kehidupan ini? Sebaiknya lakukan meditasi untuk meningkatkan kesabaran dan toleransi terhadap sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita. Inilah hal penting lainnya yang bisa kita peroleh dari bermeditasi.

  • Merubah sudut pandang kita menjadi lebih positif

Mungkin selama ini kita sering berprasangka buruk atau berpikir negatif tentang banyak hal. Nah, melakukan meditasi bisa sedikit banyak mengubah sudut pandang kita tentang sesuatu menjadi lebih positif. Semua ini dilakukan tanpa pengaruh dari obat-obatan dan hanya melakukan meditasi.

  • Meningkatkan fokus dan mempertajam ingatan

Entah karena bertambahnya usia atau karena banyak hal yang dipikirkan, seringkali kita tak bisa fokus dan sering pelupa. Meditasi bisa menjadi salah satu jalan keluar untuk meningkatkan fokus dan mempertajam ingatan kita. 

  • Meningkatkan kualitas tidur

Rasa lelah, stres sangat mungkin membuat kita tak bisa tidur dengan nyaman. Nah, meditasi bisa membuat kualitas tidur kita terjaga dengan baik. 

  • Membantu mengendalikan rasa sakit

Sebuah studi dilansir dari Natural Institute of Health menemukan fakta bahwa meditasi mampu mengurangi keluhan seseorang tentang rasa sakit.

Tentunya masih banyak sekali manfaat dan hal penting lainnya terkait meditasi. Jadi, apakah Anda mulai tertarik dengan meditasi ini?

Baca Juga:

  1. Kesehatan Mental Terhubung dengan Kesehatan Fisik?
  2. Benarkah Sedih itu Tidak Sehat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *