Family Health Ibu Mom's Corner

Tiga Masalah Kecantikan Disebabkan oleh Ponsel

Di era digital seperti ini, hampir setiap orang tidak bisa menjauhkan diri dari ponsel mereka. Di mana pun mereka berada, ponsel selalu ada di samping mereka. Saat tak membawa ponsel, rasanya seperti ada yang kurang. Inilah yang dirasakan hampir semua orang.

Meskipun belum masuk pada kecanduan gadget akut, terlalu sering menggunakan ponsel juga akan berpengaruh pada kecantikan Anda. Ini dia tiga masalah kesehatan yang disebabkan oleh terlalu sering menggunakan ponsel.

1.      Jerawat

Pakar Dermatologi di Mount Sinai Hospital, Joshua Zeicher, mengemukanan bahwa ponsel memiliki bakteri yang jauh lebih banyak daripada toilet umum. Bakteri tersebut kemudian terpapar ke wajah ketika Anda melakukan panggilan telepon. Kemudian bakteri tersebut akan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat.

Solusinya, pastikan Anda membersihkan ponsel sebanyak dua kali sehari untuk membunuh bakteri pada ponsel. Bersihakn ponsel dengan tissue basah yang mengandung alkohol. Solusi lainnya, gunakan headset ketika melakukan panggilan telepon.

2.      Flek Hitam

Cahaya biru atau bluelight serta panas yang terpancar dari ponsel bisa menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi. Proses hiperpigmentasi ini menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam pada wajah. Untuk mengurangi dampak negatifnya, perbanyak konsumsi vitamin C dan Vitami E yang dapat memudarkan flek hitam. Selain itu, jangan lupa memakai serum dan tabir surya untuk mengoptimalkan perawatan wajah.

3.      Penuaan Dini

Sinar ponsel yang terlalu terang dapat menghambat proses produksi kolagen pada tubuh. Kurangnya produksi kolagen dapat mempercepat proses penuaan. Tak hanya daerah sekeliling mata saja yang bisa keriput, tetapi leher pun akan lebih cepat keriput. Untuk mencegah hal tersebut, gunakan ponsel dengan postur tubuh yang tegap. Selain itu, jangan lupa untuk mengoleskan krim retinoid untuk menyamarkan keriput halus pada wajah. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang membantu meningkatkan produksi kolagen pada tubuh.

Itulah tiga masalah kecantikan yang akan timbul ketika Anda terlalu sering menggunakan ponsel. Ada baiknya batasi penggunaan ponsel. Selain dapat menimbulkan masalah kecantikan, radiasi ponsel juga bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *