Banner Header Komunitas SOP

Jerawat Karantina, Duh Apalagi Ini?

Browse By

Selama ini kita mengenal berbagai macam tipe jerawat. Mulai dari jerawat batu yang berukuran besar, hingga jerawat “nasi” (whitehead) yang berukuran sangat kecil dan biasanya muncul di hampir seluruh permukaan wajah. 

Nah, ternyata selama masa karantina ini, banyak orang yang mengeluhkan munculnya jerawat di wajah yang sebelumnya tidak ada masalah dengan jerawat. Ada pula yang mengeluhkan jerawat yang menjadi lebih banyak dari biasanya. Ini disebut sebagai “jerawat karantina”.

Apa itu Jerawat Karantina?  

Jerawat karantina adalah jerawat yang muncul selama kita menjalani masa karantina wilayah alias #dirumahsaja karena pandemi COVID-19. Jika kita menganggap bahwa dengan tidak menggunakan make up saat di rumah saja akan membuat kulit wajah lebih sehat, maka anggapan tersebut salah besar. Ada beberapa alasan kenapa selama karantina ini ada banyak keluhan jerawat yang bermunculan di wajah orang-orang.

Alasan Utama Munculnya  Jerawat Karantina!

1.Stres

Jerawat karantina biasanya muncul karena kondisi stres yang kita alami. Peningkatan kadar kortisol mendorong kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak minyak. Produksi minyak berlebih inilah yang membuat kita memiliki lebih banyak jerawat. 

Untuk mengurangi jerawat karantina ini, maka penting untuk mengurangi stres selama masa karantina. Olahraga secara teratur seperti meditasi dan yoga dapat membantu mengurangi stres. Mendengarkan musik juga bukan ide yang buruk untuk mengurangi stres.

kenapa sering berjerawat saat karantina?

2. Banyak Mengkonsumsi Junk Food

Masa karantina membuat sebagian orang lebih banyak mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food. Alasannya mungkin karena kurang bisa memasak atau tidak sempat memasak karena harus membagi waktu untuk WFH (Work From Home). 

Nah, makanan cepat saji yang tinggi kalori inilah yang seringkali memicu munculnya jerawat. Terlebih jika tidak diimbangi mengkonsumsi banyak air putih. Misalnya sering mengkonsumsi soda atau kopi. 

Maka dari itu penting sekali mengurangi konsumsi makanan cepat saji selama karantina ini. Perbanyak sayur dan buah adalah cara yang tepat untuk mengurangi jerawat karantina ini.

3. Kurangnya Vitamin D

Terlalu banyak berada di rumah membuat kita tidak terpapar sinar matahari yang mengaktivasi vitamin D. Padahal vitamin D ini sangat baik untuk menutrisi kulit dan mencegah timbulnya berbagai masalah kulit. Maka penting sekali untuk tetap berada di bawah sinar matahari secara rutin di pagi hari agar kulit kita tetap mendapatkan vitamin D, sehingga terhindar dari jerawat karantina.

4. Malas Membersihkan Wajah

Terlalu sering berada di rumah dan mengurangi penggunaan make up mungkin saja membuat kita jadi malas membersihkan wajah. 

Seringkali  karena tidak menggunakan make up, kita menganggap bahwa wajah sudah bersih. Padahal tidak demikian. Meskipun kita tidak menggunakan make up selama masa karantina, membersihkan wajah itu tetap kewajiban. 

Melakukan perawatan kulit wajah sangatlah penting di masa pandemi sekarang ini. Tujuannya untuk menghindari jerawat karantina yang mungkin saja muncul karena beberapa alasan di atas. Semoga tips di atas membuat kulit Anda semakin sehat.

Baca juga:

  1. Produk Skincare Tidak Cocok? Jangan Dibuang!
  2. Kapan Waktu Tepat Mengenalkan Skincare Pada Anak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *