Balita Mom's Corner Parenting

Quality Time Activity : Peluit Lidah Bentuk Gajah

Mau buat apa bersama anak di liburan kali ini parents? Sudahkah ada bayangan? Kalau belum, yuk kita buat mainan sederhana bersama dengan anak. Mainan ini bernama “Peluit Lidah Bentuk Gajah”. Jika Parents biasanya melihat peluit lidah di pesta-pesta ulang tahun hanya berbentuk persegi panjang. Kali ini kita akan mengkreasikannya dengan bentuk hewan gajah. Selain untuk bermain, bisa juga untuk mengenalkan anak pada hewan dengan belalai panjang ini.

Nah, apa saja bahan-bahan dan bagaimana cara membuatnya?

Bahan-bahan peluit:

? Kertas lipat aneka warna

? Kertas putih polos (bisa kertas HVS)

? Sedotan

? Pencil / spidol hitam

? Lem kertas

? Gunting

Cara Membuat :

? Siapkan kertas lipat dan gunting berbentuk persegi panjang, sisihkan. Kertas ini akan berfungsi sebagai belalai Gajah.

? Gambar pola 2 lingkaran pada kertas HVS. Jangan lupa untuk memberi gambar bola mata pada masing-masing pola lingkaran. Lalu potong pola tersebut untuk mata Gajah, sisihkan

? Gambar pola segitiga sama kaki pada kertas HVS untuk gading Gajah. Potong dan sisihkan.

?Siapkan kertas lipat lainnya, kemudian gunting kertas melintang sehingga Anda mendapatkan kertas berbentuk segitiga sama kaki sejumlah 2 lembar.

? Rekatkan salah satu sudut segitiga yang tidak memiliki sisi yang sama dengan lem kertas. Lakukanlah hal yang sama dengan kertas segitiga lainnya.

? Letakkan sedotan tepat di tengah sudut segitiga yang dilipat tadi, kemudian berturut-turut tumpuklah dengan kertas persegi panjang dan kertas segitiga lainnya.

? Lipat sudut segitiga sama kaki tersebut hingga berbentuk telinga gajah, jangan lupa untuk merekatkannya dengan lem kertas.

? Tempel mata dan gading Gajah

? Gambar garis-garis pada belalai Gajah, lalu gulung belalai tersebut dengan pensil

? Peluit lidah berbentuk Gajah siap dimainkan

Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti tutorial berikut ini:

Seperti aktivitas #QualityTime yang lain, aktivitas kreatif ini bisa dilakukan bersama si kecil. Parents bisa meminta anak untuk menempelkan mata, dan gading Gajah. Juga bisa meminta anak untuk menggulung belalai gajah. Kegiatan ini sangat baik untuk mendukung perkembangan motorik halus anak.

Tak hanya itu, peluit lidah berbentuk gajah ini bisa digunakan untuk menstimulasi bicara anak, yaitu dengan memperkuat otot lidah dan mulut. Sembari melakukan aktivitas fisik ini, Parents juga bisa bercerita tentang gajah untuk mengenalkan anak. Bahan yang digunakan untuk membuat peluit ini juga sangat sederhana dan bisa mudah dijumpai di rumah.

Selamat Mencoba

Baca juga yuk artikel lainnya:

  1. Quality Time Activity : Buah Gulung, Camilan Sehat untuk Anak
  2. Quality Time Activity : Bola Hadiah jadi Bola Kejutan
  3. Trik Sederhana Untuk Menstimulasi Bicara Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *