Banner Header Promo OVO SOP

Menjadi Ayah Idola Anak

Browse By

Menjadi ayah yang harus bekerja seharian di kantor terkadang bisa menimbulkan jarak bagi keluarga. Terlebih, jika ayah bekerja di luar kota. Waktu bersama keluarga pun menjadi sangat langka. Mungkin hanya satu minggu sekali atau bahkan satu bulan sekali.

Bagaimana caranya bisa dekat dengan anak? Bagaimanapun, sebagai seorang ayah, Anda tentu ingin mendapat tempat di hati si kecil. Apa pun kendalanya, keluarga bagi seorang ayah tetaplah menjadi yang pertama. Lalu, bagaimana cara menjadi ayah idola bagi anak?

1. Kenali Dunia Anak

Jika ingin menjadi teman yang baik untuk anak, kenalilah dunia mereka. Anak-anak mempunyai pola pikir yang jauh berbeda dengan orang dewasa. Mereka menciptakan dunia mereka sendiri yang kadang tidak bisa dimengerti oleh orang tua.

Meski begitu, cobalah untuk masuk ke dunia mereka. Ketika pulang kerja dan mendapati anak bermain dengan mainannya, mendekatlah dan ikut bergabung. Minta anak bercerita tentang mainannya.

2. Luangkan Waktu untuk Dihabiskan Bersama Anak

Ayah memang punya tugas untuk menafkahi keluarga. Bisa jadi, satu hari penuh waktu ayah dihabiskan untuk pekerjaan. Hanya saja, ayah tetap harus punya waktu untuk keluarga. Cobalah untuk meluangkan waktu khusus. Misalnya, saat pulang kerja, weekend, atau yang lainnya.

Kapan pun Anda punya waktu luang, manfaatkan waktu tersebut untuk lebih dekat dengan anak. Percayalah bahwa keluarga adalah tempat terbaik untuk melepas segala penat yang Anda rasakan. Di rumah, akan selalu ada orang-orang yang menanti kedatangan ayah.

3. Beri Cinta tak Bersyarat

Sama seperti keluarga pada umumnya, hubungan dengan keluarga tidak selalu harmonis. Setiap keluarga pasti pernah berkonflik. Di saat seperti inilah Anda harus berperan sebagai kepala keluarga. Berikan cinta tak bersyarat untuk anak dan istri.

Saat ada masalah tentang pekerjaan atau hal lain,jangan terbawa emosi dan melampiaskannya kepada keluarga. Sering-seringlah berdiskusi dengan istri tentang bagaimana seharusnya menjadi ayah yang baik. Bagaimana pun, Anda dan istri adalah sosok yang paling berperan bagi anak.

4. Ikut Berperan di Sekolah Anak

Tidak hanya Ibu saja yang bertugas untuk mengurus sekolah anak. Ayah juga harus mengambil peran dalam hal sekolah. Tidak ada salahnya mencari tahu perkembangan anak di sekolah. Sesekali usahakan Ayah juga bisa datang ke pertemuan orangtua dan guru.

Ayah yang mendukung sekolah anak akan menyumbangkan semangat yang luar biasa bagi anak. Mereka akan merasa didukung oleh kedua orangtuanya. Semangat untuk belajar dan menjadi lebih baik pun akan tumbuh dalam diri anak.

5. Konsisten

Sebagai orangtua, kita tidak boleh plin-plan atau bertindak sesuka hati. Mendidik anak harus konsisten. Jika Anda menetapkan peraturan di dalam rumah, bukan hanya anak dan istri yang harus mematuhinya, tetapi juga ayah.

Menjadi orangtua yang baik tidak cukup hanya berpendidikan dan berwawasan yang luas atau berpenghasilan yang tinggi. Menjadi orangtua yang baik adalah selalu ada waktu untuk keluarga dan bisa menjadi panutan untuk anak-anak.

Semoga artikel ini bisa membantu ayah dan ibu untuk menjadi yang terbaik bagi anak, ya. Simak artikel tentang parenting dan pendidikan di website ini.

Baca Juga:

Hal Sederhana yang Paling Diinginkan Istri dari Suaminya

Hal Sederhana yang Membuat Suami Bahagia

Tiga Hal untuk Dikatakan pada Anak Setiap Hari

Rekomendasi Kelas Online Bersama Ahli : Alfiana Indah, M, M.Psi., Psikolog

Kerjasama Dalam Pengasuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *