× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Selamat Tinggal Rasa Cemas

16 November 2020

Ada banyak hal yang kita khawatirkan setiap hari. Keluarga, kesehatan, karir, atau teman. Jika Anda adalah tipe orang yang sering cemas, maka Anda akan mudah merasakan kecemasan yang tinggi dari waktu ke waktu. Apalagi jika Anda adalah seorang ibu. Banyak hal yang memicu kecemasan sebagai seorang Ibu. Beberapa pemicu kecemasan berikut ini mungkin pernah Anda rasakan: 

6 Pemicu Kecemasan saat Menjadi Ibu:

  1. Apakah aku telah melakukan hal benar?
  • “Bagaimana aku bisa tahu bahwa yang aku lakukan adalah benar ketika Ibu lain melakukan hal yang sama dengan cara yang berbeda?”
  • “Apakah boks bayi ku aman?”
  • “Haruskah aku mulai memberi bayi ku susu formula?” 
  • “Kapan sebaiknya aku menyapihnya? Setelah ulang tahunnya yang pertama atau sekarang saja?”

Semua pertanyaan di atas seringkali memicu kecemasan seorang Ibu. Biasanya, Ibu akan memvalidasi dan meyakinkan diri bahwa mereka tidak melakukan hal yang salah dalam mengasuh anak. Hal ini wajar dialami Ibu, namun perlu diingat bahwa Ibu tidak perlu membandingkan pola asuh mereka dengan Ibu lainnya. Sebab, setiap Ibu memiliki kondisi dan situasi yang berbeda, pun dengan anak-anak yang berbeda.

Bisa jadi karena ASI Ibu tidak mencukupi, ia mulai memberikan tambahan susu formula untuk bayinya. Namun, kondisi ini belum tentu berlaku untuk Ibu lainnya. Maka, selalu pastikan kebutuhan Ibu dan anak terlebih dahulu, baru putuskan mana yang terbaik untuk keduanya.   

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket