Banner Header Komunitas SOP

Pilih Miniset atau Bra?

Browse By

“IIhhhh Mama, aku gak mau pakai miniset ini soalnya gatel tau!”

“Pokoknya, aku gak mau pakai bra yang ini Mah, soalnya payudaraku terlihat lebih besar dari teman-teman kan malu!”

Familiar kan dengan rengekan seperti ini? Bagi anak-anak perempuan yang baru saja masuk masa pubertas tentu saja mengalami banyak sekali perubahan dalam dirinya. Salah satu perubahan yang cukup menonjol adalah mulai tumbuhnya payudara.

Meskipun hal ini nampak wajar bagi orang dewasa, namun tidak demikian bagi anak perempuan yang baru saja memasuki masa pubertas, khususnya saat payudara mulai tumbuh. 

Pada masa ini, anak perempuan Anda mulai harus mengenakan bra atau biasanya pada masa awal pertumbuhan payudara anak-anak masih menggunakan miniset

Sayangnya, mungkin karena belum terbiasa banyak anak-anak yang mengeluh merasakan gatal pada bagian punggung karena mengenakan miniset tersebut. Lalu, sebaiknya menggunakan miniset atau menggunakan bra sih?

Pilih Miniset atau Bra untuk Anak yang Beranjak Remaja?

Dilansir dari hellosehat, saat anak perempuan memasuki usia sekitar 8-12 tahun maka payudaranya sudah mulai tumbuh. Kemungkinan Anda akan melihat puting dan payudara anak mulai membesar. Nah pada masa ini, sebaiknya Anda meminta anak untuk menggunakan miniset agar ia mulai beradaptasi menggunakan bra nantinya. 

Apa sih Miniset itu?

Miniset merupakan semacam bra tanpa busa dan tanpa kawat. Biasanya, miniset digunakan dengan cara seperti kaos dalam biasa dengan karet tebal yang digunakan untuk menyangga payudara anak. Namun, model miniset anak ini bermacam-macam di pasaran. 

Penting bagi Anda untuk membantu anak memilih miniset yang paling pas dan nyaman digunakan oleh anak. Sebaiknya, gunakan miniset dengan kain yang cukup tebal untuk menutupi puting anak yang mulai tampak membesar. 

Kapan Anak Menggunakan Bra?

Pada awal masa pertumbuhan payudara, anak memang perlu menggunakan miniset, tapi saat masa pubertas telah lewat maka sebaiknya arahkan anak untuk mulai menggunakan bra. Sebaiknya, mulai arahkan anak menggunakan bra saat usianya 13 tahun. 

pilih bra atau miniset untuk awal puber?

Apa saja yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Bra Anak?

Setelah anak memasuki usia 13 tahun ke atas, maka payudara anak mulai berisi, sehingga penting bagi orangtua untuk memilihkan bentuk bra yang sesuai dan yang paling nyaman dipakai oleh anak. 

Sebaiknya perhatikan tali bra dan jumlah pengait pada bra. Beberapa bra di pasaran memiliki jenis tali dan pengait yang berbeda-beda. Ada jenis bra dengan tali yang cenderung kecil dan hanya menggunakan 2 buah pengait. 

Tapi, ada juga jenis bra yang menggunakan tali lebih besar dengan menggunakan 3 buah pengait. 

Sebaiknya, perhatikan juga ukuran payudara dan lingkar dada anak lalu sesuaikan dengan ukuran bra yang Anda beli. Jangan sampai, ukuran bra lebih kecil daripada lingkar dada atau payudara anak, karena akan sangat tidak nyaman saat digunakan oleh anak. 

Jangan lupa perhatikan juga bahan atau jenis kain dari bra yang akan Anda beli untuk anak. Sebaiknya pilihlah jenis kain bra yang cukup nyaman dan tidak menimbulkan panas atau gatal. Jangan lupa untuk memperhatikan aksesoris seperti renda atau manik-manik pada bra anak karena kemungkinan juga akan menyebabkan rasa gatal pada kulit anak. 

Tak hanya itu loh, saat memilih bra untuk anak perhatikan juga busa pada bra tersebut. Beberapa bra di pasaran memiliki busa yang sangat tebal, namun ada juga yang memiliki busa yang cukup tipis. Sebaiknya pilih bra dengan busa yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kenyamanan anak. 

Hal yang paling penting dalam memilihkan miniset atau bra untuk anak di awal masa remaja adalah seberapa nyaman ia mengenakannya. 

Sebaiknya, hindari memaksa anak memakai miniset dengan bentuk-bentuk yang lucu jika memang anak lebih nyaman mengenakan miniset dengan bentuk yang sederhana atau design polos. Begitupun dengan bra yang ia kenakan. 

Perhatikan tali, karet, pengait, jenis kain, ukuran cup dan ukuran lingkar dada saat Anda membantu anak memilih miniset dan bra. Di banyak toko maupun counter pakaian dalam ,asisten toko dapat membantu anda untuk memilih ukuran dan bahan yang tepat. 

Baca juga:

  1. Remaja Makin Konsumtif? Bagaimana Solusinya?
  2. Siap-Siap! Ini yang Akan Dialami Anak Saat Puber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *