Banner Header Komunitas SOP

Aturan Smartphone Bagi Orangtua di Era Digital

Browse By

Memiliki smartphone di era digital saat ini memang merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda. Tak dipungkiri memang, melalui smartphone kehidupan kita sehari-hari menjadi lebih mudah. 

Bayangkan saja, hanya dengan satu atau dua jentikan jari segala hal yang diperlukan bisa dibeli tanpa harus repot untuk pergi ke luar rumah. Apalagi bagi Parents yang sangat sibuk mengurus dan merawat anak, keberadaan smartphone dianggap sebagai salah satu penolong di kala genting. 

Meskipun dianggap sangat penting, keberadaan smartphone bukanlah sebagai pengganti anak-anak. Ingat, bukan hanya anak saja yang perlu membatasi penggunaan smartphone. Orangtua juga sangat perlu membatasi penggunaan smartphone ini setiap harinya. 

Nah, aturan smartphone di era digital berikut ini seharusnya Anda terapkan setiap hari sebagai orangtua loh!

Aturan Smartphone Bagi Orangtua di Era Digital

  • Lihat Pada Anak Saat Mereka Bicara, Bukan Pada Layar Smartphone

Aturan smartphone pertama yang perlu dipatuhi orangtua adalah dengan melihat pada anak saat mereka sedang bicara dan bukan terpaku pada layar smartphone. Hal inilah yang seringkali terlupakan oleh kebanyakan orangtua milenial di luar sana.

  • Ikuti (follow) Anak-Anak Di Medsos

Siapa sih yang tidak memiliki akun medsos sama sekali di era digital saat ini? Hampir semua orang termasuk anak-anak tentu memiliki medsos. 

Untuk itu, jangan lupa gunakan smartphone Anda untuk mengikuti akun medsos anak-anak. Tujuannya untuk mengawasi anak-anak melalui media sosial. Inilah aturan lain yang perlu diikuti oleh orang tua terkait dengan smartphone.

  • Letakkan Smartphone Saat Bermain dengan Anak

Aturan lainnya yang perlu diikuti orang tua saat menggunakan smartphone adalah meletakkan smartphone ketika bermain dengan anak. Gunakan waktu bermain hanya untuk bermain tanpa gangguan smartphone.

  • Gunakan Smartphone sebagai Salah Satu Media Belajar Anak-Anak

Smartphone di era digital saat ini seharusnya digunakan secara bijak. Salah satu hal bijak yang bisa dilakukan orang tua terkait penggunaan smartphone adalah dengan menggunakan smartphone sebagai salah satu sarana belajar bagi anak. 

Aturan smartphone untuk orang tua

  • Hindari Menjawab, Email, Telepon, Pesan Singkat Saat Waktu Makan

Aturan lainnya yang perlu dipatuhi orangtua dalam menggunakan smartphone adalah hindari menjawab email, telepon atau pesan singkat saat waktu makan. Tujuannya agar, waktu makan hanya digunakan untuk bercengkrama bersama anak-anak dan pasangan, dan bukan untuk mengurus pekerjaan kantor melalui layar smartphone

  • Hindari Menggunakan Smartphone saat Berjalan Bersama Anak

Hayo, siapa nih yang masih saja menggunakan smartphone saat sedang berjalan bersama anak? Jika Anda salah satunya, maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini. Waktu kebersamaan bersama anak seharusnya digunakan secara maksimal tanpa gangguan dari smartphone.

  • Kirim Pesan Singkat Untuk Anak

Aturan lain yang seharusnya dipatuhi oleh orang tua terkait penggunaan smartphone adalah kirimlah pesan singkat untuk anak-anak secara rutin. Meskipun pesan tersebut tidak terlalu penting, tapi perhatian Andalah yang dinilai oleh anak-anak. 

  • Lakukan Video Call saat Jauh Dari Anak

Aturan lainnya yang seharusnya dipatuhi oleh orang tua adalah menggunakan smartphone sebagai media komunikasi dengan anak-anak. Salah satunya adalah dengan melakukan video call saat berada jauh dari anak-anak. 

  • Letakkan Smartphone saat Anak-Anak Membutuhkan Anda

Sesibuk apapun Anda dengan smartphone setiap harinya, namun usahakan untuk meletakkan smartphone saat anak-anak sedang membutuhkan perhatian lebih dari Anda.

  • Batasi Penggunaan Smartphone Agar Ingatan Anak Tentang Anda Bukan Melulu Saat Anda Menggunakan Smartphone 

Aturan lainnya yang perlu dipatuhi oleh setiap orang tua saat menggunakan smartphone adalah batasi penggunaan smartphone tersebut setiap hari. Ingat bahwa kebersamaan dengan anak-anak jauh lebih penting daripada kebersamaan dengan smartphone Anda. 

Baca juga:

  1. Smartphone “Kontrak” untuk ABG
  2. Aturan Ponsel ini, Cocok untuk Suami-Istri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *