Banner Header Komunitas SOP

Aturan Ponsel Ini, Cocok untuk Suami-Istri

Browse By

Teknologi, khususnya ponsel memang sangat membantu kehidupan kita saat ini. Hampir-hampir, kita bahkan tidak bisa hidup tanpa ponsel, karena banyak kebutuhan hidup yang bisa dipenuhi melalui media yang satu ini. Misalnya saja memesan makanan atau transportasi secara online. Hanya dengan “klik-klik” berapa kali kebutuhan akan makanan dan transportasi sudah bisa dipenuhi.

Meskipun memiliki segudang manfaat, nyatanya ponsel juga memiliki banyak efek buruk, khususnya berkaitan dengan hubungan suami istri. Bagaimana tidak, banyak dari pasangan diluar sana yang mengeluh memiliki masalah perselingkuhan hanya karena “ponsel”. Ya, nyatanya banyak orang yang menggunakan “ponsel” untuk berselingkuh atau main serong, hingga merusak hubungan pernikahan yang sudah lama terjalin.

Alasannya klise, karena awalnya hanya ingin menyapa mantan atau kawan lama. Tapi, semua berubah menjadi perselingkuhan yang merusak mahligai pernikahan. Duh… apakah kita tidak boleh menggunakan ponsel nih?

Tenang, Anda tidak perlu meninggalkan ponsel selamanya kok. Cukup buat aturan pasti penggunaan ponsel saat bersama pasangan, seperti beberapa aturan berikut ini:

Aturan Penggunaan Ponsel Saat Bersama Pasangan:

  • Katakan Apa yang Dilakukan dengan Ponsel Anda

Beberapa pasangan mungkin cukup curiga dengan aktivitas Anda melalui ponsel. Nah daripada membuatnya penasaran, bertanya-tanya hingga “kepo” berlebihan, katakan saja apa yang sedang Anda lakukan.

Contohnya Anda sedang melakukan perbincangan bisnis melalui grup kantor, atau hanya sedang iseng mencari baju secara online. Jika sudah tahu, pasangan tidak akan curiga lagi pada Anda. sehingga pertengkaran pun bisa dengan mudah dihindari.

  • Jauhkan Ponsel Saat Sedang Bersama

Penting bagi kedua pasangan untuk memiliki quality time bersama, sehingga keharmonisan rumah tangga tetap terjaga. Untuk itu, jauhkan ponsel saat Anda dan pasangan sedang bersama. Saat berada di tempat tidur, atau misal saat mengobrol santai di teras atau saat sedang berada di dalam mobil bersama.

  • Hindari Bermain Medsos atau Game Saat Bersama

Sebaiknya, jika bukan masalah yang sangat penting, jangan bermain ponsel saat bersama pasangan. Seperti bermain ponsel hanya untuk scroll di medsos, atau hanya untuk melanjutkan permainan game yang tadi malam tertunda. Lebih baik Anda menggunakan waktu berharga untuk bertukar pikiran dengan pasangan membahas berbagai urusan rumah tangga.

  • Batasi Komunikasi dengan Teman Lawan Jenis

Menurut Zack Carter, Ph.D, seorang asisten profesor komunikasi di Taylor University, Indiana, AS, yang dilansir dari parenting.co.id, sebaiknya jika Anda merasakan adanya tarikan seksual atau emosional kepada lawan jenis khususnya saat berkomunikasi melalui ponsel, maka segera hentikan kegiatan ini.

Pasalnya, hal ini akan membuat Anda dan pasangan semakin menjauh, karena adanya ketertarikan emosi atau seksual dari orang ketiga.

  • Jauhi Bertengkar Lewat Ponsel

Bertengkar atau beradu argumen melalui ponsel sungguh tidak ada manfaatnya. Disamping akan menambah emosi di antara kedua pasangan, masalah yang sedang diributkan pun sulit untuk diselesaikan. Untuk itu sebaiknya, komunikasikan segala sesuatu dengan cara bertatap muka secara langsung.

aturan ponsel untuk suami istri

  • Hubungi Pasangan Kembali Jika Anda Melewatkan Teleponnya

Beberapa dari Anda mungkin pernah melewatkan telepon pasangan karena sedang rapat atau bertemu klien. Untuk itu, daripada memicu keributan segera hubungi pasangan kembali setelah urusan Anda dengan pekerjaan selesai. Cara ini ditempuh agar pasangan juga tidak khawatir jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada Anda.

  • Tidak Perlu Overprotektif

Mungkin Anda termasuk orang yang over protektif pada pasangan. Tapi, sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan lho. Apalagi jika sikap Anda ini justru menimbulkan pertengkaran. Misalnya, saat telepon Anda tidak terangkat oleh pasangan, alih-alih terus menelponnya, biarkan pasangan menyelesaikan pekerjaannya dulu. Hal ini bisa dilakukan jika hal yang ingin Anda sampaikan tidak bersifat urgent.

  • Katakan Jika Anda Ingin Mematikan Ponsel Sementara Waktu

Kadangkala kita perlu mematikan ponsel di saat-saat tertentu, misalnya saat sedang rapat. Nah, sebaiknya Anda menginformasikan hal ini pada pasangan 10 menit sebelumnya. Cara ini dilakukan untuk mencegah pasangan beranggapan buruk pada Anda.

  • Budayakan Menelpon daripada Hanya Chatting dengan Pasangan

Penelitian mengatakan bahwa, komunikasi melalui pesan teks (chatting) rawan menimbulkan perselingkuhan. Untuk itu, menurut Carter, sebaiknya budayakan komunikasi dengan pasangan melalui telepon. Anda juga bisa berkomunikasi menggunakan video call, sehingga pasangan tidak curiga tentang apa yang sedang Anda lakukan.

  • Hindari Sembunyi-Sembunyi Menggunakan Ponsel

Aturan penggunaan ponsel selanjutnya  antar suami istri adalah dengan tidak sembunyi-sembunyi menggunakan ponsel. Misalnya jangan bawa-bawa ponsel saat sedang melakukan aktivitas di toilet, atau bersembunyi mengangkat telepon di belakang pasangan. Hal ini akan mencegah Anda dari keinginan menyembunyikan sesuatu atau berselingkuh di balik pasangan.

Meskipun penggunaan ponsel sangat membantu dalam kehidupan sosial kita, namun sebaiknya ponsel digunakan dengan bijaksana. Jangan sampai penggunaan ponsel yang awalnya sangat bermanfaat, justru menjadi pemicu masalah dalam hubungan suami istri.

Baca juga:

  1. Oversharing: Ilusi Kemesraan di Media Sosial
  2. Awal Perselingkuhan: Benarkah Karena Rasa Bosan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *