Banner Header Komunitas SOP

Mempelajari Dunia Lewat Ensiklopedia Pertamaku dari BIP

Browse By

Anak-anak perlu banyak belajar untuk mengenal dunia dengan segala isinya. Tiga tahun pertama kehidupannya adalah masa emas anak untuk belajar sesuatu. Pada usia ini, mereka menyerap informasi dengan sangat cepat. Orangtua adalah orang yang paling berperan dalam membantu anak mengenal dunia. Ada banyak cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menemani anak-anak belajar. Salah satu cara terbaik untuk menemani mereka belajar adalah denga membacakan cerita, dongeng, atau ensiklopedia.

Beberapa ibu langsung mengernyitkan dahi ketika mendengar ensiklopedia untuk anak-anak. Mereka menanggapinya dengan kalimat, “Ensiklopedia untuk anak-anak, apa perlu?” Seperti itulah tanggapan mereka.

Yang dimaksud ensiklopedia di sini bukanlah seperti ensikolpedia untuk orang dewasa yang hanya berisi tulisan dan istilah-istilah asing yang membingungkan. Ensiklopedia yang dimaksud di sini adalah ensiklopedia khusus anak-anak seperti yang diterbitkan oleh BIP. Sebagai contoh, di sini ada dua rangkaian ensiklopedia untuk anak balita, yaitu “Tubuhku” dan “Alam”.

Dua buku ensiklopedia ini penuh dengan gambar warna-warni yang sangat lucu. Melalui ensiklopedia ini, anak-anak bisa belajar mengenali tubuhnya dengan cara yang lebih menyenangkan. Anak-anak juga bisa belajar tentang alam di sekitarnya melalui ensiklopedi “Alam”. Orangtua pun tidak perlu kesulitan lagi dalam memberikan contoh-contoh mengenai berbagai fenomena alam di sekitar kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat membacakan ensiklopedia untuk anak-anak.

1.      Menambah wawasan dan pengetahuan

Ensiklopedia memberikan banyak pengetahuan kepada anak. Selama ini, mereka mungkin hanya belajar hal-hal di sekitar mereka, yang tentunya sangat terbatas. Dengan adanya ensiklopedia, anak-anak bisa belajar banyak hal, bahkan untuk topik-topik menarik yang selama ini tidak dekat dengan mereka. Misalnya, tentang musim semi dan musim salju yang tidak ada di Indonesia. Dua musim ini menjadi favorit anak-anak. Dengan adanya ensiklopedia, Anda tidak akan kesulitan lagi menjelaskan tentang hal ini.

2.      Jawaban untuk Pertanyaan yang Membutuhkan  Fakta

Anak-anak sering penasaran dengan banyak hal. Buah dari rasa penasarannya adalah pertanyaan-pertanyaan yang kadang di luar dugaan. Anda bisa memebrikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan anak melalui buku ensiklopedia anak ini. Anda pun bisa memberikan penjelasan yang lebih logis.

3.      Menumbuhkan Rasa Ingin Tahunya

Setelah membaca beberapa buku ensiklopedia, anak-anak akan mengetahui tentang asal usul sesuatu secara lebih dalam. Efek jangka panjangnya, anak-anak jadi terpicu untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang hal-hal tertentu. Buku ensiklopedia sangat tepat untuk terus menumbuhkan rasa ingin tahunya.

Itu dia beberapa manfaat membacakan buku ensiklopedia untuk anak-anak. Jika Anda masih bingung bagaimana cara menghabiskan akhir pekan ini, silahkan kunjungi toko buku bersama si kecil. Carilah beberapa buku ensiklopedia khusus anak-anak dan belajarlah bersama-sama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *