Banner Header Komunitas SOP

Seri Buku “Waspada, Yuk!” : Anak Belajar Waspada Tanpa Ditakut-Takuti

Browse By

Parents tentunya tidak bisa selalu bersama dengan anak selama 24 jam. Sehingga banyak hal yang mungkin luput dari pengawasan. Misalnya, anak suka jajan sembarangan saat sekolah. Akibatnya anak jadi rentan terserang penyakit seperti diare, batuk bahkan pilek. Problem lainnya, banyak orangtua yang merasa khawatir anak-anak tersesat di keramaian. Misalnya di swalayan, pasar tradisional atau di area publik.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, tentu saja anak perlu dilatih untuk selalu waspada bahkan saat tidak bersama kedua orangtua. Adalah tugas kita untuk melatih anak memiliki sikap waspada, salah satunya melalui berbagai sumber literasi yang mudah dipahami dan dipraktekan langsung oleh anak. Buku berseri “ Waspada, Yuk!” karya Lia Herliana yang diterbitkan oleh Tiga Ananda dapat menjadi pilihan Parents.

Seperti buku cerita berseri karya Lia Herliana lainnya, seri “Waspada, Yuk!” juga memiliki desain penuh warna dan ilustrasi lucu sehingga menarik perhatian anak-anak. Buku berseri ini terdiri dari beberapa judul, dengan aktivitas yang berbeda tiap judulnya. Materi pada tiap judul menceritakan aktivitas yang melibatkan sikap waspada yang dilakukan anak. Judul-judul untuk seri ini antara lain:

√ Main Apa, Dong?

√ Mana Yang Paling Enak?

√ Ketika Yuri Pulang Sendiri

√ Kelasku Seru

√ Di Lorong Kelas

√ Di Mana Semua Orang?

Tiap buku menceritakan seorang anak dalam situasi tertentu dilengkapi dengan panduan pemecahan masalah oleh anak.

Buku “Di Mana Semua Orang?” menceritakan anak yang terpisah dari rombongan teman sekelas saat mengunjungi museum. Pada buku tersebut diceritakan tahapan apa saja yang dilakukan anak sampai Ia bertemu dengan rombongan teman sekelasnya lagi. Tentunya dengan mengandalkan sikap waspada.

Bagian sampul buku terdapat tanda (B.O) atau Bimbingan Orang Tua, yang artinya anak harus didampingi orang tua saat membaca buku berseri ini. Halaman depan tiap judul buku dilengkapi panduan untuk orang tua. Dalam panduan tersebut orang tua diminta untuk menjelaskan pada anak tentang sikap waspada yang harus dilakukan di mana saja. Orang tua juga diingatkan untuk selalu berdiskusi dengan anak tentang sikap waspada tersebut.

Buku karya Lina Herliana ini memiliki kelebihan, yaitu adanya “halaman aktivitas”. “Halaman aktivitas”  ini digunakan sebagai media latihan anak tentang sikap waspada yang harus dilakukan dalam situasi tertentu. Misalnya, pada judul buku “Mana Yang Paling Enak?”. Pada bagian ini, anak diminta untuk memilih jajanan mana yang paling sehat dan tidak berbahaya bagi kesehatan dengan cara memberi tanda centang (√) pada gambar.

Tak hanya itu, kelebihan lainnya dari buku cerita berseri “Waspada, Yuk!” adalah adanya halaman ‘Cari Yuk’ dan ‘Tip Asyik’. Pada bagian “Cari Yuk” anak diminta untuk menemukan beberapa hal di dalam gambar sesuai pertanyaan. Sedangkan pada bagian “Tip Asyik” anak diingatkan kembali tentang apa saja yang harus dilakukan saat menghadapi situasi tertentu. Misalnya : jajanan apa saja sih yang baik bagi kesehatan?

Melalui buku ini, Parents bisa mengajarkan sikap waspada kepada anak dimanapun dengan cara yang lebih mudah dimengerti. Anak tidak belajar sendiri, namun Parents juga ikut belajar menjelaskan beberapa hal yang mungkin tidak dimengerti oleh anak.

Salah satu kekurangan buku ini adalah tidak mencantumkan rating usia untuk pembacanya. Tapi buku ini cocok untuk anak usia sekolah misalnya anak berumur 4 tahun ke atas.

Tertarik dengan buku ini ? Temukan buku cerita berseri ini di toko buku terdekat di kota Parents ya, dan mulailah ajarkan anak sikap waspada dengan cara yang lebih menyenangkan!

Baca Juga yuk Review Buku lainnya :

  1. Seri Buku ” Bunda Aku Bisa Sendiri” : Melatih Kemandirian Anak Lewat Cerita
  2. “Anakku Minta Perempuan Sexy” : Berbagi Pengetahuan Soal Seks, Perbedaan, Toleransi, dan Motivasi Belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *