Banner Header Komunitas SOP

Lego® : Mainan Bermanfaat Sepanjang Masa

Browse By

Bagi anak-anak, mainan tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk membuat hatinya senang, tetapi juga sebagai sarana untuk mengembangkan kecerdasan anak. Saat anak bermain, secara tak langsung ia akan belajar hal-hal baru. Ada banyak sekali mainan anak yang bisa mengembangkan kecerdasan otaknya. Salah satunya adalah Lego®

Anda tentu sudah akrab dengan mainan ini, bukan? Waktu kecil dulu, Anda pun pernah memainkan permainan ini. Meski secara bentuk ada perbedaan antara Lego® jaman dulu dengan Lego® jaman sekarang, permainan anak ini tetap memberikan banyak manfaat tersembunyi bagi anak-anak balita. Mau tahu apa saja manfaat tersembunyi di balik permainan ini? Mari simak informasinya berikut ini.

1. Mengenalkan bentuk, warna, dan ukuran

Jika jaman dulu Lego® hanya tersedia dalam satu bentuk, yaitu persegi panjang, sekarang ini Lego® tersedia dengan berbagai bentuk dengan warna yang berbeda-beda pula. Ketika sedang bermain Lego® bersama si kecil, jadikan permainan ini sebagai media pembelajaran. Sebelum memasang bentuk tertentu, minta anak untuk mendeskripsikan Lego® yang akan dipasang. Deskripsikan bentuk, warna, dan ukurannya. Untuk melatih kemampuan berhitung anak, Anda juga bisa meminta si kecil untuk menghitung bulatan-bulatan yang ada di bagian atas Lego®.

2. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus

Menyusun dan membongkar Lego® bisa melatih kemampuan koordinasi antara tangan dengan mata. Hal ini jelas berkaitan dengan kemampuan motorik halus anak. Saat menggenggam, menyusun, dan membongkar Lego®, kemampuan motorik halus anak akan berkembang. Kemampuan ini sangat penting untuk mendukung keterampilan menulis dan menggambat nanti saat masuk usia sekolah.

manfaat lego

3. Mengembangkan Logika dan Juga Pemecahan Masalah

Lego® melatih kemampuan logika anak untuk bisa mengikuti tahapan tertentu dalam menyusun suatu bentuk yang diinginkan. Misalnya, ketika membuat rumah, anak perlu menyusun balok lantai, dinding, baru kemudian atapnya. Dalam proses merangkai pun, anak pasti mengalami proses  trial and error sampai bisa membuat bentuk yang sempurna.

4. Mengembangkan Imajinasi dan juga Kreativitas

Ketika anak menyusun Lego® menjadi bentuk tertentu, imajinasi anak jelas akan berkembang. Anak membayangkan bentuk tertentu, kemudian berusaha untuk membangun bentuk tersebut dengan kubus-kubus Lego®. Untuk itu, setiap kali anak berhasil menyusun bentuk tertentu, pujilah kreativitasnya supaya ia makin percaya diri untuk membuat bentuk-bentuk tertentu.

5. Melatih Kemampuan Bersosialisasi dan Kerja Sama

Permainan Lego® tidak hanya bisa dimainkan sendiri. Permainan ini bisa dimainkan bersama teman-teman atau saudara. Saat bermain bersama, anak-anak akan berlajar berkomunikasi dan mengungkapkan ide-idenya. Konflik mungkin saja bisa muncul karena berebut Lego®. Dari konflik kecil tersebut, anak akan belajar tentang cara menyelesaikan konflik. Jadi, selain bisa mengembangkan kemampuan bersosialisasi, anak juga akan belajar banyak tentang kerja sama dan cara menyelesaikan masalah.

Dari permainan sederhana ini, ternyata ada banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh si kecil. Nah, masihkah Anda ragu mengajak anak bermain Lego® ?

Mau rekomendasi permainan seru lainnya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *