Yuk Buat Pasir Kinetik Sendiri Tanpa Bahan Berbahaya

30 Maret 2018

Yuk Buat Pasir Kinetik Sendiri Tanpa Bahan Berbahaya

Sudah lama tertarik dengan mainan pasir kinetik tapi masih ragu untuk beli? Tenang,Parents, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Pasir kenetik atau pasir ajaib ini adalah mainan anak yang bisa mengasah kreativitas dan imajinasi anak. Mainan ini sangat cocok dijadikan sebagai aktivitas sensory play anak-anak usia 3 tahun. Mau tahu bagaimana cara membuatnya, yuk langsung simak tahap-tahap pembuatannya berikut ini!

Bahan-bahan:

  1. lem bening (bisa pakai tepung kanji yang dicairkan) 2 sdm
  2. detergen cair 1 sdm
  3. pewarna makanan cair secukupnya
  4. Pasir halus 1 plastik (pasir biasa yang bersih dan sudah diayak)  

Cara Membuat:

  1. Masukkan pasir halus ke dalam wadah lalu campurkan dengan pewarna makanan cair. Aduk-aduk sampai rata agar pewarna makanan bisa melekat sempurna ke pasir. Diamkan beberapa saat sampai pasir kembali mengering (sebaiknya didiamkan selama satu malam).
  2. Setelah itu, masukkan lem bening/ larutan kanji ke dalam wadah. Sambil diaduk-aduk, masukkan detergen cair. Aduk terus sampai lem tidak melekat dan teksturnya mirip slime.
  3. Setelah itu, ambil wadah yang lebih besar untuk mencampur adonan dengan pasir halus.
  4. Masukkan pasir perlahan-lahan lalu uleni dengan adonan yang tadi sudah dibuat. Uleni terus menerus sampai membentuk tekstur seperti yang Anda inginkan. Anda bisa membuatnya menjadi lebih padat atau sedikit cair dengan permukaan mirip slime.

Setelah jadi, Anda bisa langsung memainkannya bersama buah hati tercinta. Pasir ajaib ini bisa dimainkan dengan berbagai cara. Anda bisa mencetaknya dengan cetakan-cetakan pasir yang lucu. Anda bisa juga membuatnya mirip roti lalu memotong-motongnya. Mainan ini lebih higienis dibandingkan dengan bermain pasir alami. Setelah selesai bermain, Anda pun bisa dengan mudah membereskan mainan ini karena tekstur pasir saling menyatu satu sama lain.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam membuat pasir kinetik, silahkan lihat video di bawah ini:

Meski terlihat mahal, ternyata, cara membuat pasir kinetik ini sangat mudah. Anda bisa membuatnya bersama anak-anak. Setelah selesai bermain, jangan lupa mencuci tangan ya, Parent. Ini untuk memastikan agar tangan anak-anak kembali bersih. Jangan lupa simpan adonan pasir kinetik di wadah tertutup supaya tetap bersih. Jauhkan dari air agar adonan pasir kinetik tidak cepat rusak. Mari, praktik bikin mainan anak sendiri, lebih asyik, lebih ekonomis!

Bagaimana Menurut Anda?
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
3
+1
0
+1
0
Share with love