membangun relasi
School Life

Pentingkah Membangun Relasi dengan Sesama Orang Tua Murid?

Sama pentingnya seperti menjalin relasi dengan rekan bisnis, menjalin relasi dengan sesama wali murid juga sangat penting. Entah kita berkarakter ekstrovert atau introvert, sangat disarankan untuk menjalin hubungan baik dengan sesama orang tua. Mengapa begitu penting?

 

Ada banyak manfaat  jika Anda menjalin hubungan dengan sesama wali murid. Sederhananya, kita jadi tahu bagaimana latar belakang pola asuh yang diterapkan pada anak-anak yang berinteraksi dengan anak kita. Kita juga jadi punya banyak teman baru dengan mengenal mereka. Lebih dari itu, suatu saat kita juga pasti akan membutuhkan bantuan sesama orang tua murid, misalnya bertanya tentang tugas sekolah anak atau info apakah besok libur atau masuk.

 

Jadi, tidak melulu urusan kantor yang harus dirawat networking-nya, urusan sekolah anak pun demikian. Tidak ada ruginya menjalin relasi yang baik dengan sesama orang tua murid. Jika Anda masih merasa bingung bagaimana memulai relasi dengan sesama orang tua murid, ikuti cara ini.

 

  • Sempatkan Mengantar atau Menjemput Anak Sekolah

Moment mengantar atau menjemput anak sekolah dijadikan sebagai momen paling pas untuk berhubungan dengan sesama orang tua murid. Anda bisa saling melempar senyum atau sekadar say hello pada mereka. Meski belum sempat ngobrol, minimal kita tahu wajah-wajah orang tua yang anaknya satu kelas dengan anak kita. Apalagi saat hari pertama masuk sekolah, bertemu sesama wali murid menjadi semacam pengukuhan bahwa ada banyak orang tua yang “seperjuangan” dengan kita, entah itu ibu & ayah yang galau melepas anaknya sekolah atau yang sangat bersemangat melepas anaknya masuk sekolah.

 

  • Mulai Mengobrol dan Bergaul

Setelah hanya sekedar saling lempar senyum atau say hello, Anda bisa mulai mengobrol dengan sesama wali murid. Hal ini mungkin agak susah, khususnya bagi Anda yang dasarnya adalah tipe orang yang tertutup. Akan tetapi, tidak ada salahnya mencoba mengobrol dengan mereka. Dengan begitu, Anda bisa mulai menjalin hubungan baik. Bisa mulai obrolan tentang perkembangan tugas sekolah anak atau aktivitasnya, hanya saja jangan sampai terkesan “pamer” tentang anak.

membangun relasi

  • Bergabung Grup Chat Wali Murid

Kecanggihan teknologi membuat kita semakin mudah dalam menjalin komunikasi dengan sesama wali murid, terutama dengan adanya WA Grup. Meski sudah banyak sekali WAG di HP kita, jangan sampai left dari WAG sekolah. Mengapa? Karena dari sini, kita bisa mengenal karakter orang tua murid, informasi-informasi terbaru tentang sekolah. Tidak perlu terlalu aktif, cukup ikut bersuara ketika sedang ada pembahasan.

 

  • Netral Saja, Tidak Perlu Gank

Tak hanya kids jaman now saja yang bikin gank, ya. Ibu-ibu kadang juga masih suka ikut-ikutan membuat gank. Ada kelompok A yang seringnya pro dengan komite kelas. Ada juga kelompok B yang sering bentrok dengan komite kelas. Sebisa mungkin, jadi netral saja ya, Parents. Tak perlu lah gank semacam itu. Karena bila sampai ada konflik malah hubungan antara sesama orang tua murid jadi terganggu, bisa-bisa berdampak pada aktivitas anak.

 

  • Hadir dalam Rapat Sekolah dan Orang Tua Murid

Setiap sekolah biasanya akan menggelar pertemuan rutin antara pihak guru dan wali murid. Pertemuan ini dilaksanakan demi menjalin relasi yang baik antara pihak sekolah dengan wali murid. Usahakan untuk selalu hadir dalam acara ini. Selain tahu informasi terbaru tentang sekolah, Anda juga punya waktu lebih lama untuk berinteraksi dengan orang tua murid lainnya.

One Reply to “Pentingkah Membangun Relasi dengan Sesama Orang Tua Murid?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *