Quality Time Activity: Belajar “Sains” Lewat Metode STEM

02 Maret 2019

Belajar sambil bermain, kira-kira inilah hal yang selalu ingin diterapkan para orangtua bagi anak-anaknya. Alasannya karena dengan menyisipkan nilai edukasi di tengah permainan, anak-anak akan mudah sekali menangkap apapun yang ingin diajarkan oleh orangtua. Nah, berangkat dari hal tersebut, saat ini ada salah satu metode belajar yang sedang banyak digandrungi oleh orangtua di luar sana.

Metode tersebut adalah metode belajar STEM, atau belajar science, technology, engineering, dan mathematics (pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika) dalam satu waktu sekaligus. Nah, kira-kira aktivitas seperti apa yang bisa mengajarkan anak keempat cabang ilmu tersebut? Bagaimana kalau kita mengajak anak membangun jembatan menggunakan tusuk gigi dan buah anggur. Wah pasti seru ya! Yuk simak lebih lanjut bahan-bahan dan cara belajar melalui permainan ini:

Alat dan Bahan:
  1. Buah anggur secukupnya
  2. Beberapa stik es krim
  3. Tusuk gigi secukupnya
  4. Mobil-mobilan
Cara Belajar:
  1. Siapkan buah anggur di dalam wadah. Siapkan juga tusuk gigi.
  2. Pada mulanya ajak anak membuat segitiga dan persegi menggunakan tusuk gigi yang dihubungkan dengan buah anggur. Pada kegiatan ini Anda bisa mengajukan berbagai macam pertanyaan terkait bangun datar yang sedang dibuat oleh anak.
  3. Setelah anak cukup mahir membuat kedua bangun datar tersebut, kini saatnya kita ajak anak membangun jembatan.
  4. Ambil tusuk gigi dan buah anggur, hubungkan hingga membentuk deretan segitiga. Ulangi aktivitas ini dengan membangun deretan segitiga lainnya.
  5. Setelah Anda dan anak memiliki dua “deretan segitiga”, gabungkan keduanya menggunakan tusuk gigi. Caranya adalah dengan menghubungkan masing-masing sudut segitiga dengan tusuk gigi.
  6. Setelah jembatan berhasil dibangun, uji jembatan tersebut dengan menggunakan stik es krim sebagai jalan penghubung dalam jembatan, dan mobil-mobilan, sebagai kendaraan yang melewati jembatan tersebut.

Agar lebih jelas, yuk simak bersama video tutorial berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=Tycf-VSTOIc

Melalui aktivitas ini anak-anak mulai dikenalkan dengan ilmu pengetahuan (sains), matematika dan teknologi dalam satu waktu. Tak hanya itu, anak juga mulai belajar mengenai teknik rancang bangunan hanya menggunakan tusuk gigi dan buah anggur. Anda bisa membimbing anak bagaimana merancang jembatan yang kokoh hanya dengan menggunakan alat dan bahan yang sederhana. Jadi, bagaimana? Mulai tertarik mengajak anak belajar dengan metode STEM? Aktivitas seru di atas bisa digunakan sebagai referensi loh!

Baca juga:

  1. Quality Time Activity: 3 Permainan Sederhana Latih Motorik Anak
  2. Quality Time Activity: Spinner Alphabet Pintar
Bagaimana Menurut Anda?
+1
2
+1
0
+1
0

Tag:

Share with love
Member Premium SOP Member Premium SOP

Gabung Member Premium

Mulai perjalanan memahami emosi diri dan keluarga

Nikmati akses Kelas Video Belajar kapanpun & dimanapun

Gabung Sekarang

Sudah Member Premium? Masuk Di Sini

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket