Anak Bayi Family Health Mom's Corner New Mom Parenting

Bayi Bisa Mengenali Ibunya, Bagaimana Caranya?

Memiliki seorang anak adalah hal paling membahagiakan bagi seorang Ibu. Ibu pun sering berfikir apa sih sebenarnya yang sedang dipikirkan bayi nya? Apakah bayi sudah bisa mengenali ibunya? Apakah bayi sudah bisa melihat ibu? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu saja membuat kita penasaran. Kami akan menjawab rasa penasaran anda!

Ketika lahir, bayi akan mempelajari beberapa hal, misalnya

♥ Suara Parents

Sejak masih dalam kandungan, bayi mulai belajar bagaimana suara orang tua mereka, khususnya Ibu. Sehingga saat bayi lahir, dan Anda mulai menggendongnya. Bayi sudah mengenal siapa Anda dari suara yang mereka pelajari ketika masih dalam kandungan.

♥ Aroma Tubuh Parents

Bukan hanya suara orangtuanya yang bayi pelajari. Bayi juga mulai mempelajari aroma tubuh. Peneliti menemukan fakta bahwa, bayi mulai mengenal aroma tubuh orangtuanya setelah 3 hari mereka terlahir di dunia. Inilah mengapa bayi bisa mendadak menangis ketika digendong orang yang bukan ibunya sekalipun ia sedang tidur.

Pendapat yang sama diungkapkan oleh Alice Sterling Honig, Ph.D, Profesor perkembangan anak dari Universitas Syracuse, New York. Menurutnya, bayi tidak hanya mengenai aroma tubuh Ibu, namun juga sangat menyukainya. Kebanyakan bayi mulai mengenali aroma tubuh Ibunya saat mereka mendekatkan hidung di antara dagu dan pundak Ibu. Saat itulah bayi mempelajari bahwa Anda adalah Ibunya.  

♥ Bayi Belajar Bahwa Ibulah yang Memberi Mereka Makan

Saat bayi mencapai usia 6 minggu, mereka mulai mendapatkan kesempatan rata-rata sekitar 200 kali untuk disusui oleh ibu. Saat itulah mereka belajar bahwa ibu adalah seseorang yang bisa mereka percaya untuk memberi mereka makan saat lapar. Itulah mengapa banyak bayi yang tidak mengijinkan orang lain memberi mereka makan.

♥ Bayi Belajar Bahwa Ibu Yang Menenangkan Mereka

Saat seorang bayi menangis, banyak dari Ibu yang segera menggendong untuk meredakan tangisnya. Saat itulah mereka mulai melekat pada Anda. Bayi mulai belajar bahwa dekapan dan gendongan ibulah yang menenangkan mereka.

♥  Bayi Mulai Belajar Membedakan Gender

Saat bayi memasuki usia 10-12 minggu, bayi mulai bisa membedakan gender. Paul Quinn, Ph.D, seorang profesor psikologi dari Universitas Delaware, Amerika Serikat mengungkapkan fakta bahwa, sejak usia 3-4 bulan bayi mulai menyukai wajah pengasuh utamanya.

Jika pengasuh utama bayi adalah seorang Ibu, maka bayi mulai menyukai wajah-wajah perempuan. Hal sebaliknya bisa terjadi jika pengasuh utama mereka adalah seorang Ayah. Itulah mengapa beberapa bayi lebih tenang jika digendong oleh seseorang yang memiliki gender yang sama seperti pengasuh utama mereka.

♥ Bayi Mulai Belajar Raut Wajah Anda

Pada saat bayi berusia 2,5-6 bulan, mereka mulai belajar tentang raut wajah Anda. Bayi mulai memahami saat anda sedih dan saat Anda merasa terganggu. Saat inilah bayi juga mulai bisa menghibur Anda. Sama seperti saat Anda menghiburnya ketika Ia sedih.

Bayi akan melakukan segala macam cara untuk menghibur Anda. Misalnya dengan menatap wajah Anda. Beberapa penelitian mengungkapkan fakta bahwa, seorang bayi akan berusaha keras untuk membujuk Anda dengan senyuman mereka. Hal ini bayi lakukan agar Anda menatap mereka kembali dengan senyuman.

♥  Bayi Berfikir Bahwa Anda Lucu

Pernahkah Anda membuat wajah lucu dan konyol di depan bayi ? Nah, saat itulah bayi belajar bahwa Anda adalah seseorang yang lucu. Saat bayi berusia 6 bulan, bayi mulai belajar tentang humor. Namun, tidak setiap hal bisa membuatnya tertawa lho.

Bayi hanya akan tertawa saat mereka melihat orang-orang yang selalu mengasuh mereka. Hal ini karena bayi bisa mengenalinya dari wajah, suara dan perilaku pengasuhnya. Rasa humor yang ditunjukkan oleh bayi bergantung pada ikatan yang Anda bangun sejak mereka masih sangat kecil.

♥  Bayi Tidak Bisa Kehilangan Anda

Saat bayi berusia 8 bulan, bayi mulai sulit menghadapi perpisahan dengan Ibu atau pengasuh utamanya. Bahkan saat Ibu hanya ke kamar mandi. Hal ini karena bayi sudah belajar banyak tentang sosok Ibu. Situasi seperti ini tentu saja baik karena berarti bayi mampu menjaga gambaran tentang Anda dengan jelas.

♥  Bayi Akan Berpikir Bahwa Anda Senang dengan Sesuatu yang Disukainya

Saat bayi tumbuh lebih besar, mereka mulai mengeksplorasi segala sesuatu di sekelilingnya. Inilah tahap saat bayi mulai menyukai mainannya. Misalnya boneka dan mobil-mobilan. Nah pada saat ini bayi akan berusaha menyampaikanya pada Anda tentang mainan yang mereka sukai. Hal ini merupakan tanda bahwa mereka menyukai Anda. Bayi melakukan hal ini juga karena mereka menganggap Anda adalah sosok yang istimewa.

bayi bisa mengenali ibunya

Bayi mulai belajar sejak masih dalam kandungan Ibu. Itulah mengapa bayi sangat cerdas dan mampu mengenali seorang Ibu dengan sangat baik. Tak jarang bayi tidak mau digendong oleh orang lain selain pengasuh utamanya karena mampu mengingat Ibu dengan sangat baik. Ikatan yang terjalin ini salah satu pertanda yang baik bagi perkembangan jiwa bayi sampai dewasa kelak.

Baca Juga :

  1. Membangun Ikatan Saat Anak di Kandungan
  2. Hal Menakjubkan yang Dilakukan Bayi di dalam Rahim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *