Banner Header Komunitas SOP

Cara Mudah Persingkat Waktu Cuci Baju Bagi Ibu yang Sibuk

Browse By

Mencuci baju bisa dibilang makanan sehari-hari para Ibu. Tak hanya mencuci baju anak-anak yang masih kecil, tapi mencuci semua baju anggota keluarga lain yang tinggal serumah bersama. Bisa dibilang, kegiatan mencuci baju sudah seperti teman hidup yang selalu saja menemani hari-hari Ibu. 

Bukan hanya Ibu rumah tangga yang repot dengan masalah cuci mencuci baju ini, para Ibu yang bekerja di luar rumah pun juga melakukan hal yang sama. 

Kondisi ini kadang membuat para Ibu sulit membagi waktu loh! Apalagi bagi Ibu yang memiliki anak bayi, sudah pasti waktu yang digunakan untuk mencuci akan terasa lama karena semua pakaian bayi membutuhkan cara mencuci yang lebih teliti daripada baju orang dewasa.

Adakah cara supaya kegiatan mencuci Ibu bisa lebih cepat dilakukan dan tidak menguras banyak waktu, sehingga Ibu bisa melakukan kegiatan lainnya?

Tips Persingkat Waktu Mencuci Bagi Ibu yang Sibuk    

  • Cucilah Baju Setiap Hari

Hal pertama yang bisa Ibu lakukan untuk mempersingkat waktu mencuci baju adalah dengan mencucinya setiap hari. Cara ini membuat cucian Anda tidak menumpuk banyak sehingga semakin cepat saat mencuci baju. 

Sebaiknya, hindari mencuci baju di akhir minggu karena cara ini justru membuat cucian Anda semakin menumpuk. Alhasil, waktu yang Anda pergunakan untuk mencuci baju pun akan semakin lama. 

  • Gunakan Mesin Cuci

Nah, beberapa Ibu mungkin saja merasa bahwa mencuci manual alias menggunakan tangan akan terasa lebih bersih dibandingkan menggunakan mesin cuci. Meskipun hal ini ada benarnya, namun mencuci secara manual justru akan memperlama proses cuci baju itu sendiri. Maka dari itu, jika memungkinkan gunakan saja mesin cuci agar proses mencuci lebih cepat.

Sebaiknya, rendam baju sekitar 1 jam agar noda-noda membandel bisa luntur, baru kemudian Anda bisa memasukkannya ke mesin cuci untuk diproses selanjutnya. Nah, beberapa Ibu bahkan merendam baju di malam hari, dan mencucinya di pagi untuk mempersingkat waktu mencuci.

Sedang tips untuk ibu yang memiliki bayi,mesin cuci akan meringankan pekerjaan anda. Karena baju dewasa bisa dimasukkan ke mesin cuci,sementara itu ibu juga bisa mencuci pakaian bayi secara manual. 

  • Gunakan Kantong Laundry

Cara lain yang bisa Ibu coba untuk mempersingkat waktu mencuci baju adalah dengan menggunakan kantong laundry. Anda bisa menyimpan kaos kaki anak di dalam kantung laundry tersebut. Tujuannya agar kaos kaki anak tidak terpisah satu sama lain saat dimasukkan ke dalam mesin cuci dan tidak membuat Anda harus meluangkan waktu untuk mencarinya. 

cara singkat Ibu cuci baju

  • Pastikan Anak Tidak Sering Gonta Ganti Baju

Banyak Ibu yang merasa bahwa anak-anak sering gonta-ganti baju. Beberapa kasus memang karena baju anak kotor digunakan bermain. Namun, kasus lain karena anak memang hobi gonta ganti baju, bahkan saat bajunya masih terlihat bersih. Untuk itu pastikan pada anak bahwa Ia hanya diperbolehkan ganti baju jika bajunya memang sudah kotor dan ganti baju setelah ia mandi.

  • Buatlah Jadwal Mencuci Baju 

Sebaiknya buatlah jadwal mencuci baju secara rutin. Bagi Anda yang tidak sempat mencuci baju setiap hari sebaiknya lakukan kegiatan ini 2 kali dalam seminggu untuk meringankan pekerjaan Anda. Sebaiknya pilih waktu tepat untuk mencuci baju. Atur jadwal mencuci baju sehingga tidak bertabrakan dengan jadwal Anda yang lain. 

  • Ajari Anak yang Sudah Beranjak Dewasa untuk Mencuci Baju

Bagi Anda yang sudah memiliki anak berusia di atas 11 tahun, sebaiknya biarkan Ia mulai belajar mencuci baju sendiri. 

Cara ini dilakukan untuk mengajarkan keterampilan hidup anak saat dewasa nanti. Tak hanya itu, cara ini juga bisa dilakukan agar pekerjaan Anda sedikit lebih ringan. 

Mencuci baju memang pekerjaan yang sangat melelahkan bagi seorang Ibu. Saking melelahkannya, kadang Ibu tidak memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang lainnya. Nah, agar pekerjaan mencuci tidak membutuhkan banyak waktu, beberapa hal diatas bisa Anda coba.

Baca juga:

  1. Yuk, Ajak Suami Ikut Bantu Pekerjaan Rumah
  2. Kata Siapa Jadi Ibu Rumah Tangga Gampang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *