Banner Header Komunitas SOP

Perlukah Me Time untuk Mama?

Browse By

Memilih menjadi seorang ibu rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Masa kerjanya nonstop 24 sehari, 7 hari seminggu, lengkap dengan permasalahan anak-anak dan segala problematika rumah tangga. Sesekali, bercengkerama dengan buah hati dan suami memang bisa membuat bahagia. Akan tetapi, terkadang mereka juga bisa jenuh dan stress dengan rutinitas yang semacam ini. Lalu, perlukah para ibu rumah tangga memiliki “me time” nya masing-masing?

Me time bisa diartikan sebagai sarana untuk membebaskan diri dari rutinitas sehari-hari supaya mendapatkan energi baru untuk kembali menghadapi rutinitas serupa. Bagi ibu rumah tangga, me time ini sangat perlu untuk menghindari depresi. Ibu-ibu yang tidak pernah mengalokasikan waktu untuk dirinya sendiri lebih rentan stress dan memendam depresi. Ini akan berbahaya jika dibiarkan terus menerus.

Sesekali, Anda juga perlu mengalokasikan waktu untuk diri sendiri ya, Mom. Ini nih 5 Manfaat yang diperoleh dari “Me Time”.

  • Me Time tak harus liburan sendiri

Yang dimaksud me time bukan berarti liburan sendiri. Bentuk dari me time ini bisa bermacam-macam. Sejenak melepaskan diri dari pekerjaan rumah yang melelahkan juga bisa dianggap me time. Anda bisa berlibur bersama anak dan suami Anda tanpa harus memikirkan aktivitas memasak, mencuci baju, atau pekerjaan lain, Anda juga bisa melepas stres dengan menonton film, dan beberapa aktivitas lainnya.

  • Lebih Bersemangat Menjalani Rutinitas

Sedikit liburan tentu saja bisa membuat siapa pun merasa bersemangat, termasuk ibu rumah tangga. Me Time bisa diibaratkan seperti liburan singkat yang menyenngkan. Setelah selesai dengan “Me Time”, Anda akan lebih bersemangat menjalani rutinitas.

  • Menemukan Potensi Baru

Anda bisa menemukan potensi baru pada diri Anda setelah berpredikat sebagai “Mama”. Misalnya, kemampuan memasak, menulis, atau bermusik. Hal-hal baru tersebut bisa jadi sarana yang menyenangkan untuk dilakukan saat anak-anak sedang tidur atau pergi ke sekolah. Siapa tahu, nantinya potensi baru ini bisa jadi ladang usaha untuk Anda.

  • Mengubah penampilan

Rutinitas sehari-hari yang cukup padat kadang membuat Anda lupa untuk merawat diri. Sesekali, Anda bisa pergi ke salon untuk merawat diri dan mengubah penampilan. Kesempatan langka untuk pergi ke salon pasti akan membuat Anda merasa senang dan lebih menghargai diri sendiri. Tak perlu bingung masalah anak. Beri pengertian sedikit kepada sang suami, lalu minta suami untuk menjaga anak Anda.

  • Tetap Bersosialisasi

Beberapa ibu menikmati me time dengan sahabat mereka. Bertemu kembali dengan kawan lama bisa membuat Anda sedikit bahagia. Anda bisa sekedar mengobrol, bernostalgia, atau melakukan kegiatan-kegiatan seru lainnya.

Nah, moms, jangan lupa untuk menikmati masa-masa me time, ya. Jangan terlalu sibuk dengan segala pekerjaan rumah yang kadang membuat stres. Luangkan sedikit waktu untuk membahagiakan diri sendiri. Hal ini sangat penting untuk mendukung keharmonisan dalam rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *