Banner Header

Ibu Tetap Produktif Saat Bekerja Di Rumah: Kenapa Tidak?

Browse By

Menjadi seorang Ibu memang melelahkan, terlebih jika Anda memiliki seabrek pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan di rumah. 

Bukan hanya pekerjaan rumah tangga seperti memasak, mencuci baju atau mengepel loh. Tapi juga pekerjaan kantor yang dibawa pulang ke rumah karena Anda belum bisa menyelesaikannya di kantor. 

Kondisi ini tentu saja membuat para Ibu sangat kerepotan. Apalagi jika harus menyelesaikan pekerjaan di rumah sambil mengurus anak. Dijamin deh, bukannya pekerjaan selesai, justru pekerjaan semakin banyak. 

Tapi tenang Bu, sebenarnya Anda masih bisa kok bekerja secara produktif saat di rumah bersama si kecil. Kedengarannya memang mustahil, tapi bagaimana jika Anda mencoba beberapa langkah praktis berikut ini?

Tips Tetap Produktif Bekerja di Rumah Bersama Anak

  • Bangun Pagi

Tips pertama agar Anda bisa bekerja secara produktif bersama dengan anak di rumah adalah usahakan untuk selalu bangun pagi. Meskipun, bangun pagi kadang sangat menyiksa tapi hal ini cukup membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan secara produktif. Terlebih jika Anda bangun sebelum anak-anak bangun. Inilah kesempatan bagi Anda untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan tanpa khawatir dengan anak-anak Anda. 

  • Buat Daftar Pekerjaan di Malam Sebelumnya

Apa gunanya bangun pagi jika Anda belum tahu apa yang harus dikerjakan pertama kali. Untuk itu, buatlah daftar pekerjaan di malam sebelumnya agar Anda tahu apa saja yang harus diselesaikan.

Ambil selembar kertas, dan mulailah menulis berbagai pekerjaan yang harus diselesaikan dalam 1 hari atau mungkin dalam 1 minggu. 

Misal, di pagi hari Anda harus memasak, mencuci, mengepel, di siang hari mulai mengerjakan pekerjaan kantor dan di sore hari mulai menyetrika dan melakukan pekerjaan lainnya. 

Sebaiknya catat secara detail pekerjaan yang perlu Anda selesaikan di rumah agar tidak ada yang terlewat. Inilah tips lain agar Anda bisa tetap produktif saat bekerja di rumah bersama anak. 

cara bekerja produktif bersama anak

  • Pilih Metode Bekerja Secara Efektif

Memiliki metode bekerja memang diperlukan bagi setiap Ibu agar pekerjaan bisa ditangani dengan baik tanpa melupakan kewajiban merawat anak-anak. Pengaturan waktu saat bekerja di rumah juga sangat diperlukan karena Anda tidak bekerja sendirian. Ada anak yang cukup sering mengganggu pekerjaan Anda. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa bekerja selama 25 menit, dan istirahat selama 5 menit. Gunakan waktu istirahat Anda untuk menengok anak-anak dan bermain bersama dengan mereka. Tentunya metode ini bisa disesuaikan dengan aktivitas Anda di rumah. Setiap Ibu memiliki metode masing-masing saat bekerja di rumah. Jadi, gunakan metode bekerja yang paling mudah menurut Anda. 

  • Beri Anak Mainan Spesial Saat Anda Bekerja

Bekerja produktif di rumah bersama anak-anak memang tidak mudah. Butuh trik khusus agar anak setidaknya tidak mengganggu pekerjaan Anda, salah satu trik khususnya adalah dengan memberikan mainan spesial untuk anak-anak.

Mainan spesial ini tidak selalu mainan baru loh. Mainan spesial adalah mainan yang jarang dimainkan oleh anak namun sebenarnya anak sangat senang terhadap permainan tersebut. 

Jika langkah tersebut tidak berhasil, Anda bisa menggunakan TV agar anak tidak mengganggu pekerjaan beberapa saat. Mengizinkan anak nonton TV untuk beberapa saat tidak membuat Anda menjadi Ibu yang buruk kok. Tapi ingat bahwa mengizinkan anak menonton TV juga ada batasan dan aturannya

  • Biarkan Anak Tidur Siang

Tips lain agar Anda tetap bekerja produktif bersama anak di rumah adalah dengan membuat anak tidur siang. Tips yang satu ini sepertinya sudah sangat familiar bagi para Ibu di luar sana. Satu-satunya tantangan bagi Ibu yang menggunakan tip ini adalah ikut tertidur saat menemani anak tidur siang!  Duh, bisa-bisa pekerjaan tidak selesai dong?

Sebaiknya pastikan diri Anda tidak mengantuk dan tidak tertidur agar pekerjaan bisa selesai dengan baik saat anak-anak tidur siang. Bila perlu, jangan ikut rebahan saat menemani anak tidur siang agar tidak mengantuk. 

  • Buat Skala Prioritas

Pastikan Anda membuat skala prioritas agar tetap bekerja produktif di rumah bersama dengan anak. Skala prioritas ini fungsinya agar Anda bisa mengatur pekerjaan mana yang perlu diselesaikan terlebih dahulu dan pekerjaan mana yang bisa menunggu untuk diselesaikan. 

  • Ajak Anak Playdate

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar tetap bekerja produktif di rumah bersama dengan anak adalah dengan mengajak anak bermain bersama-sama dengan teman atau sering disebut dengan playdate. Alih-alih bermain sendirian di rumah, anak bisa bermain bersama dengan teman di tempat yang telah ditentukan. Misalnya di rumah salah satu teman.

Nah, dengan mengizinkan anak bermain bersama teman, Anda memiliki kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah dengan lebih produktif. Anak pun tidak merasa bosan dan bisa bermain dengan bahagia bersama dengan teman-teman.

  • Minta Bantuan Ibu Lain

Sembari mengizinkan anak untuk bermain di rumah temannya, Anda bisa juga loh meminta bantuan Ibu dari teman anak untuk menjaga anak beberapa saat selama Anda menyelesaikan pekerjaan rumah. 

Misalnya, Anda bisa meminta Ibu lain menjaga anak selama 1 jam. Kemudian di lain hari, Anda bisa bergantian dengan Ibu tersebut untuk menjaga anaknya. 

Bukan hanya bisa bekerja secara produktif di rumah, melalui cara ini Anda bisa mempererat hubungan sesama Ibu loh!

Menyelesaikan pekerjaan di rumah bersama dengan anak memang tidak mudah. Akibatnya banyak Ibu yang kurang produktif saat bekerja di rumah. Beberapa tips di atas bisa Anda gunakan sebagai referensi agar lebih produktif saat bekerja di rumah bersama dengan anak.

Baca juga:

  1. Cara Mudah Seimbangkan Aktivitas Ibu Bekerja
  2. Tantangan Sehari-Hari Ibu Bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *