Banner Header Komunitas SOP

Ibu-Ibu Wajib Berteman!

Browse By

Menjadi Ibu mungkin dambaan bagi sebagian besar perempuan setelah menikah. Namun, setelah menjadi seorang Ibu dan memiliki anak, kehidupan seseorang akan berubah. Perubahan ini akan dialami oleh setiap Ibu, terlebih Ibu rumah tangga.

Ingin hangout bersama teman-teman saja seringkali terbentur dengan aktivitas-aktivitas lain. Misalnya batal ngafé karena pekerjaan rumah belum selesai, atau karena harus menunggu anak-anak tidur dan hal lainnya yang membuat Ibu akhirnya tidak memiliki kesempatan untuk hangout bersama teman. Salah-salah Ibu bisa dianggap lebih mengutamakan teman daripada keluarga.

Jika situasi ini terus berlangsung, tak heran banyak Ibu merasa kesepian. Perasaan kesepian dan lelah ini akan bercampur dan terus menekan seorang Ibu. Akhirnya, cukup banyak Ibu-Ibu yang stres hingga depresi. Untuk menghindari hal tersebut, seorang Ibu wajib berteman!

Banyak sekali studi yang menyebutkan bahwa persahabatan sangat penting bagi mental dan kesehatan fisik seseorang. Seseorang yang terisolasi secara sosial bahkan memiliki resiko lebih tinggi terhadap penyakit,terutama penyakit mental.

Sayangnya, tidak semua Ibu-Ibu bisa berteman dengan mudah. Perubahan kehidupan yang telah mereka alami setelah memiliki anak nyatanya menjadi salah satu faktor yang membuat berteman terasa sulit.

Satu-satunya yang mungkin bisa menjadi cara untuk menjalin pertemanan adalah melalui media sosial. Sayangnya, menurut Irene S. Levine, Ph.D, profesor psikiatri NYU School of Medicine, berteman melalui media sosial efeknya tidak sama dengan menjalin pertemanan melalui dunia nyata.

Lalu, bagaimana cara seorang Ibu berteman? Bagaimana seorang Ibu bisa terus berteman di tengah kesibukannya mengurus anak dan rumah tangga? Tenang Bu, beberapa langkah berikut ini bisa dilakukan agar Ibu tetap memiliki teman meskipun sibuk dengan aktivitas rumah tangga.

Langkah Berteman Bagi Seorang Ibu

👭 Bergabung dengan Grup Aktivitas Ibu

Langkah pertama yang bisa ditempuh untuk berteman bagi seorang Ibu adalah dengan bergabung ke dalam grup aktivitas Ibu-Ibu. Anda bisa saja berteman melalui grup keagamaan ibu- ibu, grup ibu-ibu penjemput anak sekolah dan grup ibu lainnya yang bisa Anda temui hampir setiap hari. Dengan bergabung bersama grup-grup ini, bisa jadi ad hal bermanfaat yang Anda peroleh.

Misalnya, anda bisa berbagi tips mengasuh anak dengan ibu-ibu kelompok bermain anak, berbagi pengalaman melatih anak membaca dengan ibu-ibu penjemput anak dan berbagi pengalaman kegiatan bermanfaat lainnya dengan ibu-ibu lain. Semua pengalaman seru tersebut bisa Anda gunakan untuk memulai pertemanan dengan ibu-ibu lain dari grup yang sedang Anda ikuti.

👭 Berteman dengan Ibu-Ibu Tetangga

Hal sederhana lainnya untuk berteman bagi para Ibu adalah lakukan pertemanan dengan ibu-ibu tetangga. Langkah ini sangat mudah dilakukan karena, Anda tidak perlu pergi jauh dari rumah untuk sekedar bertemu dengan teman-teman dan mengobrol. Ibu-Ibu tetangga di sekitar rumah Anda tentu bisa dijadikan sebagai teman dekat yang bisa membuat kehidupan sebagai seorang Ibu lebih berwarna dan tidak sepi.

Banyak hal yang bisa Anda bicarakan atau lakukan dengan ibu-ibu tetangga. Misalnya, berbagi resep masakan untuk kemudian dicoba bersama, atau sekedar mengobrolkan sesuatu saat anak-anak masih tidur siang. Semua kegiatan ini bisa digunakan untuk mengurangi rasa jenuh Anda melakukan pekerjaan rumah dan merawat anak-anak.

👭 Berteman Melalui Medsos

Meskipun berteman melalui media sosial berbeda dengan pertemanan yang dijalin dalam kehidupan nyata, langkah ini tetap perlu dicoba sesekali. Hal ini karena, mungkin saja tidak setiap saat Anda bisa keluar rumah, sehingga untuk menjaga mental tetap sehat, maka pertemanan melalui media sosial bukanlah ide yang buruk. Anda bisa saja saling mengirim pesan WA, DM atau sekedar melakukan video call bersama dengan teman-teman dunia maya Anda.

Nah, setelah mengetahui beberapa langkah menjalin pertemanan bagi seorang Ibu, lalu apa saja sih manfaat menjalin pertemanan bagi seorang Ibu?

Manfaat Menjalin Pertemanan Bagi Seorang Ibu:

💓 Sebagai Upaya Membentuk Sistem Pendukung

Penting bagi seorang Ibu untuk membentuk sistem pendukung. Dan, pertemanan adalah salah satu sistem pendukung yang wajib dimiliki oleh Ibu. Sistem pendukung ini fungsinya membantu Ibu dalam menjalani kehidupan barunya sebagai seorang Ibu. Misalnya, saat butuh bantuan menyusui, atau sekedar meminta bantuan menjaga anak sementara waktu.

💓 Menjaga Kesehatan Mental

Pertemanan bagi seorang Ibu penting dijalin untuk menjaga kesehatan mentalnya. Hal ini karena seorang Ibu memiliki banyak kesibukan yang rawan sekali membuatnya depresi, tertekan atau mengalami stres. Dengan berteman, Anda bisa bertanya, berkeluh kesah hingga melakukan aktivitas lainnya yang bisa menurunkan tingkat stres atau tekanan yang sedang dialami.

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari berteman dengan ibu-ibu lain. Salah satu manfaat yang utama dalam menjalin pertemanan bagi seorang ibu adalah agar kesehatan mental ibu tetap terjaga. Beberapa langkah pertemanan di atas bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam menjalin pertemanan dengan ibu lainnya.

Baca juga:

  1. Berteman dengan Sesama Orangtua, Pentingkah?
  2. Terjebak Mama Drama: Gimana Sih Menghindarinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *