Berteman dengan Sesama orangtua
Mom's Corner School Life Tips

Berteman dengan Sesama Orangtua, Pentingkah?

Ketika memasuki sekolah baru, bukan hanya anak-anak yang masuk ke dunia baru. Orangtua pun demikian. Ini adalah saat yang tepat bagi orangtua untuk membangun lingkungan baru. Bersama siapa? Tentu saja bersama sesama orangtua siswa.

Berteman dengan sesama orangtua siswa sangat penting. Bukan hanya untuk memperluas pergaulan Anda, tetapi juga untuk saling berbagi informasi seputar kegiatan sekolah. Meski Anda seorang introvert sekalipun, memiliki teman sesama orangtua siswa dinilai amat penting.

Agar tidak terlalu canggung saat mulai berteman dengan sesama orangtua siswa, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Bergabung dengan Grup Chat

Jika Anda sulit berkomunikasi secara langsung dengan sesama orangtua murid, bergabung ke grup chat orangtua adalah hal paling mungkin yang bisa Anda lakukan. Dengan bergabung di grup tersebut, Anda bisa mengetahui informasi apa yang ada di sekolah anak-anak.

Sekarang ini, grup chat menjadi media paling efektif untuk berbagi dan mendapatkan informasi. Anda mungkin sudah mempunyai banyak grup chat sebelumnya. Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk ikut serta dalam grup chat orangtua murid. Mengenal sesama orangtua murid juga memungkinkan Anda untuk mengenal seperti apa lingkungan pertemanan anak-anak.

2. Ikut Terlibat

Sebisa mungkin, Anda harus berusaha untuk ikut terlibat dalam beberapa kegiatan orangtua murid. Jika di sekolah ada pertemuan wali murid, usahakan untuk datang. Jika orangtua murid sedang mengadakan sebuah acara, usahakan untuk ikut terlibat. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengenal satu sama lain.

Berteman dengan Sesama orangtua

3. Jangan Terbawa Arus

Hampir setiap perkumpulan pasti pernah memiliki konflik tertentu. Hal tersebut sangat wajar terjadi. Mengapa? Karena setiap individu dalam perkumpulan berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Perbedaan pendapat pun sangat mungkin terjadi. Inilah asal muasal konflik.

Saat timbul gesekan seperti ini, cobalah untuk bersikap netral. Jangan membela salah satu kelompok. Jangan membuat suasana konflik makin keruh. Berpartisipasilah secara netral.

4. Jangan Membanding-Bandingkan Anak

Ketika sedang berkumpul dengan sesama orangtua murid, pastikan Anda tidak membanding-bandingkan anak, ya Parents. Pilih topik-topik yang netral dan menarik untuk semua orang. Jika memang harus membicarakan seputar kegiatan anak-anak, hindarilah saling membandingkan prestasi dan perkembangan anak.

Pembicaraan tentang prestasi anak hanya akan menimbulkan perasaan risih bagi orangtua lain. Lebih dari itu, hal tersebut bisa menimbulkan persaingan yang tidak sehat antara sesama orangtua murid.

Membangun pertemanan sesama wali murid sangat penting ya, Parents. Lakukan beberapa tips di atas agar tidak canggung dalam bergaul sesama wali murid.

Baca Juga:

Tips Membangun Relasi dengan Sesama Orangtua Murid

Lima Kesalahan dalam Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Kecelakaan di Sekolah, Selalu Salah Guru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *