Banner Header Komunitas SOP

Mau Menjenguk “Newborn”? Ingat aturan Ini!

Browse By

Menjenguk bayi yang baru lahir (Newborn) memang sangat menyenangkan ya Parents. Tak jarang, kita sering merasa gemas, dan ingin sekali menggendong bahkan mencium.

Merasa gemas dan ingin mencium newborn saat menjenguknya memang wajar, tapi ingat bahwa daya tahan tubuh bayi masih sangat lemah. Tentunya, kita tak ingin kan jika bayi yang kita jenguk tertular virus atau terserang infeksi tertentu.

Untuk itu, yuk hati-hati dan pahami aturan saat menjenguk “newborn” atau bayi yang baru saja lahir. Berikut aturan yang wajib Anda ingat:

Apa Saja Aturan Menjenguk Bayi?

  • Jaga Kebersihan

Daya tahan tubuh bayi yang baru saja lahir memang masih sangat lemah, sehingga sebaiknya selalu menjaga kebersihan saat menjenguk bayi. Setidaknya cucilah tangan terlebih dahulu sebelum menggendongnya atau sebelum memegangnya. Hal ini demi menghindarkan bayi dari bakteri yang berada di tangan Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Johns Hopkins dan Proyek Intervensi Gizi Nepal, dilansir dari theasianparent.com, disebutkan bahwa mencuci tangan bisa membantu menjaga bayi tetap sehat. Dengan mencuci tangan sebelum menjenguk bayi juga bisa menurunkan resiko kematian neonatal atau kematian bayi di awal kelahirannya.

Beberapa sumber bahkan menyarankan untuk tidak mencium bayi yang baru saja lahir. Hal ini penting dilakukan apalagi saat Anda sedang terinfeksi virus flu. Bisa-bisa tubuh mungilnya juga tertular flu dari Anda. Tak hanya itu, sebaiknya gunakan juga pakaian yang bersih saat menjenguk bayi. Anda juga bisa menggunakan masker penutup hidung dan mulut jika Anda sudah merasa batuk atau pilek.  

  • Awasi Bayi dari Anak Anda

Jika Anda membawa anak kecil untuk menjenguk bayi yang baru saja lahir, sebaiknya selalu awasi anak Anda. Bila perlu jangan terlalu lama mendekatkan anak pada bayi.

Hal ini karena anak-anak biasanya masih sangat antusias dan senang saat bertemu bayi, sehingga menjadi sangat ingin menggendong, atau menciumnya. Padahal Anak Anda bisa saja loh membawa kuman dari luar. Nah, daripada nanti adik bayi terjangkit infeksi virus atau bakteri tertentu, sebaiknya hindarkan anak terlalu lama berada di dekat bayi tersebut.

  • Batasi Waktu Menjenguk

Sebaiknya batasi waktu menjenguk bayi yang baru saja lahir. Hal ini karena bayi masih belum bisa beradaptasi dengan banyaknya orang. Bayi juga masih sering lapar, rewel dan mengantuk sepanjang waktu. Sehingga bayi masih butuh waktu istirahat yang lama.

Tak hanya itu, si Ibu yang baru saja melahirkan tentu masih sangat lemah dan butuh banyak istirahat. Sehingga akan sangat bijak jika Anda membatasi waktu menjenguk untuk memberi kesempatan Ibu dan bayi beristirahat. Sebaiknya batasi waktu menjenguk bayi menjadi maksimal 1 jam saja ya, Parents.

Jika memungkinkan pun ,tak perlu terburu-buru menjenguk bayi saat masih berada di rumah sakit, selain tidak nyaman bagi pasien lain yang bisa saja berada dalam ruangan/bangsal yang sama, kondisi ibu dan bayinya juga sedang dalam masa pemulihan.

  • Serahkan Pada Ibu Jika Bayi Menangis

Tak jarang nih bayi yang baru lahir menangis saat digendong oleh orang selain Ibunya. Nah, jika memang si kecil menangis, tidak perlu memaksakan diri untuk menenangkannya l. Siapa tahu bayi memang sedang lapar atau butuh pelukan dari Ibu kandungnya. Untuk itu, cukup serahkan saja bayi pada Ibunya kembali.

  • Hindari Berkomentar tentang Fisik Ibu

Nah, penting nih bagi Anda yang sedang menjenguk bayi untuk tidak menyinggung perasaan si Ibu. Misalnya Anda berkomentar tentang fisik si Ibu atau tentang cara si Ibu yang terlalu kaku dalam merawat bayi. Hal ini tentu bisa menyinggung perasaannya loh. Sebaiknya, hindari berkomentar tentang Fisik Ibu karena mungkin saja komentar yang dianggap wajar justru menyakiti perasaan Ibu. 

  • Tawarkan Bantuan

Ibu baru memang sangat kerepotan dalam mengurus bayi, karena Ia masih belum terbiasa dengan kehidupan barunya. Untuk itu, Anda bisa menawarkan beberapa bantuan kecil. Misalnya membantu Ibu untuk bangun dari tempat tidur, karena bekas jahitan yang belum kering dan membuat nyeri. Anda juga bisa mengantarkan Ibu ke kamar mandi jika diperlukan. Tapi, jika tawaran Anda ditolak oleh Ibu, maka tidak perlu memaksanya.

  • Hargai Privasi Ibu dengan Bayinya.

Jika saat Anda berkunjung, si Ibu sedang merawat bayinya seperti sedang menyusui, maka Anda perlu memberikan kesempatan mereka sendiri. Hal ini dilakukan agar privasi si Ibu tetap terjaga, karena si Ibu mungkin masih sangat malu untuk menyusui di depan banyak orang. Anda juga bisa menunggunya sampai selesai menyusui. Jangan lupa juga untuk membatasi waktu berkunjung.

Menjenguk bayi memang seringkali membawa perasaan bahagia bagi kita semua. Tapi, perlu diingat bahwa ada aturan dalam menjenguk bayi. Beberapa aturan di atas bisa Anda pelajari terlebih dahulu sebelum menjenguk bayi. Hal ini demi kenyamanan bersama ya, Parents.  

  • Hindari Posting Foto atau Video Bayi

Foto atau Video bayi yang diunggaj di sosial media bisa saja disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Maka, hindari memposting foto atau video “newborn

Baca juga:

  1. Ini Dia Panduan Merawat Bayi Untuk Para Ayah Baru!
  2. Siapkan Mental Anak Menyambut Adik Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *