Tips mengatasi anak pemalu
Balita Mom's Corner Parenting Usia Sekolah

Treatment Bagi Anak “Pemalu”

Pertanyaan:

Ibu Tata,

Hallo SOP, Saya seorang Ibu dari dua orang anak. Anak pertama saya sangat tidak bisa bertemu orang dewasa. Dia selalu tertunduk, bahkan takut. Disapa tetangga dia langsung lari masuk rumah. Dulu ketika saya hamil tempat kerja saya sangat tidak nyaman. Saya tertekan. Saya sering nangis bahkan di rumah kadang bertengkar dengan suami.

Setelah anak berumur 1 tahun, saya keluar kerja. Baru hidup saya agak tenang. Sekarang anak saya sudah 3 tahun. Dia hidup dengan sifat pemalu dan tertutup padahal sudah tiap hari saya ajak keluar tapi tetap saja dia lari saat bertemu orang dewasa. Kira-kira, apa yang perlu saya lakukan untuk mengubah sikap anak saya? Saya ingin dia bermain dengan teman sebayanya tanpa resah dengan orang dewasa.

Terima Kasih

Jawaban:

Hallo Parents,

Apa kabar Ibu Tata? Semoga Ibu dan keluarga selalu bahagia dan dalam lindungan Tuhan. Terimakasih telah memberikan pertanyaan kepada kami.

Kondisi ketika hamil memang dapat mempengaruhi kehidupan anak kelak, namun ibu tidak perlu khawatir, karena dengan semakin merasa khawatir, perasaan khawatir tersebut akan ‘menular’ ke anak. Sehingga Ia pun menjadi khawatir akan dunia sekitarnya.

Pertama-tama yang perlu Ibu lakukan adalah dengan tidak memaksanya untuk berinteraksi dengan orang dewasa. Dampingilah Ia terlebih dahulu, kemudian lama-lama baru dilepas. Berikan contoh saja untuk bersalaman dengan orang atau menyapa orang. Tunjukkan bahwa hal tersebut adalah sopan dan tidak berbahaya.

Namun, jika kondisi pada anak terus berlangsung, Ibu harus segera menemui psikolog anak terdekat ya. Supaya segera diketahui penyebab dan solusinya.

Terima Kasih, demikian jawaban dari saya

Laurencia Rizki Marhendrawati, M.Psi

Baca juga:

  1. Lima Penyebab Anak Tidak Percaya Diri
  2. Bagaimana Jika Anak Takut Keramaian?
  3. Kamu itu Cantik, Tidak Peduli Apa yang Mereka Katakan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *