Banner Header Komunitas SOP

5 Mitos Disleksia yang Tidak Boleh Dipercaya

Browse By

Tahukah Anda apa itu disleksia? Ya, disleksia adalah sebuah gangguan belajar yang berkaitan dengan kemampuan membaca anak. Biasanya, terjadi pada anak usia 7 dan 8 tahun. Gangguan ini terjadi karena kelainan gen-gen yang berpengaruh pada bagian otak yang bertugas mengatur bahasa. 

Disleksia juga dapat dipengaruhi faktor lingkungan, keturunan atau dalam beberapa kasus biasa ditemukan pada anak yang menderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)

Sampai saat ini masih banyak yang mengira bahwa disleksia terjadi karena anak malas dan tidak mau belajar hingga gangguan mental. Padahal sebenarnya tidak demikian. Anak penderita disleksia sendiri ternyata bisa sukses. Asalkan, penanganan pada penderita disleksia ini dilakukan dengan cara yang tepat.

Beberapa tokoh dunia yang sukses ternyata seorang disleksia loh,Parents. Sebut saja Albert Einstein, Walt Disney, dan  Tom Cruise. Meskipun mereka adalah penderita disleksia namun dengan penanganan yang baik, ketiga tokoh dunia ini bisa mencapai kesuksesan. 

Nah, berkaca dari ketiga tokoh tersebut, sebagai orangtua tentunya tidak boleh menyerah dan putus asa apabila ternyata anak mengalami disleksia. Apalagi mempercayai berbagai mitos-mitos yang berkembang di masyarakat tentang disleksia. Lalu, mitos apa saja sih yang tidak boleh kita percayai tentang penderita disleksia?

5 Mitos Disleksia yang TIDAK BOLEH DIPERCAYA

  • Disleksia adalah keterlambatan perkembangan. 
  • Disleksia sebuah masalah penglihatan
  • Disleksia karena seorang anak malas atau bodoh.
  • Seseorang tidak perlu mendapatkan penilaian (assessment) mengalami disleksia untuk mendapatkan intervensi.
  • Disleksia akan hilang setelah anak belajar membaca.

mitos disleksia pada anak

Beberapa mitos di atas seringkali membuat kita menilai negatif penderita disleksia secara berlebihan. Padahal, penderita disleksia ini sebenarnya bisa saja memiliki kemampuan intelegensi yang normal atau justru di atas rata-rata. Sebaiknya, pahami lebih jauh tentang disleksia dan segera kunjungi psikolog anak apabila anak Anda mengalami gejala yang mengarah pada disleksia. 

Baca juga:

  1. Anak Disleksia Sukses? Bisa!
  2. Tanda-Tanda Anak Mengalami Speech Delay

Rekomendasi Kelas Online Bersama Ahli : Dian Inayatullah Yafie, M.Psi., Psikolog

  1. Menanamkan Kebiasaan Membaca Pada Anak Usia Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *