contact@schoolofparenting.id
(+62) 859 - 5025 - 6739
×
MASUK DAFTAR MEMBER
Media Belajar Partnership
contact@schoolofparenting.id (+62) 859 - 5025 - 6739
Kenali Gejala Kawasaki Syndrom, Penyakit Langka yang Menyerang Balita

09 Maret 2018

Beberapa hari yang lalu, muncul berita tentang bayi berumur 8 tahun yang divonis menderita Kawasaki Syndrom. Penyakit ini termasuk penyakit langka dan belum diketahui apa penyebabnya. Karena sampai sekarang belum diketahui penyebabnya, kita tidak bisa melakukan antisipasi agar tidak terkena virus ini. Selain penyebab Kawasaki Syndrom yang masih belum jelas, gejala penyakit ini juga sulit dideteksi. Gejalanya mirip seperti penyakit demam berdarah serta campak.

Virus Kawasaki menyebabkan peradangan pada area dinding pembuluh darah di seluruh tubuh, khususnya pembuluh darah jantung. Penyakit ini ditemukan oleh Dr. Tomisaku Kawasaki pada tahun 1967 di Jepang. Saat itu, penyakit ini dikenal sevagai mucocutaneous lymphnode Syndrom atau sindrom kelenjar getah bening. Untuk menghormati penemunya, penyakit ini dinamakan Kawasaki Syndrom.

Menurut Yayasan Penyakit Kawasaki, virus ini diperkirakan telah menyerang lebih dari 4.200 balita di Amerika Serikat per tahunnya. Parahnya lagi, virus ini lebih sering sering menyerang anak yang berusia di bawah lima tahun. Di Jepang, angka kejadian per tahun Kawasaki Sindrom ini berkisar i kasus per 1000 anak balita. Di Indonesia sendiri, penyakit ini baru ditemukan pada tahun 1996.

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket