peduli lingkungan
Balita Parenting Usia Sekolah

Mengajarkan Anak Peduli Lingkungan

Peduli lingkungan itu sederhana, tetapi kadang sangat susah dilakukan. Peduli lingkungan seharusnya bukan hanya sebagai trend, melainkan gaya hidup yang harus dijalani setiap orang demi menjaga bumi kita. Peduli lingkungan pun seharusnya bisa dilakukan tanpa harus menunggu program dari pemerintah atau orang lain. Kesadaran untuk peduli lingkungan seharusnya bisa dimulai dari diri sendiri.

Mengapa kita sangat susah untuk menjaga lingkungan? Bahkan, untuk buang sampah di tempat sampah pun masih ada saja yang sangat susah melakukannya. Hal ini mungkin saja terjadi karena sejak kecil kita tidak dididik untuk peduli lingkungan. Kita terbiasa boros air, boros listrik, dan buang sampah sembarangan. Apakah kita akan terus menerus melanjutkan kebiasaan buruk seperti ini? Tentu saja tidak. Harus ada perubahan agar bumi yang kita tinggali tidak semakin rusak. Peduli lingkungan untuk anak usia dini harus mulai diajarkan.

Demi menciptakan bumi yang lebih baik, rasa kepedulian tentang lingkungan harus ditumbuhkan sejak dini. Untuk itu, sebagai orangtua, rasanya penting sekali untuk menumbuhkan kepedulian tersebut. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Mulai dari hal yang paling kecil

Mengajari anak memang butuh proses. Prosesnya pun tidak sebentar. Pelajaran yang diberikan juga harus dari hal-hal yang paling kecil terlebih dahulu. Anda bisa memulainya dengan mengajari anak membuang sampah pada tempatnya, membuat mainan kreasi dari sampah yang bisa didaur ulang, menjaga kebersihan lingkungan dan lain sebagainya.

2. Berikan Contoh

Anak tidak akan langsung mau disuruh untuk membuang sampah pada tempatnya. Anda harus terlebih dahulu mencontohkannya. Nah, sembari mengajari anak untuk bisa peduli dengan lingkungan, Anda juga harus belajar hal yang sama. Dengan begitu, anak-anak akan bisa meniru perbuatan Anda.

3.      Bermain di Alam Terbuka

Sesekali, tidak ada salahnya Anda mencoba mengajak anak untuk bermain di alam terbuka. Saat anak bermain di alam, mereka akan belajar banyak hal tentang lingkungan sekitar. Semakin banyak anak tahu tentang lingkungan, lebih mudah menjelaskan kepada mereka bahwa lingkungan yang indah tersebut butuh upaya dan perlindungan dari kita. Kesadaran untuk peduli lingkungan sejak dini pun akan muncul.

4.      Hemat Listrik dan Air

Salah satu hal yang harus Anda ajarkan kepada anak sedari kecil adalah menghemat listrik dan air. Jelaskan padanya bahwa energi listrik pun ada kaitannya dengan bumi. Begitu juga air. Meski kelihatannya melimpah, kandungan air di bumi semakin terbatas. Membuang-buang air adalah perilaku yang bisa merusak alam.

Pada awalnya, mengajak anak peduli lingkungan memang tidak mudah. Lakukan secara perlahan dan beri pengertian terus menerus. Seiring dengan berjalannya waktu, anak pasti akan mengerti dan mau ikut serta menjaga bumi kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *