× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Rumus Hadapi Konflik dengan Ipar

25 November 2020

Menikah bukan hanya menapaki kehidupan baru bersama dengan pasangan, namun juga bersama dengan keluarga pasangan. Perbedaan, nilai dan aturan dalam keluarga tak jarang membuat ‘penghuni baru’ (menantu) merasa tertekan. Terlebih jika di awal pernikahan, kedua pasangan masih tinggal bersama dengan mertua dan saudara ipar. Konflik dengan mertua kerap terjadi, namun yang tak kalah rumit adalah konflik dengan saudara ipar. 

Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Saat Anda menikah, banyak perubahan yang terjadi. Perubahan hubungan dengan teman, sahabat dan tentunya saudara. Kondisi ini tentu bukan proses yang mudah. Saudara yang dulu dekat dengan Anda, mungkin sekarang tidak lagi karena alasan tertentu yang melibatkan pasangan. 

Di sisi lain, ipar Anda juga sedang mengalami kesulitan menerima kehadiran ‘penghuni baru’. Mereka mungkin sedang berkutat dengan kenyataan bahwa ada ‘penghuni baru’ yang lebih diutamakan oleh saudara kandungnya dan oleh orang tuanya. Rasa cemburu mungkin saja terjadi saat ‘penghuni baru’ memenangkan kasih sayang orang tua mereka. Maka, tidak heran jika konflik dengan ipar sering terjadi. 

Contact Us School of Parenting