Banner Header Tanya Ahli SOP

5 Cara Memberikan Perawatan Emosional untuk Orang Tua Tercinta

Browse By

Penuaan merupakan suatu hal yang rumit. Masa ini bisa menjadi saat yang menantang secara emosional bagi para lansia. Mereka mungkin tidak bisa lagi melakukan tugas yang sebelumnya bisa mereka lakukan dengan mudah. Kebanyakan tanda penuaan selalu sama, yaitu meliputi pergulatan emosional dan mental. Dukungan dan semangat dari keluarga dan teman sangat dibutuhkan selama menjalani masa transisi yang sulit ini. Jika parents mulai mengambil alih setiap bagian dari kehidupan seorang lansia, mereka akan merasa bahwa mereka hanyalah beban. 

Berikut adalah beberapa tips bagi parents untuk membuat orang tua atau lansia merasa penting dan dihargai.

1. Mintalah bantuan kepada mereka

Ketika parents punya masalah dan butuh nasihat, mintalah pandangan pada orang tua (lansia). Mereka telah memiliki banyak pengalaman, sehingga mereka akan memberikan perspektif yang berbeda tentang situasi tertentu. Parents bahkan bisa meminta kata-kata bijak tentang cara menjalani hidup, membesarkan anak, atau apa saja. Karena lansia umumnya suka berbagi pengalaman hidup.

2. Tanyakan tentang opini mereka

Setiap orang pasti memiliki opini terhadap sesuatu. Parents bisa coba bertanya apa tim olahraga favoritnya atau terkait dengan isu yang sedang hangat. Ini merupakan salah satu cara untuk membangun komunikasi dan menjaga otak mereka untuk tetap aktif. 

cara menjaga kesehatan mental orang tua

3. Bawa mereka jalan-jalan ke luar rumah

Pergi ke luar rumah bisa membantu menyegarkan tubuh dan pikiran, khususnya jika kita tinggal di rumah sepanjang hari. Cobalah parents ajak orang tua (lansia) untuk keluar rumah dalam beberapa jam. Rencanakan hal-hal yang mereka sukai, seperti jalan-jalan ke taman, mall, kebun binatang, atau sekedar makan bersama di restoran. Tentu saja hal ini dapat dilakukan selama mereka masih mempunyai energi dan kemampuan aktivitas yang bagus ya, parents.

4. Izinkan mereka untuk melakukan tugasnya sendiri

Mungkin semasa muda, lansia terbiasa mengurus keperluannya sendiri. Mereka akan merasa tidak berdaya jika semua hal yang mereka biasa lakukan, justru dilakukan oleh orang lain. Jadi, parents perlu mengizinkan mereka untuk mengerjakan hal-hal yang masih bisa mereka lakukan sendiri.  Meskipun mereka perlu waktu yang lebih lama untuk membereskannya, parents tidak perlu buru-buru turun tangan. Beri mereka waktu untuk menyelesaikannya.

5. Ajak mereka menginap

Parents bisa jadwalkan untuk menginap bersama mereka. Mereka akan merasa bahagia dan dipedulikan. Mereka juga akan merasa bahwa parents selalu memikirkan mereka.

Dengan berbagai tantangan emosional dan mental yang lansia alami, mereka membutuhkan dukungan dari orang-orang sekitar. Merawat orang tua yang parents cintai dengan sungguh-sungguh, akan membuat mereka merasa memiliki masa tua yang menyenangkan. 

Kita mungkin sering melarang orang tua untuk melakukan banyak hal saat ini karena alasan usia. Tapi tahukah Anda bahwa mengizinkan  orang tua untuk melakukan hal yang mereka inginkan adalah salah satu bentuk perawatan emosional yang penting bagi mereka saat ini.

Baca juga:

  1. Ingin Cegah Kakek Nenek dari Alzheimer? Yuk, Ajak Mereka Merawat Cucu!
  2. Orang Tua Bisa Jadi Pembully Anak! Kok Bisa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *