× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Tak Perlu Buru-Buru Respon Anak Saat Menangis

24 Oktober 2020

Respon pertama yang orang tua lakukan saat mendengar anak menangis adalah menghampiri anak. Respon ini sangat wajar bagi kita sebagai orang tua. Namun, tahukah Anda bahwa saat anak menangis atau merengek, kita tak perlu buru-buru merespon mereka? Loh, kenapa begitu?

Bagi sebagian besar orang tua, hal ini terkesan terkesan “aneh”. Tapi, inilah yang diungkapkan oleh para ahli. Menurut penelitian, jika orang tua merespons setiap rengekan demi rengekan, maka hal tersebut tidak akan baik bagi anak maupun bagi kita sebagai orang tua. "Ketika Anda mengaktifkan sistem empati emosional secara berlebihan, hal itu dapat menyebabkan terjadinya sesuatu yang kami sebut 'empati berlebihan',". Dr. Rilling menjelaskan demikian. Saat itulah Anda mengambil alih kesusahan yang anak-anak Anda hadapi. Kemudian Anda sendiri akan menjadi stres dan cemas, dan itu dapat mengganggu kemampuan Anda untuk memberikan perhatian yang penuh kasih. 

Jadi, apakah hanya orang tua yang merespon tangisan atau rengekan anak? Bagaimana dengan orang dewasa lain di sekitar anak? Apa yang akan mereka lakukan sebagai respon terhadap situasi yang sedang terjadi? 

Contact Us School of Parenting